by

Contoh DFD dan ERD Perpustakaan

-Komputer-1,040 views

Dalam dunia teknologi khususnya pada pengembangan (development) sebuah program terutama yang berkaitan dengan sistem informasi, maka akan dibutuhkan yang namanya sebuah alur bagaimana proses informasi itu berjalan. Dalam teknik informatika, alur atau proses inilah yang biasa kita sebut dengan Data Flow Diagram (DFD).

Membuat sistem informasi ataupun aplikasi untuk pengelolaan perpustakaan kita juga perlu membuat diagram aliran data ini, agar seluruh proses yang ada pada kenyataannya nanti tidak menjauh atau melebar dari yang sudah kita tentukan. Sehingga seluruh proses dapat secara konsisten dan terstruktur dalam realisasinya.

Pada postingan ini saya ingin berbagi kepada Anda bagaimana contoh sederhana diagram aliran data (DFD) dan ERD (Entity Relationship Diagram) pada sebuah sistem informasi di Perpustakaan. Sedangkan ERD sendiri merupakan gambaran dari proses sistem informasi yang kita buat namun ditinjau dari entity ataupun relasi tabel yang ada pada database yang telah kita buat. Berikut contoh sederhana dari DFD dan ERD sistem informasi/aplikasi perpustakaan:

DFD LEVEL 0 Perpustakaan
DFD LEVEL 0 Perpustakaan
DFD LEVEL 1 PROSES 1
DFD LEVEL 1 PROSES 1
DFD LEVEL 1 PROSES 2
DFD LEVEL 1 PROSES 2
DFD LEVEL 1 PROSES 3
DFD LEVEL 1 PROSES 3
DFD LEVEL 1 PROSES 4
DFD LEVEL 1 PROSES 4
DFD LEVEL 1 PROSES 5
DFD LEVEL 1 PROSES 5

Dibawah ini adalah contoh ERD sistem informasi perpustakaan (Entity Relationship Diagramnya). Catatan: karena ini hanya sebagai contoh, jangan digunakan sebagai pedoman baku untuk membuat sistem informasi perpustakaan Anda. Pada kasus memang tidak konsisten antara proses DFD dan ERD yang saya berikan. Sehingga tugas Andalah jika ingin membuat ERD yang konsisten dengan DFDnya. Yang dimaksud konsisten adalah jumlah proses dan nama proses antara DFD dan ERD yang akurat dan sama. Berikut contoh ERDnya:

ERD Perpustakaan
ERD Perpustakaan

Contoh DFD dan ERD sistem informasi perpustakaan ini mungkin akan berguna bagi Anda yang sedang mengerjakan Tugas Akhir ataupun Skripsi. Jika ada yang belum jelas bisa Anda tanyakan melalui form komentar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *