by

Contoh Ide Bisnis dengan Modal Nol Rupiah

-Bisnis-129 views

Mempunyai penghasilan tambahan di luar gaji tentu menjadi dambaan banyak orang. Dan kebanyakan orang mengatakan bahwa, dengan berbisnislah Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tersebut. Akan tetapi, seperti yang kita tahu memulai bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan. Dan salah satu kendalanya yang paling vital adalah modal.

Contoh Ide Bisnis dengan Modal Nol Rupiah
Contoh Ide Bisnis dengan Modal Nol Rupiah

Namun tahukah anda, jika ternyata kita masih bisa menjalankan bisnis walaupun tanpa mempunyai modal? Nah, jika tidak percaya silakan simak ulasan kami berikut ini mengenai berbagai contoh ide bisnis yang bisa dijalankan hanya dengan modal 0 rupiah atau (0%) yang tak ada salahnya untuk anda coba.

Contoh Ide Bisnis dengan Modal Nol Rupiah 

  1. Menjadi Reseller Produk

Reseller adalah seseorang yang menjual produk dari produsen langsung kepada konsumen. Anda tidak melakukan proses produksi sama sekali. Akan tetapi Anda akan mendapatkan untung dari selisih harga beli dan jual. Misalnya, Anda membeli tas dari produsen seharga Rp100.000 lalu Anda jual lagi ke orang lain seharga Rp150.000. Jadi, Anda mendapatkan keuntungan Rp50.000 per item/per tas dalam kasus ini.

Untuk menjadi reseller, Anda bisa melakukan kesepakatan dengan produsen. Bisa saja Anda mengambil barang dari produsen tersebut lalu setelah produk terjual baru Anda membayar. Atau bisa saja Anda harus membayar dahulu produk yang Anda jual setengah harga. Keuntungan menjadi reseller adalah Anda hanya berfokus pada pemasaran dan tidak harus capek-capek memikirkan proses produksi.

Reseller disebut pula agen. Jika Anda tekun mengerjakan usaha dengan metode ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan berlimpah. Kunci dari bisnis ini memang adalah ketekunan. Untuk memulainya, Anda harus jeli melihat pasar. Apakah produk yang Anda ingin jual dibutuhkan dan disukai masyarakat atau tidak. Selain itu, pertimbangankan pula bagaimana kompetisi produk tersebut.

  1. Menjadi Agen Properti

Agen properti merupakan bisnis yang cukup menggiurkan. Untuk menekuni bisnis ini, Anda tak harus memiliki modal hinggal milyaran. Yang terpenting, Anda perlu memiliki mental yang kuat serta jaringan atau networking yang luas.

Cara memulai bisnis ini adalah dengan mencari rumah, apartemen, atau kamar kost yang ingin dijual atau dikontrakan. Anda pun dapat memasarkannya di jejaring sosial milik Anda atau bisa Anda tawarkan langsung kepada konsumen yang prospektif.

Dan komisi yang anda dapat tentunya sangat menggiurkan, coba bayangkan, misal Anda hanya mendapat komisi 3 persen saja dari setiap penjualan, dan seumpama yang anda jual adalah rumah seharga Rp 1 milyar, maka, penghasilan Anda adalah 3% dari Rp 1 milyar yakni sebesar Rp 30 juta. Fantastis bukan?

  1. Membuka Jasa Laundry

Jika Anda berdomisili di lingkungan yang dekat dengan lingkungan kampus dan perkantoran, maka bisnis laundry cukup menjanjikan pula. Bisnis ini bisa dilakukan dengan modal sangat minim yakni hanya dengan sikat cuci, detergen, dan tenaga Anda.

Usaha ini pun sebenarnya bisa dimulai oleh tenaga Anda sendiri tanpa menggunakan mesin cuci. Atau bisa juga, Anda bekerja sama dengan pihak laundry sehingga Anda hanya perlu mencari pelanggan. Keuntungan dari usaha ini dibagi dua dengan pihak laundry tersebut.

  1. Menjadi Guru Les Privat

Anda pun dapat menjadi guru privat yang dapat dipanggil ke rumah-rumah. Ingat, bahwa prospek dari pendidikan sangatlah besar. Di daerah manapun, pastilah terdapat anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus akan suatu bidang ilmu sehingga harus diperdalam.

Jika Anda mempunyai kemampuan akademik seperti matematika dan bahasa inggris, Anda tentu dapat membuka usaha les privat ini. Tak perlu modal uang, Anda hanya perlu semangat mengajar yang kuat. Jika Anda tak begitu cakap dalam akademik, Anda pun bisa membuka les privat untuk bidang non akademik sesuai kemampuan Anda seperti les musik, mengemudi, olahraga, dan sebagainya.

Nah, bagaimana? Anda masih bisa menjalankan bisnis bukan? Walau hanya mempunyai modal 0 (nol) rupiah? Untuk itulah meskipun anda tidak memiliki modal, kalau anda kreatif akan ada banyak hal yang bisa anda jadikan modal usaha/bisnis selain uang. Selamat mencoba. (Nur-ul).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *