by

Contoh Ide Peluang Usaha Dengan Modal 200 Ribuan

-Bisnis-343 views

Membuka  usaha dengan modal minim tetapi memberikan keuntungan yang besar merupakan prinsip dasar banyak orang dalam memulai sebuah usaha, selain modal yang diperlukan tidak terlalu banyak, usaha dengan modal yang sedikit juga minim resiko, sehingga tidak perlu khawatir akan rugi dalam jumlah besar, dan pengusaha bisa fokus mengembangkan usahanya. Nah, sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa contoh jenis usaha yang bisa dijalankan bahkan dengan modal kurang lebih 200 ribu rupiah saja.

Contoh Ide Peluang Usaha Dengan Modal 200 Ribuan
Contoh Ide Peluang Usaha Dengan Modal 200 Ribuan

Contoh Ide Peluang Usaha Dengan Modal 200 Ribuan

  1. Bisnis pulsa

Setiap pemegang ponsel, pasti membutuhkan pulsa di dalamnya. Dan saat ini hampir semua orang memiliki ponsel/telepon genggam tersebut, bahkan ada 1 orang yang memiliki 2 sampai 3 ponsel sekaligus. Oleh karena itu berbisnis pulsa bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang murah namun menghasilkan. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar, hanya dengan 200 ribu atau bahkan 50 ribu rupiah, anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Menurut pengalaman saya, ketika anda memilih untuk berbisnis pulsa, jangan mengambil keuntungan yang terlalu sedikit. Misalnya saja harga dari agen untuk 5.000 pulsa adalah 4.800, maka anda bisa menjual pulsa ke konsumen sebesar antara 5.500 – 6.000 rupiah tergantung banyak kondisi dan situasi. Bisa lebih besar lagi jika memang kondisinya baik dari geografis maupun cuaca tempat anda tinggal sulit untuk dijangkau semua hal. Namun yang harus diingat ketika anda muslim usahakan untuk tidak mengambil keuntungan lebih dari 25%, agar sesuai tuntunan agama.

  1. Bisnis kerajinan tangan

Apabila anda memiliki keahlian khusus, seperti misalnya membuat kerajinan tangan yang unik namun bermanfaat, maka anda bisa memanfaatkan keahlian anda untuk mendulang rupiah. Sudah banyak pengrajin menghasilkan produk yang unik dan berhasil memasarkan produknya hingga keluar negeri. Anda bisa memulai usaha kerajinan tangan milik anda sendiri dengan modal yang kecil (bisa kurang lebih 200 ribu rupiah) dan mulailah dengan market yang kecil agar anda lebih mudah mengelolanya.

Biasanya jenis kerajinan tangan yang laris adalah yang bersifat seni terapan. Artinya selain menjual estetika/keindahan kerajinan tersebut memiliki suatu fungsi/manfaat di dalamnya. Sebut saja wadah nasi dari bambu, piring dari bambu, kursi dan lain sebagainya. Tips dalam berbisnis kerajinan tangan ini adalah pastikan kerajinan tangan yang anda buat memiliki kualitas dan ciri khas sendiri. Jika sudah, tinggal menunggu waktu cepat atau lambat usaha kerajinan tangan anda akan segera berkembang.

  1. Usaha jajanan kuliner

Membangun usaha kuliner tidak harus membuka restoran atau cafe dengan modal yang besar. Anda bisa mencoba menjual kue atau jajanan rumahan dengan modal yang jauh lebih sedikit (kurang lebih 200 ribu rupiah) kemudian memasarkannya ke sekolah-sekolah atau tempat-tempat yang ramai dikunjungi banyak orang. Anda juga bisa menitipkannya ke kantor-kantor dan kantin-kantin rumah sakit. Disitulah akan banyak pengunjung yang berpotensi membeli produk jajanan anda. Apabila anda tekun, bukan tidak mungkin anda bisa membuka restoran di kemudian hari.

Dalam usaha kue atau jajanan kuliner ini pastikan anda membuat kue/jajanan dengan mengedepankan kesehatan, kandungan gizi dan tentu saja rasanya harus enak. Karena jajanan yang akan laris adalah yang memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Meskipun sedikit lebih mahal, jika kriteria sehat dan enak terpenuhi anda akan memiliki pasar tersendiri yang potensial.

4. Usaha jasa

Sama dengan usaha kerajinan tangan, membuka jasa butuh keahlian khusus, dan anda bisa mempelajarinya hingga anda lihai, kemudian baru membuka usaha di bidang jasa yang anda kuasai. Misalnya reparasi tv, komputer, pengetikan skripsi, reparasi ponsel, penerjemah, melukis, membuat desain dan lain-lain. Semua jenis usaha tersebut tidak membutuhkan modal besar, cukup dengan 200 ribu atau bahkan kurang dan bermodal papan nama usaha, maka anda sudah bisa mempromosikan usaha anda ke khalayak ramai.

Jangan salah menilai, walaupun usaha dengan jasa ini tidak membutuhkan modal yang besar akan tetapi usaha dengan jasa ini adalah yang paling cukup terkenal sehingga bisa mengangkat perekonomian seseorang. Alasannya adalah, jasa apapun itu selama orang masih banyak yang membutuhkan atau menginginkannya, maka usaha dengan jasa ini akan selalu mendapat tempat dan menjadi rujukan. Apalagi kalau jasa yang kita tawarkan memiliki kelebihan, kualitas dan pelayanan yang baik kepada konsumen.

  1. Warung pecel dan rujak

Usaha kuliner adalah jenis usaha yang tidak ada matinya, maka dari itu berbisnis di bidang ini akan selalu mempunyai calon konsumen yang mau membeli. Apabila anda seorang ibu rumah tangga dan modal yang anda miliki sedikit (200 ribuan), anda bisa membuka usaha warung pecel atau rujak petis. Kedua jenis usaha ini tergolong bisa dijalankan dengan modal yang minim. Manfaatkan teras rumah anda sebagai tempat usaha.

Jika anda mempunyai dana lebih maka anda bisa menyewa tempat yang lebih strategis untuk membuka warung pecel maupun rujak ini. Biasanya tempat yang laris adalah yang dekat pasar, kantor, sekolah maupun kos-kosan. Namun jika memang modal anda hanya cukup untuk membuka warung dirumah anda sendiri itu tidak masalah dan anda bisa mencobanya.

  1. Usaha berjualan gorengan

Masih di seputar usaha kuliner, ide usaha lain yang bisa anda kerjakan dengan modal minim adalah membuka usaha jualan gorengan. Jika anda pintar memasak (terutama dalam membuat gorengan) dan berhasil menemukan lokasi yang tepat untuk membuka usaha, maka besar kemungkinan usaha gorengan anda akan laris manis diserbu pembeli. Masyarakat sudah sangat mengenal jenis jajanan gorengan, maka akan mudah bagi anda untuk menarik pembeli.

Tidak harus gorengan yang itu-itu saja (yang umum dijual di pasar-pasar), namun anda bisa mencoba berinovasi. Misalnya jika yang umum adalah gorengan singkong, anda dapat mencoba menjual gorengan lain yang masih berpotensi untuk dijual, sebut saja bentoel, mantri (salah satu jenis ubi di jawa) dan alternatif lainnya. Dengan berinovasi maka konsumen/pembeli tidak akan bosan dengan gorengan anda.

  1. Jualan aneka jus buah dan es buah

Bisnis kuliner dengan modal kecil tidak hanya sebatas dalam bentuk makanan, tetapi juga bisa berupa minuman. Dengan modal hanya 200 ribu, anda bisa membuka usaha jualan jus buah dan aneka minuman es buah yang saat ini ramai di kalangan anak-anak remaja dan siswa sekolah. Pastikan lokasi jualan anda berada di keramaian untuk menarik lebih banyak konsumen. Di musim panas/musim kemarau usaha aneka jus buah/es buah ini pasti akan laris di serbu banyak pembeli.

Itulah tadi beberapa peluang usaha dengan modal yang minim. Jangan pernah minder apabila anda tidak punya modal untuk berusaha. Dengan modal kecil, 200 ribu saja anda sudah bisa menjalankan berbagai jenis usaha mulai dari bisnis kuliner, menjual jasa keahlian anda, menjual kerajinan tangan dan lain-lain yang akan mengangkat perekonomian keluarga anda tentunya. Bahkan jika beruntung anda bisa menjadi jutawan jika berhasil menjalankan bisnis-bisnis tersebut, semangat !

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *