by

Contoh Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Banyak yang “menuding” bahwa ibu rumah tangga tidak mandiri dan hanya bergantung pada penghasilan suami mereka. Padahal, menjadi seorang ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia. Bayangkan jika tanpa pengorbanan mereka sebagai seorang ibu rumah tangga, tidak mungkin anak, rumah dan segala macam urusan keluarga akan mampu terurus dengan baik.

Contoh Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan
Contoh Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Meskipun begitu, tidak selamanya ibu rumah tangga hanya mengurus anak dan suami di rumah. Bagi sebagian ibu rumah tangga yang bijak, dan cerdas, mengurus suami serta anak dapat dilakukan sambil membuka usaha rumahan. Usaha ini dilakukan untuk membantu suami dan tentu saja untuk meningkatkan ekonomi keluarga yang mungkin masih kekurangan, tapi yang terpenting tetap tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu.

Nah, untuk anda para ibu rumah tangga yang berniat membuka usaha/bisnis sendiri namun bingung menentukan usaha apa yang di geluti, berikut ini kami rekomendasikan 7 ide yang bisa anda pertimbangkan salah satunya.

Contoh Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Membuat Kerajinan

Usaha rumahan membuat kerajinan dapat anda lakukan di saat senggang atau ketika sedang tidak mengurus anak. Atau anda juga bisa melakukannya bersama anak anda yang tentunya dapat melatih keterampilan anak anda sendiri.

Banyak sekali jenis kerajinan yang dapat anda buat seperti bunga artifisial, aksesoris anak, aksesoris jilbab, membuat tas daur ulang, membuat pigura foto, dan lain sebagainya. Anda belum tau cara membuatnya? Tenang saja, anda dapat mencari tutorialnya dengan mudah di youtube channel.

  1. Memberi Les Privat

Anda mempunyai bekal ilmu pengetahuan yang anda peroleh ketika anda kuliah atau bekerja dulu? Tidak ada salahnya anda mengaplikasikannya di rumah dengan cara membuka les privat bagi anak usia sekolah. Sesuaikan jenjang pendidikan peserta les privat dengan kemampuan anda. Misalnya, anda khusus membuka les privat bagi anak SD atau anak SMP dan sebagainya.

Usaha les privat mungkin akan baik dilakukan ketika anda masih belum mempunyai anak, ataupun anak anda sudah menginjak usia 5 tahun keatas. Hal ini dikarenakan jika anak anda masih kecil, mereka masih sangat membutuhkan waktu bersama anda sepanjang hari. Jadi lebih baik membuka les privat ketika anak anda sudah mulai mengerti, dan tidak mengganggu jadwal anda untuk memberi les privat.

  1. Membuka Usaha Makanan/Kuliner

Ibu rumah tangga tidak asing dengan dunia masak-memasak. Anda tentunya juga bisa memanfaatkan keahlian anda ini untuk membuka usaha dalam bidang makanan/kuliner. Mulailah dengan menerima pesanan makanan untuk acara ulang tahun, selamatan, pesta kecil, dan sebagainya.

Promosikan usaha anda ke teman dekat, saudara, dan tetangga anda terlebih dulu. Promosi dari mulut ke mulut terbukti ampuh untuk menambah kepercayaan usaha kuliner anda.

  1. Bisnis MLM Produk Kecantikan

Bisnis MLM produk kecantikan saat ini tengah menjadi tren baru di dunia wanita. Banyak dari wanita mulai dari remaja usia perkuliahan hingga ibu rumah tangga mencoba menggeluti bisnis ini. Sebut saja bisnis produk kecantikan seperti oriflame dan kawan-kawannya.

Bisnis ini biasanya mengharuskan anda untuk merekrut anggota baru, selain menjualkan produk mereka. bisnis MLM produk kecantikan ini cocok bagi anda yang memiliki banyak koneksi teman dan juga memiliki keahlian berbicara. Karena bisnis ini mengharuskan anda meyakinkan calon konsumen atau calon member baru yang akan anda rekrut. Gunakan sosial media sebagai tempat promosi yang ampuh untuk bisnis ini.

  1. Usaha Produksi Kue Rumahan

Anda tentu tidak asing dengan kue produksi rumahan yang banyak beredar saat ini. Bagi anda yang memiliki bakat dalam membuat kue, anda juga bisa memulai usaha ini. Usahakan kue yang anda buat berjenis kue-kue kering, karena jenis kue inilah yang laris di pasaran.

Untuk membedakan dengan usaha kue yang lain, anda harus kreatif dan inovatif menciptakan tampilan kue yang menarik dan unik. Karena tampilan kue yang anda jual menjadi faktor penting yang menarik minat calon konsumen anda. Untuk memasarkannya, anda saat ini dapat melalui cara online (internet) ataupun offline (langsung).

  1. Usaha Laundry

Bagi anda yang tinggal dekat dengan daerah kampus dan daerah perkotaan, anda memiliki peluang besar untuk membuka bisnis laundry. Jasa laundry ini banyak diminati oleh masyarakat yang sangat sibuk dengan aktivitasnya. Modal yang anda perlukan hanyalah mesin cuci, ruangan untuk meletakkan pakaian, dan setrika. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang memuaskan agar usaha anda dapat bersaing. Usaha ini sangat cocok untuk ibu-ibu rumah tangga.

  1. Usaha Fotocopy

Bagi anda yang memiliki rumah di sekitar kampus dan perkantoran, jangan abaikan kesempatan ini untuk membuka usaha fotocopy. Usaha ini dijamin tidak akan pernah sepi, karena hampir semua mahasiswa dan banyak karyawan kantor yang sangat membutuhkannya untuk keperluan administrasi. Anda mungkin bisa memulai usaha ini hanya dengan sebuah mesin fotocopy, mengingat harga mesin fotocopy yang relatif mahal.

Itulah diatas 7 contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang akan menguntungkan ketika dijalankan. Silahkan pilih salah satunya yang sekiranya anda sukai dan berpotensi memiliki banyak konsumen di sekitar tempat anda tinggal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *