by

Daftar Gunung di Indonesia yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang banyak digemari, khususnya bagi kaum muda. Bahkan aktivitas mendaki gunung saat ini sudah menjadi gaya hidup para kawula muda, terlebih bagi mereka yang suka tantangan. Nah, khusus untuk Anda pendaki pemula, yang kebetulan sedang bingung menentukan gunung mana yang akan didaki, berikut kami bagikan beberapa referensi daftar gunung di Indonesia yang cocok sebagai ajang tempat mendaki.

Daftar Gunung di Indonesia yang Cocok Untuk Pendaki Pemula

Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan
  1. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan hanya memiliki ketinggian sekitar 1.653 mdpl. Lokasi gunung ini berada di Mojokerto, jawa Timur. Ada banyak orang yang menganggap Gunung ini sebagai miniaturnya gunung Semeru, sebab memang mempunyai sedikit kemiripan, terlebih pada puncaknya yang tandus, layaknya Gunung Semeru. Dan jangan salah, meski terbilang pendek, tapi pemandangan di kawasan puncak gunung Penanggungan tak kalah indahnya dari gunung-gunung yang lain. Apabila beruntung, malah Anda dapat menyaksikan sunrise dan lautan awan di area sekitar gunung.

Gunung Batur
Gunung Batur
  1. Gunung Batur

Gunung selanjutnya yang sangat rekomended untuk para pendaki pemula, adalah  gunung Gunung Batur yang ada di Kintamani, Pulau Bali. Pastinya sudah banyak yang tahu tentang gunung ini. Ya seperti destinasi wisata Bali lainnya, destinasi gunung Batur telah populer hingga kalangan mancanegara. Tentunya hal ini tak mengherankan, sebab selain ramah bagi pendaki pemula, Gunung Batur juga menawarkan panorama pemandangan alam yang sangat eksotis, terlebih saat kita sudah berada di puncak.

Gunung Pulosari
Gunung Pulosari
  1. Gunung Pulosari

Rekomendasi berikutnya adalah Gunung Pulosari. Gunung ini berlokasi di   Provinsi Banten, tepatnya di Pandeglang. Walau gunung ini termasuk gunung berapi, namun jangan khawatir, karena statusnya masih sangat aman untuk di jadikan obyek pendakian. Dan tak perlu berkecil hati meski ketinggiannya hanya 1.346 mdpl saja, karena daya tarik dan pesona keindahan di puncak gunung ini tak kalah mempesona dengan yang lain.

Gunung Nglanggeran
Gunung Nglanggeran
  1. Gunung Nglanggeran

Masih tentang gunung dengan ketinggian rendah, rekomendasi selanjutnya adalah gunung Nglanggeran. Gunung dengan ketinggian tidak sampai  1000 mdpl, ini  terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Selain mendaki dengan tingkat kesulitan yang rendah, disini merupakan tempat ideal untuk menikmati keseruan camping sembari menikmati pemandangan sekitar yang mempesona.

Gunung Ungaran
Gunung Ungaran
  1. Gunung Ungaran

Nah, gunung berikutnya yang juga sangat ideal untuk pendaki pemula adalah gunung Ungaran. Gunung ini terletak di Kabupaten Ungaran, Semarang. Meski ketinggian gunung ini cukup lumayan, yakni melebihi 2.000 mdpl, namun jalur pendakiannya bisa dikatakan cukup ringan, dan tidak terlalu sulit. Sehingga sangat pas jika Anda baru pemula dalam mendaki sekalipun.

Itu dia daftara gunung di Indonesia yang cocok untuk para pendaki pemula. Nah, gunung mana yang ingin Anda coba daki terlebih dahulu? Bagikan pengalaman Anda dengan kami.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *