by

Desa Wisata Using Banyuwangi

-Wisata-164 views

Tak hanya mengandalkan keindahan alamnya untuk menarik minat wisatawan, ternyata Banyuwangi juga memiliki destinasi wisata budaya yang sangat unik dan menarik. Destinasi wisata tersebut adalah Desa Wisata Osing atau Using yang berada di Desa Kemiren.

Desa Wisata Using Banyuwangi
Desa Wisata Using Banyuwangi

Penduduk Desa Osing terdiri dari warga suku Osing atau Using yang merupakan keturunan dari kerajaan Hindu Blambangan. Masyarakat suku Osing berbeda dari suku lain di Jawa Timur, seperti  masyarakat suku Jawa atau Madura. Mereka memiliki adat istiadat dan juga bahasa tersendiri yang sangat khas.

Tradisi dan Budaya Khas Suku Osing 

Permainan Angklung Desa Using
Permainan Angklung Desa Using

Salah satu tradisi khas yang masih diestarikan oleh masyarakat suku Osing yaitu dalam hal bercocok tanam. Biasanya, mereka menggelar tradisi selamatan mulai dari menanam benih hingga saat tiba waktunya panen. Saat panen, para petani akan memainkan gendang diiringi permainan angklung di pematang sawah.

Sedangkan para wanita akan memainkan tradisi gedhongan, yaitu memukul-mukul lesung dan alu secara bergantian sehingga menghasilkan suara yang harmonis. Musik lesung ini merupakan salah satu warisan asli budaya suku Osing. Selain itu ada juga tradisi budaya lainnya seperti barongan dan tari-tarian khas suku Osing seperti tari Gandrung, Burda, serta Buntulan.

Potensi Wisata Desa Osing 

Miniatur Rumah Khas Masyarakat Desa Using
Miniatur Rumah Khas Masyarakat Desa Using

Desa Wisata Using atau Osing ditetapkan pada tahun 1995 oleh Purnomo Sidik yang saat ini menjabat sebagai Bupati Banyuwangi. Kemudian, dibangunlah berbagai anjungan wisata yang berada di sebelah utara desa.

Anjungan tersebut diantaranya berupa miniatur rumah khas masyarakat Using yang juga mempertontonkan kesenian khas masyarakat setempat dan juga memperlihatkan hasil kebudayaan desa tersebut.

Fasilitas di Desa Wisata Osing 

Penginapan di Desa Wisata Using
Penginapan di Desa Wisata Using

Selain melihat tradisi dan kebudayaan masyarakat suku Osing, pengunjung juga dapat menikmati beragam fasilitas yang telah disediakan disana. Fasilitas tersebut antara lain kolam renang, tempat bermain, dan juga museum modern yang memamerkan beraneka macam perlengkapan dan pernik budaya Osing. Di samping itu, di desa ini juga terdapat penginapan, sehingga para pengunjung akan lebih leluasa saat ingin menghabiskan waktu liburan di Desa Wisata Osing.

Seorang Kakek Nenek Sedang Menyangrai Kopi di Desa Using
Seorang Kakek Nenek Sedang Menyangrai Kopi di Desa Using

Jangan lewatkan pula untuk mencicipi nikmatnya kopi Using yang dikenal memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Selain mencicipi, Anda juga bisa mencoba mengolah kopi tersebut secara langsung. Mulai dari menyangrai, menumbuk biji kopi, hingga menyajikannya.

Lokasi dan Biaya Masuk 

Desa Wisata Osing terletak di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 8-10 kilometer dari pusat kota Banyuwangi atau berkisar 5 kilometer dari stasiun Karangasem.

Perjalanan menuju ke lokasi desa wisata Osing hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Banyuwangi. Sedangkan biaya masuk ke Desa Wisata Osing sangat terjangkau, yakni hanya Rp 5.000,- saja perorang. Bagaimana? Tertarik berwisata sambil melestarikan budaya Osing? Jadi jika Anda sedang mampir ke Banyuwangi tidak ada salahnya untuk pergi ke Desawa Wisata Osing ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *