by

Domain .co.id atau .com

Bagi anda yang berprofesi sebagai seorang Blogger pasti pernah bingung jika akan memilih ekstensi domain untuk anda gunakan sebagai nama domain dari situs anda. Jika di Indonesia mungkin anda sering kebingungan akan memilih domain dengan ekstensi .co.id atau domain dengan ekstensi .com? Kalau iya, saya ada pengalaman menarik tentang dua ekstensi domain tersebut dan akan saya bagikan kepada anda yang mungkin kebetulan menemukan atau memang mencari artikel tentang hal ini.

Domain .co.id atau .com
Domain .co.id atau .com

Sebagai seorang Blogger, tentunya nama domain dan ekstensi domain akan sangat berpengaruh dengan tujuan akhir (visi misi), ingin seperti apakah dan untuk siapakah situs yang akan anda buat dengan menggunakan domain tersebut nantinya. Tidak hanya karena branding, akan tetapi banyak faktor yang akan berdampak dari pemilihan nama/ekstensi domain yang anda pilih, sehingga sebelum anda membuat situs hal inilah yang paling penting dan harus dipikirkan matang-matang agar tidak sampai menyesal di kemudian hari.

Lalu ekstensi domain seperti apa yang cocok bagi Blogger seperti saya? Dalam hal ini saya hanya akan mengcompare/membandingkan ekstensi domain .com dengan .co.id. Berikut akan sedikit saya jelaskan tentang pengalaman menggunakan ekstensi domain .com dan .co.id yang mungkin akan bermanfaat bagi anda dalam menentukan ekstensi domain.

  • Siapakah anda? Organisasi, Perusahaan atau Individu?

Pertanyaan ini yang akan pertama muncul jika disuruh membandingkan ingin memilih ekstensi domain .com atau .co.id. Jika anda dan tujuan anda membangun situs untuk tujuan pribadi atau individu maka sebaiknya anda memilih domain dengan ekstensi .com, selain sangat familiar domain ini juga sudah sangat mengglobal, jadi di negara manapun domain ini pasti sudah sangat dikenal. Alasannya bukan hanya itu, jika anda membangun situs bukan untuk perusahaan/organisasi maka anda tidak akan bisa mendaftarkan domain dengan ekstensi .co.id yang notabene membutuhkan surat-surat keterangan dari perusahaan atau organisasi anda. Untuk itulah sangat jelas dalam hal ini, jika tujuan anda membangun situs untuk digunakan secara pribadi, maka ekstensi domain .com lah yang paling cocok untuk anda.

  • Jika saya perusahaan ekstensi yang paling cocok .com atau .co.id?

Pertanyaan kedua ini sangat menarik untuk dibahas karena secara tidak langsung akan berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization). Jika saya adalah sebuah perusahaan apakah ekstensi domain .com atau .co.id yang harus saya pilih? Jawabannya adalah tentukan lokasi dan target pasar perusahaan anda. Jika target pasar/pelanggan anda adalah orang Indonesia, maka domain .co.id yang paling cocok untuk anda, apalagi jika memang perusahaan anda terletak di wilayah Indonesia. Saya mempunyai pengalaman unik menggunakan ekstensi domain .co.id, dengan menggunakan ekstensi domain .co.id maka SERPs (Search Engine Result Pages) anda secara lokal di mesin pencari akan lebih kuat daripada menggunakan ekstensi domain .com, hal ini dikarenakan ekstensi domain .co.id memang ditujukan khusus untuk negara Indonesia, dan secara jelas jika anda perusahaan yang ingin mencari pasar di Indonesia maka ekstensi domain .co.id jauh lebih baik anda gunakan untuk meraih target pasar di Indonesia. Selain itu ekstensi domain .co.id akan jauh lebih dipercaya sehingga pelanggan akan merasa lebih aman ketika bertransaksi di situs anda, hal ini tidak terlepas dari pendaftaran ekstensi domain .co.id yang membutuhkan beberapa surat (dokumen legal) perusahaan.

  • Lebih potensial mana jumlah pengunjung untuk ekstensi domain .co.id dan .com?

Jika untuk kwantitas jumlah pengunjung, maka hampir bisa dipastikan domain dengan ekstensi .com akan menang dan jauh lebih unggul. Domain dengan ekstensi .com adalah ekstensi domain yang termasuk paling tua dan mengglobal, sehingga di seluruh dunia dan negara domain ini sudah menjadi generic domain (The Most Popular Top Level Domain). Jadi jika target anda adalah orang dari seluruh dunia, meskipun perusahaan anda berada di Indonesia, maka sebaiknya domain .com lah yang menjadi pilihan untuk membangun situs perusahaan anda. Ekstensi domain ini juga sangat cocok untuk pribadi (individu) yang ingin menjalankan bisnis di internet. Namun dikarenakan nama-nama domain dengan ekstensi.com juga sudah banyak yang dipesan, kemungkinan anda mencari nama domain dengan keyword yang anda inginkan akan jauh lebih sulit daripada jika anda menggunakan ekstensi domain .co.id.

Itulah sedikit pertimbangan jika anda sebagai Blogger harus dihadapkan dengan pilihan harus memilih domain dengan ekstensi .co.id ataukah .com? Banyak pertimbangan lain yang mungkin harus anda cermati, akan tetapi pada intinya yang paling penting adalah tentukan target pasar mana yang anda inginkan, dunia atau Indonesia? Hal inilah yang harus menjadi kunci utama anda memilih satu dari dua ekstensi domain tersebut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *