by

Download Android Studio dan SDK Full Offline

Android Studio adalah aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi mobile atau perangkat bergerak berbasis sistem operasi Android. Dalam instalasinya, Android Studio membutuhkan koneksi internet yang cukup cepat, stabil, dan tentunya mempunyai kuota yang berlimpah. Jika tidak, maka menginstall Android Studio akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan memusingkan.

Namun bagi Anda yang telah terbiasa dengan Android Studio dan mengetahui dengan baik dimana lokasi paket SDK, NDK disimpan, di download, dan di ekstrak pada komputer Anda, maka Anda dapat mencoba melakukan instalasi Android Studio dengan semi offline.

Yang saya maksud dengan semi offline disini Anda tetap membutuhkan koneksi internet, walaupun tidak dengan banyak kuota tetapi disarankan koneksi internetnya tetap cepat dan lancar. Agar ketika mendownload paket dan library tertentu untuk SDK (Software Development Kit) Anda dapat segera mengetahui paket apa yang sedang di download oleh Android Studio.

Nah pada saat proses download inilah Anda dapat mengakali proses download paket agar menjadi semi offline. Caranya adalah dengan memperhatikan paket apa yang sedang di download oleh Android Studio, setelah itu letakkan paket tersebut dimana lokasi SDK Android Studio di install, biasanya lokasi tersebut berada di direktori: C:\Users\Soni Sitez\AppData\Local\Android\Sdk, dengan “Soni Sitez” adalah berdasarkan username di komputer Anda masing-masing. Untuk path/direktori “AppData” secara default lokasi direktori atau folder ini memang terhidden, jadi kadang Anda masih harus mengunhide/menampilkan direktori tersembunyi agar lokasi folder ini dapat Anda jangkau. Lihatlah penempatan SDK Android Studio pada screenshot berikut ini.

 

Download Android Studio dan SDK Full Offline
Download Android Studio dan SDK Full Offline

Khusus profesional atau yang sudah mengerti Android Studio

Status: Tested on Acer Notebook With Intel Processor

[ Download Android Studio + SDK ]

[ Download SDK Android Studio Only ]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *