by

Faktor yang Membuat Blog Tidak Berkembang

Membuat blog memang mudah, namun menjadikan blog berkembang, sukses, mempunyai banyak pengunjung yang loyal dan menghasilkan banyak uang tentu bukanlah perkara mudah. Hampir semua blogger tentu menginginkan hal tersebut. Selain kerja keras, konsistensi dan fokus, dibutuhkan juga kecerdasan dalam mengelola blog tersebut, sehingga nantinya bisa benar-benar berkembang dan sukses.

Faktor yang Membuat Blog Tidak Berkembang
Faktor yang Membuat Blog Tidak Berkembang

Ada banyak faktor yang membuat blog stagnan dan tidak bisa berkembang, dan berikut ini diantaranya:

  1. Blog Tidak Memberikan Manfaat

Sudah jelas bahwa setiap pengunjung blog yang membaca artikel memiliki tujuan untuk mencari dan menggali informasi. Jika blog kita isinya tentang curhatan, kisah-kisah keseharian kita (diary), tentu hal ini akan mengesankan bahwa blog kita tidaklah terlalu banyak memberikan informasi kepada pengunjung. Sehingga pengunjung yang loyal mungkin cuma satu dua orang, itupun mungkin orang-orang terdekat kita yang kita kenal.

  1. Jarang Sekali di Update

Mengupdate isi artikel atau konten bagi profesi seorang blogger hukumnya bisa dibilang wajib. Jika blog kita jarang sekali di update maka analoginya sama saja anda dengan melihat film yang sama berkali-kali, tentu para penikmat film akan bosan. Begitu juga pengunjung blog, jika kita tidak pernah mengupdatenya lama-lama blog kita akan ditinggalkan. Usahakan paling tidak jika benar-benar anda sedang malas, walaupun satu bulan hanya sekali harus ada target menyelesaikan satu tulisan atau konten untuk di posting.

  1. Money Oriented yang Tidak di Imbangi Dengan Kerja Keras

Ingin kaya, susah tak mau, kerja keraspun enggan. Itulah mungkin pepatah yang cocok menggambarkan sifat seperti itu. Jika anda seorang blogger dan ingin mencapai keberhasilan, tentu ada kerja keras dan pengorbanan yang harus dilakukan, baik itu berupa tenaga, pikiran maupun materi. Jangan hanya karena terlalu ‘bernafsu’ ingin mendapatkan uang lantas anda memasang iklan sebanyak-banyaknya tanpa di imbangi dengan konten yang banyak dan berkualitas. Tentu hal ini dapat mengganggu pengunjung yang mengakibatkan tidak betah berlama-lama di blog anda.

  1. Blog yang ‘Menipu’ atau ‘Tidak Jujur’

Sering sekali saya menjumpai blog semacam ini, bukan memberikan informasi yang kredibel malah terkesan membingungkan pengunjung. Biasanya hal ini dilakukan oleh blog bertema download. Saat akan mendownload kita diarahkan ke link-link yang tidak relevan dengan isinya, seperti ke link-link shorten, iframe, ‘jebakan’, link iklan, dan yang membuat pengunjung tidak akan pernah kembali adalah jika setelah mengunjungi link-link tersebut ternyata apa yang dicari tidak ada, hanya berputar-putar atau ‘mbulet’ di link jebakan tersebut, maka pengunjung akan mengingat alamat blog kita dan jika menemukan blog kita di pencarian search engine tidak akan pernah mengunjunginya kembali. Tentu hal ini bumerang bagi kita sebagai seorang blogger, ini akan membuat blog kita benar-benar tidak akan pernah memiliki pengunjung loyal/setia. Kita hanya akan buang-buang waktu dan tenaga saja jika seperti ini.

  1. Blog Dengan Desain yang Berat ataupun Tidak ‘Eye Catching’

Pernahkah anda menjumpai blog yang sangat berat sekali ketika di akses? Atau anda pernah menjumpai blog yang warna tulisan artikel dan backgroudnya sama sekali tidak kontras, sehingga ketika mebaca kita akan sedikit melotot? Mungkin hal ini sepele bagi kita seorang blogger, tetapi bagi pengunjung dan pembaca ini merupakan sebuah kenyamanan. Jika blog kita sangat berat di akses atau punya desain dan konten yang tidak ‘matching’ dan tidak sedap di pandang, maka pengunjung tidak akan betah berlama-lama di blog kita, dan akan mencoba pergi mencari referensi ke blog atau web lain.

Itulah 5 faktor yang membuat blog menjadi sulit dan tidak berkembang. Banyak faktor lain yang mempengaruhi blog kita untuk bisa berkembang atau tidak. Namun secara umum 5 gambaran tentang konten, desain, kualitas dan trust (kepercayaan) menjadi faktor yang sangat penting, sehingga bagi anda seorang blogger tentu hal ini harus menjadi pertimbangan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment