by

Fungsi Custom Channel Google Adsense

Lihatlah gambar screenshot dibawah, nah gambar yang saya tandai dengan kotak merah tersebut merupakan isi dari menu Saluran Khusus atau Custom Channel yang ada pada akun Google Adsense (dalam kasus ini milik saya). Bagi sebagian orang khususnya Publisher Google Adsense baru, akan bertanya-tanya sebenarnya untuk apa menu Custom Channel tersebut? Kok saya kurang mengerti atau tidak paham sama sekali ya? Hehe..

Custom Channel Google Adsense
Custom Channel Google Adsense

Saya dulu juga sama seperti anda sering bertanya-tanya sewaktu mau menggenerate atau membuat kode iklan Google Adsense, kok ada Custom Channel atau Saluran Khusus di pilihannya, lalu ini harus di isi apa? Bingung sambil penasaran Hehe.. Padahal ketika itu tidak di isipun iklannya tetap tampil (wah semakin penasaran nggak karu-karuan wkwk). Akhirnya setelah berkecimpung sedikit lama dengan Google Adsense saya mulai mengerti untuk apa dan seperti apa pengisian dari menu Custom Channel Google Adsense ini. Berikut akan saya jelaskan sedikit mengenai fungsi dan bagaimana implementasi Custom Channel iklan di Google Adsense. Kita mulai serius ya dari sini :-p

A. Fungsi Custom Channel Google Adsense

  1. Mempermudah Melihat Laporan Kinerja Iklan yang Kita Pasang di Situs Web Kita.

Lihatlah pada gambar yang saya sertakan dalam postingan ini (gambar yang diatas tadi), dibagian bawah Custom Channel yang kita buat disitu terdapat menu “View Report” atau “Lihat Laporan” yang saya tandai dengan warna biru. Hal inilah yang akan sangat berguna jika kita menerapkan Custom Channel pada iklan Google Adsense nantinya. Di menu lihat laporan tersebutlah kita dapat memantau apakah tipe/jenis iklan, ukuran iklan dan sebagainya berjalan dengan baik di situs kita atau malah iklan tersebut tidak memperlihatkan kinerja terbaik dan tidak efektif di situs kita. Sehingga nantinya kita bisa melakukan evaluasi dan bereksperimen tentang tipe dan ukuran iklan seperti apa yang menunjukkan hasil terbaik dan memuaskan sekaligus cocok dengan web/blog kita. Maksud saya eksperimen adalah seperti ukuran iklan, tipe iklannya gambar saja atau tulisan dan sebagainya.

  1. Memberi Peluang Kita Mendapatkan Iklan yang Tertarget.

Apa itu iklan yang tertarget? Nah, pada dasarnya Google Adsense juga ikut melelang atau memberikan rekomendasi kepada Pengiklan/Advertiser/Adwords atau apapun sebutannya, untuk menempatkan iklan mereka di situs yang memiliki ruang iklan yang tertarget. Masih bingung? Hehe, lebih mudahnya jika anda menerapkan iklan yang tertarget pada situs anda, kemudian ada Pengiklan/Advertiser yang ingin mengiklankan produknya melalui jaringan Google dan mereka tertarik untuk memasangnya di situs web/blog anda atas rekomendasi Google, maka iklan anda nantinya bisa dibilang sudah tertarget menjadi saluran khusus (Custom Channel). Lalu apakah hal ini memberikan keuntungan bagi kita? 99% akan saya jawab dengan “YES”, itu karena kalau ada Pengiklan yang memang ingin memasang iklannya di space/ruang iklan web kita secara khusus, maka sangat besar kemungkinan hal ini akan meningkatkan CPC (Cost Per Klik) atau biaya untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung, tentu saja hal ini akan menguntungkan kita sebagai Publisher Google Adsense, karena akan mendapatkan CPC yang lebih tinggi. Untuk itulah mengapa membuat Custom Channel atau Saluran Khusus di Google Adsense sangat direkomendasikan, bagi anda yang mungkin belum menerapkannya karena masih belum mengetahui fungsi dan kegunaannya, sekarang saatnya anda bisa bereksperimen dengan Custom Channel atau Saluran Khusus iklan di Google Adsense tersebut.

B. Membuat dan Mengimplementasikan Iklan Custom Channel Google Adsense

Setelah panjang lebar membahas tentang fungsi Saluran Khusus atau Custom Channel Google Adsense, lalu bagaimana cara membuat atau implementasinya. Berikut akan saya jelaskan secara singkat dan sederhana bagaimana cara membuat iklan Custom Channel di Google Adsense.

  1. Login ke dashboard Google Adsense anda.
  2. Setelah anda login ke dashboard anda, pilih menu “My Ads >> Content >> Custom Channels”, jika anda menggunakan Bahasa Indonesia silakan anda sesuaikan sendiri, nggak tahu artinya? Bisa translate hehe.
  3. Lalu klik tombol “New Custom Channel”.
  4. Lalu isikan data-data Custom Channel yang dibutuhkan, misalnya seperti berikut ini:
  • Name: Nama Custom Channel Anda.
  • Ad units: Nama Unit Iklan yang Sudah Anda Buat.
  • Targeting: Jika Ingin Anda Jadikan Sebagai Iklan yang Tertarget (Centang).
  • External Name: Tidak Perlu di Isi Sudah Otomatis.
  • Ads Appear On: Lokasi Pada Bagian Mana Iklan Tersebut Akan Ditampilkan di Situs Anda.
  • Ad Location: Lokasi yang Lebih Spesifik Dimana Iklan Akan Ditampilkan, Misalnya: Bottom Center.
  • Description: Bisa Anda Isi Deskripsi Lokasi Iklan dan Bagaimana Iklan Akan Ditampilkan di Situs Anda.
  • Site Language: Bahasa Apa yang Anda Gunakan di Situs Anda.
  • Jangan Lupa Klik Tombol “Save” atau “Simpan”.
  • Selesai.
  1. Nah, seperti itulah cara membuat dan mengiplementasikan iklan Custom Channel di Google Adsense. Jika anda masih bingung sudah saya siapkan dalam bentuk gambar berikut.
Cara Membuat Custom Channel Google Adsense
Cara Membuat Custom Channel Google Adsense
Isian Custom Channel Google Adsense
Isian Custom Channel Google Adsense

Bagaimana? Sudah jelas atau belum mengenai apa fungsi Custom Channel atau Saluran Khusus pada Google Adsense. Jika masih belum puas tentang penjelasan saya, mungkin anda bisa mencari referensi-referensi lain yang akan menjawab pertanyaan anda hehe. Belum diterima Google Adsense? Sabar dan jangan menyerah hehe, patuhi aturan Google, terapkan lalu coba lagi dan lagi. Semoga artikel ini bermanfaat buat anda terutama anda para Blogger.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment