by

Game yang Cocok untuk Anak-anak

Sangat wajar jika anak sangat menyukai game. Bahkan kadangkala sampai lupa tidur dan makan gara-gara kesayikan main game. Walaupun seringkali selalu identik dengan sesuatu yang buruk, tetapi ternyata tak selamanya game berakibat negatif, malah justru sebaliknya. Kuncinya ada pada anda sebagai orang tua bagaimana mengarahkannya.

Game yang Cocok untuk Anak-anak
Game yang Cocok untuk Anak-anak

Idealnya jangan di larang, tapi lakukan pendekatan pada anak, kasih pengertian jika boleh bermain game tapi setelah belajar, serta tidak boleh lupa makan dan tidur. Kemudian pilihkan game yang tidak hanya menghibur, tetapi yang bisa mendidik serta bermanfaat buat tumbuh kembangnya. Sebagai referensi berikut ini kami share beberapa game yang cocok untuk anak-anak yang bisa anda pilih untuk buah hati anda.

1. Game yang Mengacu Pada Pendidikan

Game yang pertama yaitu harus mengacu pada pendidikan, mulai dari pengetahuan umum, bahasa, agama, matematika, dan lain sebagainya. Alasan memberikan game ini pada anak agar kemampuan menangkap suatu pengetahuan baru dapat terlatih. Anda dapat mendownload macam-macam game yang bertema pendidikan dengan gratis di Play Store atau Apple Store. Pilih yang sesuai dengan keinginan anda namun cocok untuk si buah hati. Berikut beberapa macam game pendidikan yang dapat dijadikan pilihan.

1.1. Numbers & Addition! Math Game

Aplikasi ini akan mengajak si kecil untuk belajar berhitung dalam bentuk permainan yang diilustrasikan dengan binatang lucu dan menyenangkan. Selain itu, aplikasi ini menyediakan sebuah petualangan yang akan mengajak si kecil mengasah kemampuan berhitungnya kembali. Game ini didesain untuk anak usia 3, 4, 5, dan 6 tahun yang siap untuk sekolah.

1.2. Kids ABC Phonics Lite

Game ini sangat populer serta dapat membantu anak menghafalkan alphabet dan merangkai kata-kata sederhana dengan benar. Anak akan dilatih menebak nama huruf yang didesain dengan baik dan menyenangkan.

1.3. Aniworld

Game ini akan mengenalkan berbagai macam jenis hewan yang ada di seluruh dunia beserta asal dan namanya. Anak anda akan menyukainya karena gambar-gambar yang super lucu dan menggemaskan. Selain itu, si kecil akan mudah mengingat nama hewan, asal dan mengetahui foto aslinya.

1.4. Anak Cerdas

Materi yang ditawarkan game ini sangat berfariasi dan lengkap. Mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD disediakan di dalam game ini. Isi materi juga sesuai dengan materi yang di ajarkan sekolah dan penyajiannya sesuai dengan jenjang kelas. Terdapat materi Matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan Sains.

1.5. Belajar Hijaiyah

Game belajar hijaiyah adalah game yang mengenalkan semua huruf hijaiyah atau arab. Anak-anak akan senang karena contoh cara pelafalan disertai dengan lagu sehingga mudah diingat. Selain itu, akan ada kuis mewarnai huruf hijaiyah dan menemukan huruf hijaiyah yang tersembunyi.

2. Game yang dapat Melatih Kreatifitas

Melatih kreatifitas anak sejak dini akan meningkatkan kemampuan otak kanan. Anda dapat melatih kreatifitas anak dengan memberinya game yang sesuai dengan usianya. Beberapa game yang dapat anda pilih diantaranya:

2.1. Cake Maker

Salah satu game memasak ini dapat mengajak buah hati anda membuat berbagai macam bentuk kue, lengkap dengan urutan cara pembuatan hingga menghias kue. Anak akan berlatih berkreasi dan belajar memasak.

2.2. Kids Preschool Puzzle Lite

Game ini dirancang untuk mengenalkan berbagai macam bentuk benda sekaligus mengasah kreatifitas mereka dengan menyusun bentuk-bentuk tidak beraturan sehingga menjadi utuh. Buah hati anda dapat memilih gambar buah, binatang, kendaraan, ataupun abjad yang nantinya akan dipisah menjadi beberapa keping puzzle yang harus diutuhkan seperti semula.

2.3. Belajar Mewarnai untuk Anak

Game ini memberikan pengetahuan tentang berbagai jenis warna. Dengan mewarnai, kreatifitas anak dapat dilatih. Memadukan jenis warna yang berbeda hingga membentuk warna baru akan melatih otak kanan untuk berkembang. Aplikasi ini dapat di download secara gratis di smartphone anda.

2.4. Animals Puzzle For Kids

Game Animals Puzzle For Kids ini dapat melatih syaraf motorik halus dan kreatifitas buah hati. Anak akan diminta untuk memilih salah satu kotak yang memiliki kemiripan jenis hewan. Misalnya, terdapat gambar singa, monyet, jerapah, dan zebra, anak-anak akan disuruh memilih gambar hewan yang bentuknya hampir mirip seperti jerapah dan zebra. Selain itu, dengan bermain game ini anak akan dilatih menggunakan otak kanan dan diajarkan bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah sehari-hari yang sering dihadapi.

3. Game Petualangan

Game yang bertema pengetahuan akan melatih rasa berani si kecil. Jika sejak kecil buah hati sudah diajarkan untuk berani, ketika dewasa dia akan memiliki rasa percaya diri yang baik. Anda dapat melatihnya dengan salah satu media game yang ditawarkan di smartphone anda. Berikut beberapa contoh game petualangan yang dapat dengan mudah di download.

3.1. Chuggington: Kids Train Game

Game ini akan mengajak anak anda untuk berpetualang menjalankan kereta. Anak akan diajak untuk membuat jalan kereta dan mengatur kereta api virtualnya sendiri. Akan ada rintangan di setiap levelnya yang membuat si kecil menjadi pemberani untuk menghadapi setiap masalah serta mengerti hal-hal mengenai jenis kendaraan kereta api.

3.2. An Owl Adventure – Flying Game

Game burung hantu ini akan mengajak anak untuk membantu si burung agar dapat terbang tinggi hingga ke langit. Burung hantu dapat terbang tinggi jika dapat mengumpulkan banyak daun. Selain itu, agar dapat terbang tinggi burung hantu harus menangkap bintang. Disini, anak akan dilatih bagaimana mempertahankan burung hantu agar tetap terbang. Ketangkasan anak akan dilatih ketika mengumpulkan daun dan bintang.

3.3. Cars: Fast as Lightning

Game ini diadaptasi dari film kartun Cars yang banyak disukai anak-anak. Dalam game, anak akan diajak untuk membangun sebuah kota yang bagus. Anak akan membangun kota dengan bantuan Ligtning dan kawan-kawan lainnya.

3.4. Farm Adventure

Didesain untuk anak usia 1 hingga 7 tahun yang berisi tentang petualangan di peternakan yang melibatkan berbagai macam kata, huruf, serta angka yang perlu ditemukan. Selain itu, anak akan mengenal warna, sayuran, buah-buahan, hewan, dan bentuk yang ada disekitarnya.

3.5. Animal Safari – Adventure Game

Game ini mengajak anak anda untuk bermain dengan binatang liar yang sangat imut dan menyenangkan. Anak akan diajak untuk melakukan dan mengenal 11 aktifitas diluar rumah dengan binatang liar virtual tersebut. Suara binatang dan ilustrasi HD akan membuat si kecil semakin senang.

4. Game Merawat Makhluk Hidup Lain

Yang terkahir, jenis game merawat makhluk hidup lain. Jenis game ini akan melatih sifat peduli, kasih sayang, dan rasa tanggung jawab anak kepada sesama makhluk hidup lainnya. Dengan ini, anak akan dilatih sejak dini sifat-sifat terpuji melalui perantara game. Berikut beberapa game merawat makhluk hidup yang dapat dijadikan pilihan.

4.1. Virtual Pet, My Boo

Game ini mengajak si buah hati untuk merawat binatang peliharaan virtualnya. Anak akan diajak untuk memberi makan, memberi obat jika sakit, memandikannya, bahkan mengajak bermain. Semakin dirawat, semakin besar binatang peliharaan virtual buah hati anda.

4.2. My Virtual Pet – Cats and Dogs

Melalui game ini, buah hati akan diminta untuk merawat, membesarkan, memberi makan, dan mengajak bermain kucing dan anjing virtual mulai dari kecil. Si kecil juga dapat memelihara anjing dan kucing secara bersamaan sekaligus.

Nah deretan game yang kami rekomendasikan di atas tentunya bisa berdampak positif untuk buah hati anda. Namun begitu, usahakan untuk selalu bimbing dan dampingi buah hati anda ketika sedang bermain game agar tidak lupa waktu. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *