by

Gili Kondo di Timur Lombok

Apakah Anda pernah mendengar nama wisata Gili Kondo? Mungkin masih banyak yang asing dengan nama tersebut. Karena memang Gili Kondo adalah salah satu destinasi wisata alam di Lombok Timur yang namanya belum sepopuler saudara-saudaranya seperti Gili Trawangan, Pantai Senggigi, dan tempat wisata terkenal lain di Lombok. Namun jangan salah, walau kurang populer, tapi pesona alamnya tidak kalah dari tempat wisata lain yang lebih terkenal.  Nah, jika Anda tertarik ingin mengunjungi Gili Kondo sebaiknya simak dulu ulasan lengkapnya berikut ini.

Pesona Alam Gili Kondo di Timur Lombok
Pesona Alam Gili Kondo di Timur Lombok

Lokasi Gili Kondo

Gili Kondo adalah satu dari gugusan pulau kecil (gili) di bagian timur Pulau Lombok, lebih tepatnya di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Akses menuju ke pulau tersebut terbilang sangat mudah, namun karena belum terlalu terkenal, jika hendak bertanya, jangan langsung menanyakan lokasi Gili Kondo tetapi menanyakan lokasi Sambelia terlebih dahulu.

Dari Mataram menuju Sambelia, kira-kira bisa ditempuh sekitar 2 sampai 3 jam. Tidak usah khawatir dengan lamanya waktu perjalanan, karena Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Hamparan pepohonan dan pemandangan pantai akan menemani perjalanan Anda.

Setelah tiba di Sambelia lebih tepatnya di Pantai Padak Guar, Anda bisa langsung menyeberang ke Gili Kondo (butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit). Di pantai tersebut sudah banyak tersedia perahu yang bisa disewa untuk berkeliling di pulau – pulau kecil di sekitar lokasi tersebut, termasuk Gili Kondo.

Jika Anda hanya ingin atau khusus berkunjung ke Gili Kondo, Anda bisa membeli tiket di koperasi nelayan di lokasi tersebut atau bertanya kepada masyarakat sekitar, akses menuju pulau tersebut. Jika Anda diantar perahu dari Padak Guar ke Gili Kondo dan tidak berniat menginap, maka Anda bisa berangkat pagi dan dijemput di sore hari.

Jika Anda ingin menginap, di sana juga tersedia penginapan yang bisa Anda sewa dengan harga yang terjangkau. Jika Anda ingin berlama – lama di Gili Kondo jangan lupa membawa cemilan, termasuk makanan dan minuman yang banyak karena di daerah tersebut tidak tersedia toko untuk membeli keperluan tadi (tidak ada rumah penduduk atau toko, hanya ada penginapan sederhana).

Daya Tarik Wisata Gili Kondo

Wisatawan Gili Kondo di Timur Lombok
Wisatawan Gili Kondo di Timur Lombok

Bagi Anda yang menyukai pemandangan pantai, suasana alam yang damai dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, daerah ini sangat cocok dan pas untuk Anda kunjungi. Khusus untuk Anda yang punya hobi snorkling, Gili Kondo bisa menjadi salah satu referensi tempat snorkling Anda. Air laut yang jenih dengan banyak terumbu karang dan berbagai jenis ikan menambah daya tarik untuk melakukan snorkling.

Apalagi jika masih pemula, Anda bisa melakukan snorkling di pinggir pantai dengan kedalaman maksimal hanya 2 meter. Namun, jika Anda ingin yang lebih ekstrim bisa mencari spot yang lebih dalam (diperkirakan ada sekitar 20 area snorkeling di daerah ini) dengan menggunakan perahu.

Salah Satu Perahu di Gili Kondo Timur Lombok
Salah Satu Perahu di Gili Kondo Timur Lombok

Jika Anda bukan penyuka olahraga air, Anda bisa menikmati keindahan Gili Kondo dengan berjalan kaki mengelilingi pulau. Pemandangan pulau yang bersih karena selalu dibersihkan oleh penjaga pulau, sangat cocok dijelajahi. Apalagi bila Anda berlibur bersama dengan keluarga atau orang yang spesial seperti istri/suami Anda, berjalan bersama di tepi pantai menikmati keindahan alam yang eksotis, dan dalam keadaan masih sepi, pastinya akan berasa seperti berjalan di pulau sendiri.

Hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin berkunjung ke Gili Kondo adalah waktu berkunjung. Kalau bisa, liburan ke Gili Kondo sebaiknya dilakukan di musim panas. Karena akses ke sana yang hanya menggunakan perahu akan sangat rentang jika musim hujan, apalagi jika ditambah angin kencang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *