by

Gili Labak Madura, Surga Kecil di Seberang Pulau Garam

Pernahkah Anda mendengar nama Gili Labak? Ya, akhir-akhir ini pulau kecil di wilayah ujung timur yang berseberangan dengan Pulau Madura tersebut sangat sering dibicarakan oleh para pecinta travelling. Titik kecil di peta nusantara ini rupanya menyimpan keindahan yang sangat luar biasa menakjubkan. Tak ayal, banyak turis yang mulai berbondong-bondong untuk pergi ke pulau kecil tersebut demi menyaksikan sendiri keindahan pesona alamnya.

Gili Labak Madura, Surga Kecil di Seberang Pulau Garam
Gili Labak Madura, Surga Kecil di Seberang Pulau Garam

Akses menuju Gili Labak

Gili Labak masuk dalam wilayah Kabupaten Sumenep, Madura. Untuk menuju kesini, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dari Surabaya menuju Madura dengan pemberhentian di lokasi penyeberangan Kalianget, Sumenep.

Dari sini, Anda harus menyewa perahu motor dengan jumlah maksimal penumpang sebanyak 30 orang. Pada umumnya, tarif penyewaan perahu dipatok dengan harga mulai dari Rp. 400.000 hingga Rp. 500.000. Pastikan untuk melakukan tawar menawar dulu dengan pemilik perahu. Karena semakin Anda pandai menawar, maka harga sewa akan semakin murah.

Perjalanan dengan menggunakan perahu motor melalui lautan lepas ini memakan waktu selama kurang lebih 2 jam. Jika Anda menderita mabuk laut, jangan lupa untuk meminum obat anti mabuk sebelum menyebrang karena tentunya perahu yang dinaiki akan terombang-ambing oleh ombak samudera dan angin yang kencang.

Walaupun perjalanan menuju kesini memerlukan waktu yang cukup panjang, Anda bisa menikmati pemandangan lautan luas saat menyebranginya. Dijamin, Anda akan benar-benar terhipnotis oleh birunya laut yang sangat luas. Anda akan merasakan sensasi berada di tengah lautan layaknya nelayan. Kalau Anda cukup beruntung, Anda juga dapat menjumpai sekumpulan lumba-lumba yang sedang singgah dari benua Australia.

Pesona Gili Labak yang Memukau

Sesampainya di Gili Labak, Anda akan disambut dengan butiran pasir putih yang super halus dengan gradasi warna laut yang sangat cantik. Suasananya pun tidak terlalu ramai karena pulau ini hanya dihuni oleh kurang lebih 40 kepala keluarga saja, jadi Anda dapat bersantai sepuasnya.

Anda juga bisa mengitari pulau tersebut cukup dengan berjalan kaki. Luas pulau yang berkisar 5 hektar, dapat Anda jelajahi hanya dalam kurun waktu 30 menit saja. Di setiap sudut pulau juga terdapat berbagai spot menarik untuk berfoto dan bersantai.

Tak berhenti disitu saja, pesona alam Gili Labak juga menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat cantik. Anda bisa bersnorkeling atau free diving di beberapa titik. Koral yang masih alami dan ikan cantik berwarna-warni akan menyapa Anda disini. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dengan adanya beberapa penghuni laut lainnya seperti bulu babi, ikan pari, atau ubur-ubur.

Apabila Anda ingin fokus menikmati liburan dan tidak ingin repot mengurusi soal transportasi dan akomodasi untuk berkunjung ke Gili Labak, Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa travel agent yang kini telah banyak tersebar dimana-mana.

Harga yang ditawarkan juga tidak menguras kantong. Cukup membayar Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000, Anda sudah bisa menyaksikan pesona pulau sekaligus bermalam di Gili Labak Madura. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap, mulai dari transportasi, penginapan, makanan, pemandu, alat snorkeling, serta safety jacket.

Meskipun menyimpan pesona yang menawan, fasilitas di pulau Gili Labak belum cukup memadai. Sarana penginapan, kamar mandi, serta ruang ganti masih perlu banyak peningkatan. Namun, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi keindahan alamnya.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi surga kecil di seberang pulau garam ini? Segeralah masukkan Gili Labak Madura ke dalam daftar destinasi liburan Anda. Semoga ulasan tentang Gili Labak di Madura ini bisa bermanfaat sebagai referensi berwisata Anda nanti. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *