by

Ide Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa Semester Akhir

-Bisnis-109 views

Menjadi mahasiswa biasanya selalu disibukkan dengan tugas-tugas kuliah yang menuntut waktu dan tenaga ekstra. Namun, bagi mahasiswa yang mulai memasuki semester 6 ke atas, tugas kuliah akan semakin berkurang. Bahkan kadang mulai semester 7 mahasiswa hanya tinggal mengerjakan skripsi tanpa ada beban perkuliahan yang lain.

Ide Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa Semester Akhir
Ide Peluang Usaha Menguntungkan untuk Mahasiswa Semester Akhir

Ketika memasuki semester akhir, maka waktu yang dimiliki pun semakin banyak. Sebagian mahasiswa memilih untuk fokus mengerjakan skripsi, namun tidak ada salahnya bagi anda untuk lebih kreatif dan mencoba membuka usaha sampingan. Selain menguntungkan, tentunya menjalankan usaha sampingan juga dapat mengasah kemampuan dan kemandirian anda.

Fokus utama anda tetaplah lulus kuliah terlebih dahulu. Namun, semakin anda kreatif dan mandiri, maka ketika lulus kuliah anda akan lebih mudah menuju kesuksesan. Bagi mahasiswa semester akhir yang masih bingung harus mencoba peluang usaha di bidang apa, 5 contoh usaha berikut bisa anda pertimbangkan untuk di tekuni dan dicoba.

Ide Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Semester Akhir

  1. Usaha Sablon Kaos

Bagi anda yang memiliki bakat di bidang desain, usaha sablon kaos menjadi pilihan yang tepat. Pangsa pasar untuk sablon kaos cukup luas, mulai dari sesama mahasiswa, pelajar, karyawan, anak-anak, hingga kalangan umum pasti membutuhkannya.

Kunci dari usaha sablon kaos ini adalah kreativitas dalam menciptakan desain yang unik dan menarik. Kejadian unik atau trending topik yang saat ini tengah hangat diperbincangkan dapat menjadi sumber inspirasi anda untuk desain kaos. Jangan ragu untuk memasarkan produk anda melalui media online, karena dampaknya akan sangat besar. Selain mendesain sendiri tentunya anda juga harus menerima desain dari orang lain yang ingin menyablonkan desain untuk kaos mereka.

  1. Online Reseller atau Dropshipper

Bagi mahasiswa yang suka belanja online pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah reseller atau dropshipper. Daripada anda hanya menjadi konsumen sebuah toko online, kenapa anda tidak menawarkan diri untuk bergabung menjadi reseller atau dropshipper?

Anda dapat mempertimbangkan berdasarkan modal yang anda miliki. Jika anda punya cukup modal, maka anda dapat menjadi reseller dengan membeli dari toko online untuk anda jual kembali dengan harga berbeda. Namun, jika anda tidak memiliki cukup banyak modal, maka anda bisa menjadi dropshipper yang bertugas untuk memasarkan suatu produk dari toko online.

  1. Les Privat

Mahasiswa semester akhir tentunya memiliki kemampuan keilmuan yang sudah mumpuni. Jadi tidak ada salahnya anda menggunakan kemampuan yang anda peroleh di bangku kuliah untuk membuka jasa les privat. Saat ini sudah banyak mahasiswa semester akhir yang merangkap sebagai guru les privat. Tentunya anda harus memasang tarif yang lebih rendah daripada lembaga bimbingan belajar terkenal ya, namun tetap utamakan kualitas mengajarnya. Jika hasil les privat anda baik, maka akan banyak orang tua yang akan menitipkan anaknya untuk di les privatkan kepada anda.

  1. Penulis

Manfaatkan waktu luang anda di sela-sela kesibukan mengerjakan skripsi untuk menjadi penulis freelance. Kegiatan di bidang tulis menulis ini tentunya tidak jauh dari dunia anda sebagai mahasiswa. Jadi anda pasti akan mudah mengerjakannya. Banyak blogger atau situs-situs yang membutuhkan jasa tulisan anda. Anda hanya membutuhkan modal berupa laptop dan koneksi internet. Tawarkan dan beri contoh hasil tulisan anda melalui media sosial atau blog pribadi.

  1. Jasa Fotografi

Tidak sedikit mahasiswa di jaman sekarang yang menyukai hobi fotografi. Bahkan di beberapa kampus hobi ini sudah ditampung dalam suatu organisasi kemahasiswaan. Jika anda memiliki keahlian di bidang fotografi, maka anda tidak boleh menyia-nyiakan kemampuan anda ini, dan tentu saja harus terus dikembangkan.

Saat ini banyak orang yang suka mengabadikan momen-momen spesial mereka melalui foto. Anda dapat memanfaatkan tren ini untuk membuka jasa fotografi. Tawarkan harga yang lebih miring daripada vendor-vendor besar yang biasanya memasang tarif mahal. Anda juga dapat bekerja sama dengan teman kuliah yang memiliki kemampuan di bidang make up. Jadi jasa fotografi anda akan terlihat lebih profesional dan akan menarik banyak konsumen.

Itulah 5 contoh usaha yang dapat anda lakukan saat menjadi mahasiswa semester akhir. Semakin banyak pengalaman anda saat masih duduk di bangku kuliah, semakin mudah juga anda memperoleh kesuksesan di dunia kerja. Jadi, jangan ragu lagi untuk memulai usaha sejak masih muda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *