by

Iklan Matched Content Related Post Sempurna dari Google Adsense

Iklan Matched Content dari Google Adsense adalah sebuah iklan khusus dari Google Adsense yang fungsinya hampir mirip dengan related posts di blog. Iklan tipe ini berfungsi menampilkan artikel, halaman, maupun produk yang ada di situs maupun blog Anda. Sehingga dengan kata lain jika Anda memasang iklan Matched Content, maka secara tidak langsung akan dapat meningkatkan pageviews, lama kunjungan, dan sekaligus meningkatkan potensi earning blog Anda melalui sistem promosi konten yang dilakukan melalui iklan Matched Content ini.

Iklan Matched Content Related Post Sempurna dari Google Adsense
Iklan Matched Content Related Post Sempurna dari Google Adsense

Tidak semua situs memenuhi syarat untuk mendapatkan jenis iklan Matched Content dari Google Adsense. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum sebuah blog dapat dipasangi iklan Matched Content ini, walaupun detail persyaratan tersebut hanya tim Google Adsense sendiri yang tahu, namun dari pengalaman saya jumlah kunjungan (visitor) dan jumlah artikel nampaknya akan sangat menentukan. Saya tidak akan membahas masalah cara mendapatkan iklan Matched Content dari Google Adsense kali ini, mungkin di artikel atau postingan yang berikutnya akan saya tuliskan dengan lebih detail pembahasan tentang masalah tersebut.

Seperti yang telah saya bahas dalam judul, ada beberapa alasan yang membuat saya sangat menyukai iklan Matched Content sebagai pengganti related posts, karena fungsinya yang sangat mirip dengan related posts pada blog namun jauh lebih cerdas, itu menurut saya, bagaimana dengan Anda? Ya, iklan Matched Content bagi saya adalah pengganti Related Posts yang sempurna dari Google Adsense. Kenapa saya berpikir seperti itu? Apa alasannya? Berikut akan saya jelaskan.

  1. Iklan Matched Content Sangat Cerdas

Iklan tipe Matched Content ini akan menampilkan list/daftar halaman blog Anda menyesuaikan dengan topik halaman apa yang sedang pengunjung buka. Saat pengunjung membuka halaman dengan topik komputer maka iklan Matched Content akan menampilkan daftar halaman yang “berbau” komputer, begitu juga saat pengunjung membuka halaman dengan topik wisata, iklan Matched Content juga akan menyesuaikan dengan menampilkan daftar halaman yang “berbau” wisata. Namun tidak selalu seperti itu, inilah yang saya sebut cerdas. Iklan Matched Content kadang juga menampilkan halaman yang bukan “artikel” namun murni page/halaman, sehingga akan lebih banyak halaman yang di jelajahi dan dilihat oleh pengunjung. Saya rasa iklan Matched Content mampu menampilkan semua halaman blog yang telah terindeks di mesin pencari Google, entah itu halaman artikel, maupun halaman real yang bukan artikel, misalnya kontak, tentang Anda, profil dan sebagainya.

  1. Iklan Matched Content Sangat Responsive Jadi Anda Tidak Perlu Khawatir Dengan Tampilan Blog Anda

Jika Anda membuat related posts sendiri di blog dengan script atau kode yang bertebaran di internet, mungkin Anda akan menemui desain atau tampilan related posts tersebut kurang sesuai dengan ukuran template atau theme Anda. Tenang jangan khawatir, jika menggunakan iklan Matched Content sebagai related posts Anda tidak akan dipusingkan dengan masalah tampilan dan ukuran. Iklan Matched Content ini sangat responsive dan tidak akan mengganggu tampilan blog Anda. Justru dengan adanya iklan Matched Content ini blog Anda akan terlihat lebih kaya dan berwarna. Selain itu iklan Matched Content juga akan dengan cerdas merubah ukuran iklan sesuai ukuran layar device yang digunakan oleh pengunjung, jadi Anda tidak perlu khawatir iklan Matched Content akan merusak tampilan dari blog Anda.

  1. Iklan Matched Content Lebih Ringan daripada Membuat Related Posts Sendiri

Karena kode iklan Matched Content dibuat oleh Developer seperti Google, saya akan percaya bahwa kode iklan tersebut tidak akan membuat blog Anda berat diakses. Selain menggunakan script Asynchronous (hanya akan di muat/eksekusi saat dibutuhkan), script buatan Google akan jauh lebih efisien daripada kita membuat script related posts sendiri, apalagi jika Anda orang awam yang tidak mengerti bahasa pemrograman web, akan lebih baik jika blog/situs Anda memenuhi syarat untuk memasang iklan Matched Content, Anda dapat memasangnya sebagai pengganti related posts di blog jika memang diperlukan. Tidak perlu khawatir akan membebani loading blog Anda nantinya.

  1. Membuat Potensi Earning Google Adsense Lebih Meningkat

Meskipun fungsi utama dari iklan Matched Content adalah untuk menampilkan halaman blog dan meningkatkan pageviews dari blog Anda, saya yakin jika iklan Matched Content ini juga mampu menaikkan Earning/Penghasilan Google Adsense Anda. Lalu apa alasannya? Pertama, jika pageviews blog Anda meningkat maka potensi untuk memperoleh penghasilan lebih besar juga akan meningkat, selain mungkin akan meningkatkan impresi dan jumlah klik, banyaknya pageviews juga akan ekuivalen/berbanding lurus dengan penghasilan yang Anda dapatkan. Selain itu yang namanya iklan Matched Content tetap saja adalah iklan dan pada akhirnya juga akan tetap menayangkan iklan dari Advertiser, menurut keterangan di situs Google, akan ada beberapa iklan yang disisipkan di daftar/list halaman yang ditampilkan pada iklan Matched Content ini. Sebagai tambahan saya sudah pernah melihat iklan Matched Content yang menampilkan iklan+halaman blog disaat bersamaan dan jadi satu. Sehingga potensi pendapatan/earning Anda dari Google Adsense kemungkinan juga akan bisa meningkat. Tentunya dengan related posts biasa tidak akan ada fitur seperti ini.

Itulah mengapa alasan saya menyebut Iklan Matched Content dari Google Adsense sebagai related posts di blog yang menurut saya komplit dan sempurna. Akan tetapi kembali ke diri Anda masing-masing sebagai Blogger, ingin memasang iklan tipe Matched Content ini atau tidak. Mungkin ada pengalaman lain dari Anda setelah menggunakan iklan Matched Content dari Google Adsense ini efeknya seperti apa untuk blog? Anda dapat mendiskusikannya melalui form komentar yang disediakan di situs ini, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

    1. Pada saat buat unit iklan, pilih tipe yang Matched Content, tapi tidak semua web/domain mendapatkannya, mas bisa cek di dropdown/listnya webnya mendapatkan Matched Content atau tidak.

  1. wahh ane pengen,tapi ini blog ane aja masih ditolak,, gaar2 homepage belum di index,, kira2 knp yah homepage blog ane blum di index? baru 2 minggu kuranganlah baru pasang domain TLD (.com) .. ataukah ane tunggu index dlu semuanya yah?