by

Iklhas Mudah Diucap Sulit Dilakukan

Ikhas… sebuah kata yang sangat singkat, sederhana dan mudah sekali diucapkan, namun untuk menerapkannya dalam kehidupan kita rasanya mungkin bagi sebagian orang akan sangat sulit sekali. Benarkah demikian? Ya, menurut saya iklhas dan sabar mempunyai tingkatan yang hampir sama, yaitu sama-sama harus bisa menahan untuk tidak mengeluarkan rasa yang kita tidak kehendaki.

Iklhas dan Sabar
Iklhas dan Sabar

Iklhas sendiri mungkin akan baru dirasakan orang-orang yang sudah tumbuh mulai dewasa, apalagi bagi mereka yang sudah bekerja, maka akan sering sekali diuji keiklhasan kita. Misalkan saya contohkan saja, anda bekerja disebuah instansi sebagai bawahan, pekerjaan anda sangat banyak, instansi tersebut sangat memiliki ketergantungan kepada anda, disaat instansi tersebut mencapai kejayaannya, anda sebagai bawahan tidak akan terlihat, akan tetapi ketika anda sebagai bawahan melakukan sebuah kesalahan kecil dengan pekerjaan anda, maka dimarahi habis-habisan oleh pimpinan mungkin sudah menjadi hal biasa. Saya sendiri biasa menyebut pekerjaan seperti itu sebagai “bekerja dibalik bayangan”, tidak nampak namun sangat besar sekali perannya.

Setiap orang yang memiliki jiwa keiklhasan yang sangat tinggi, biasanya juga mempunyai kesabaran yang sangat tinggi pula. Hal ini secara otomatis terjadi karena orang yang iklhas biasanya harus bersabar. Bagi sebagian orang yang tidak suka bersabar biasanya suka marah-marah jika tidak menyukai sesuatu. Memang tidak ada orang yang sama di dunia ini, dan anda termasuk yang mana?

Daritadi kita membahas iklhas dan sabar, lalu sebenarnya untuk tujuan apa artikel ini? Hehe, artikel ini sebenarnya saya buat untuk tujuan banyak mengingatkan kepada orang lain bahwa ketika anda berada “diatas/dibawah” (dalam kehidupan), jagalah dengan baik hubungan sosial anda dengan sesama, karena mungkin orang yang sedang bersama anda saat itu sedang menjalani proses keiklhasan/kesabaran tersebut. Maka, jika anda tidak menjaganya dengan baik, bisa saja suatu saat orang tersebut sudah tidak mampu lagi menahan kesabaran dan keiklhasannya, sehingga akan melampiaskannya kepada anda.

Orang yang penyabar/iklhas biasanya akan sangat menakutan jika marah, karena manusia tetaplah manusia, jika sudah keterlaluan maka batas keiklhasan dan kesabaran akan pecah. Jadi pesan saya dalam artikel yang sangat tidak jelas ini, mempunyai pesan yang akan saya garis bawahi “jagalah dengan baik hubungan anda dengan sesama”.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *