by

Inilah 13 Tempat Wisata Terpopuler Serta Terfavorit di Kota Malang dan Sekitarnya

Kota Malang bisa di bilang merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur. Di kota yang identik sebagai kota pelajar ini, menyimpan berbagai macam daya tarik yang sangat memukau. Bukan hanya karena banyaknya kampus di kota ini, namun juga pesona wisatanya, sehingga tidak heran di kota ini tak pernah sepi dari wisatawan. Baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara dari berbagai penjuru dunia.

Inilah 13 Tempat Wisata Terpopuler Serta Terfavorit di Kota Malang dan Sekitarnya
Inilah 13 Tempat Wisata Terpopuler Serta Terfavorit di Kota Malang dan Sekitarnya

Potensi wisata di Kota Malang memang lumayan banyak dan menarik untuk dieksplor. Karena terletak di daerah pegunungan tak heran jika Malang memiliki berbagai wisata alam yang mempesona. Nah, buat Anda yang ingin berlibur di kota Malang, berikut ini kami referensikan berbagai tempat wisata menarik yang sebaiknya jangan Anda lewatkan begitu saja jika berkunjung di kota ini. Penasaran tempat wisata apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

13 Tempat Wisata Terpopuler Serta Terfavorit di Kota Malang dan Sekitarnya

  1. Wisata Pulau Sempu

Pulau Sempu merupakan destinasi wisata alam yang dikelola oleh pemerintah kota Malang. Pulau Sempu ini berjarak sekitar 75 km dari pusat kota, dan memiliki keindahan yang luar biasa memukau, sehingga tak heran jika pulau ini biasa disebut sebagai surga dunia bagi para wisatawan.

Di tengah Pulau Sempu ada Danau Sagara Anak yang luasnya sektar 4 hektar. Dan inilah yang menjadikan Pulau Sempu terlihat lebih indah. Akses jalan untuk bisa sampai di Pulau Sempu, para wisatawan harus naik perahu motor dari Pantai Sendang Biru. Setelah itu, para pengunjung harus trekking melewati hutan konservasi. Oya, perlu Anda ketahui jika Pulau Sempu ini memang tidak berpenghuni, jadi bagi wisatawan yang ingin menginap harus mendirikan tenda dan berkemah di sana. Jadi, jika ingin menginap, jangan lupa bawa peralatannya.

  1. Air Terjun Sumber Pitu

Seperti namanya, di lokasi wisata ini ada tujuh air terjun yang luar biasa keindahannya. Air Terjun Sumber Pitu terletak di Desa Duwet Krajan, Tumpang, Malang. Selain menikmati pesona alamnya, banyak orang yang percaya akan daya magis dari air terjun ini dan tak sedikit orang yang datang, untuk melakukan ritual di sekitar Air Terjun Sumber Pitu. Karena orang-orang menganggap bahwa air yang turun dari Air Terjun Sumber pitu adalah air suci.

  1. Pantai Batu Bengkung

Pantai ini terletak di Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai Batu Bengkung merupakan pantai yang paling digemari oleh anak-anak muda karena fasilitas yang ditawarkan di pantai ini sangat menarik. Dan pantai ini juga merupakan destinasi menarik yang kami rekomendasikan untuk menikmati pesona sunset yang sangat memukau. Untuk harga tiketnya masih sangat terjangkau dan terbilang murah yaitu Rp.5.000,- bagi setiap pengunjung dan Rp.5.000,- untuk parkir sepeda motor.

  1. Rafting Wringinanom

Wisata ini terletak di lereng gunung Semeru. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk ikut rafting. Cukup membayar Rp.15 ribu saja, Anda sudah bisa rafting. Selain rafting, di tempat ini juga menyediakan camping ground dan tracking motor trail. Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke gunung semeru, jangan lupa untuk mampir ke sana.

  1. Wisata Banyu Anjlok

Banyu Anjlok merupakan wisata air terjun yang menghadap langsung ke pantai Lenggoksono. Wisata Banyu Anjlok berada di Desa Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Namun, untuk menikmati wisata Banyu Anjlok ini, Anda harus berjalan sekitar 30 menit dan membayar tiket masuk hanya Rp.5000 saja.

  1. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot banyak dikunjungi oleh para turis yang juga sedang berkunjung ke Desa Puriharjo. Pantai Sipelot ini masih sangat terjaga kealamiannya karena masih jarang dijamah oleh orang/masyarakat, namun pantai ini sangat populer dan menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana alam pantai yang begitu asri dan tentunya masih alami.

  1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan pantai yang tidak pernah sepi oleh pengunjung dari sejak zaman dahulu sampai sekarang. Banyak pengunjung yang menyamakan keindahan pantai ini seperti Tanah Lot di Bali, karena memang pemandangannya begitu mirip, juga sama-sama memiliki keunikan sebuah pura yang terletak di tengah pantai. Pantai ini terletak di sebelah selatan Kota Malang dan menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

  1. Inggil Museum Resto

Inggil Museum Resto merupakan wisata museum dengan konsep yang unik dan berbeda. Di dalam museum ini terdapat restoran dan bercampur dengan benda-benda yang antik seperti radio kuno, uang kuno dan benda-benda peninggalan pada masa penjajahan Belanda. Beberapa makanan yang disajikan di restoran yang berada di dalam Inggil Museum Resto yaitu nasi jagung, pecel terong, rawon buntut dan aneka makanan khas Jawa Timur lainnya.

  1. Air Terjun Coban Pelangi

Untuk menikmati pelangi, Anda tidak harus menunggu setelah hujan. Di Coban Pelangi, Anda bisa melihat pelangi sepuasnya. Air Terjun Coban Pelangi terletak di Kecamatan Tumpang, yaitu sekitar 132 km dari pusat Kota Malang. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Anda harus melewati hutan pinus terlebih dahulu, dan juga bukit serta menyeberangi sungai. Dan tentunya perjalanan tersebut terasa sangat mengasyikkan, karena di kelilingi dengan pemandangan alami serta udara yang begitu menyehatkan dan segar.

  1. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung berjarak sekitar 57 km ke arah selatan dari Kota Malang. Pantai ini menyuguhkan pemandangan begitu unik, yang jarang bisa Anda temui di pantai lainnya. Tiket masuk ke pantai ini yaitu Rp. 10.000,- per orang (Sekitar tahun 2016). Pantai ini terletak di Gajahrejo, Gedangan, Malang.

  1. Museum Angkut

Museum Angukut merupakan museum edukasi mengenai sejarah serta perkembangan transportasi di dunia dengan cara yang seru dan menyenangkan. Di museum ini, banyak koleksi transportasi mulai dari sepeda ontel sampai mobil balap F1. Di Museum Angkut, ada 10 zona yang bisa Anda jelajah. Dan setiap zona dibuat semirip mungkin dengan yang aslinya. Walaupun letak museum ini berada di derah Batu, tetapi lokasinya hanya sekitar 30 menit dari kota Malang. Jadi, buat Anda yang berlibur ke Malang sangat sayang bila melewatkannya.

  1. Wendit Water Park

Wendit Water Park merupakan wisata yang terletak di Kecamatan Pakis. Di lokasi wisata ini, ada dua tempat pemandian yaitu telaga alami yang dalamnya mencapai 2 meter dengan suhu air 18-25 derajat Celcius, lalu ada juga kolam renang buatan. Di sekitar lokasi wisata ini juga terdapat danau buatan yang bisa Anda kelilingi menggunakan sepeda air dan perahu. Dan masih banyak wahana lainnya yang tak kalah seru seperti flying fox dan worm coaster.

  1. Wisata Paralayang

Keindahan yang didapatkan dari wisata paralayang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Anda akan disuguhkan pemandangan kota Malang dan kota Batu dari atas yang sangat indah. Wisata Paralayang ini juga berada di kota Batu. Dan dari kota Malang hanya 30-45 menit perjalanan, jadi wisata ini juga wajib Anda kunjungi, terlebih buat Anda yang suka olahraga ekstrem.

  1. Wisata Kuliner Oen

Nah jika di atas kita membahas wisata alam dan lainnya, yang menyejukkan mata, maka kali ini giliran wisata kulinernya. Ya, namanya toko Oen. Nama yang terbilang unik buat yang baru mendengarnya. Toko ini merupakan toko legendaris yang bergaya Belanda dan telah berdiri sejak masa penjajahan dulu. Di tempat ini Anda bisa sepuasnya menikmati aneka eskrim tempo dulu yang diproduksi sendiri dengan cara manual. Oya, jika mau mampir toko Oen ini terletak di Jl. Basuki Rahmat No 5 Kota Malang.

Nah, itulah di atas 13 destinasi wisata terpopuler dan terfavorit di Kota Malang dan sekitarnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda saat berlibur ke kota Malang. Sebagai bonus tambahan, saya berikan kepada Anda video tentang Sumber 7 yang terletak di Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *