by

Inilah 5 Cara Sukses Berbisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah

-Bisnis-132 views

Menjadi ibu rumah tangga yang mencurahkan waktu sepenuhnya di rumah untuk mengurus suami dan anak adalah tugas yang mulia. Tak jarang pula, demi totalitas mengurus suami dan buah hati mereka, seorang istri rela meninggalkan karir dan pekerjaan yang bahkan mereka cita-citakan sejak lama.

5 Cara Sukses Berbisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah
5 Cara Sukses Berbisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah

Namun, banyak pula ibu rumah tangga yang cukup cerdas membagi waktu dan kesempatan untuk memulai membuka bisnis di rumah. Sehingga, waktu mereka pun jadi lebih berkualitas tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai istri dan seorang ibu yang baik.

Membuka bisnis sendiri di rumah memang terdengar cukup menyenangkan. Selain itu untuk membuka bisnis sendiri bukanlah hal yang sulit, namun yang sulit adalah bagaimana agar bisa sukses menjalankan bisnis tersebut, atau paling tidak bisnis yang dijalankan dapat berjalan lancar sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga dirumah. Karena seperti yang kita tahu, secara bersamaan seorang ibu rumah tangga juga mempunyai tanggung jawab dan kewajiban dalam merawat anak maupun suaminya.

Nah, untuk itu bagi Anda para ibu rumah tangga, tak ada salahnya jika menyimak dan menerapkan beberapa tips berikut ini, agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis, sekaligus tidak melupakan tanggung jawab sebagai seorang istri dan sebagai seorang ibu yang baik.

5 Cara Sukses Berbisnis Bagi Ibu Rumah Tangga di Rumah

  1. Pintar Membagi Waktu

Tantangan terbesar yang akan Anda hadapi ketika membuka bisnis di rumah adalah masalah pembagian waktu.  Untuk mewujudkan mimpi Anda sebagai seorang mompreneur yang sukses, tentunya Anda harus bisa membagi waktu dengan cermat dan tepat. Anda harus bisa menyediakan waktu khusus untuk menjalankan dan mengelola bisnis Anda tanpa harus mengganggu kewajiban Anda sebagai ibu rumah tangga. Dalam hal ini Anda dituntut untuk menjadi seorang profesional yang harus mampu membagi waktu antara keluarga dan bisnis.

Trik khusus yang harus Anda lakukan adalah penerapan jam kerja. Walaupun Anda bekerja dari rumah, namun tetap terapkan jam kerja agara prioritas utama Anda yakni keluarga tidak terganggu. Anda dapat menerapkan jam kerja mengikuti pola kegiatan keluarga Anda sehari-hari.

Misalnya jam kerja Anda dimulai jam 8 pagi setelah suami berangkat bekerja, sampai atau hingga siang hari sekitar jam 1 siang ketika suami Anda sudah atau hampir pulang. Anda kemudian dapat bekerja kembali pada sore hingga malam hari ketika suami Anda sudah ada di rumah, sehingga ada pihak yang membantu Anda mengurus buah hati. Mengatur jam kerja tidak berarti mengurangi jam Anda bersama keluarga. Jangan sampai niat Anda untuk berbisnis dari rumah justru menimbulkan pertengkaran. Anda tetap dapat memprioritaskan keluarga Anda misalnya dengan komitmen libur di akhir pekan.

  1. Konsekuensi dan Disiplin

Seorang wanita memang terbiasa untuk memikirkan banyak hal dalam satu waktu. Mereka juga terbiasa berencana untuk dapat melakukan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan. Namun, bisnis di rumah tidak bisa diterapkan seperti memasak sambil mencuci atau menyapu.

Ketika Anda mengurus bisnis, Anda hanya mampu fokus pada urusan tersebut. Hal inilah yang kemudian kadang menjadi sumber ketidakharmonisan dalam rumah tangga Anda. Jangan sampai Anda menomor-duakan keluarga.

Pertimbangkanlah konsekuensi ini. Anda harus terbiasa disiplin waktu. Komunikasi dalam keluarga juga harus tetap berjalan. Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk seolah-olah terlibat dalam kegiatan Anda, agar ia bisa menyesuaikan diri dengan bisnis Anda. Namun, tetap tunjukkan pada keluarga bahwa merekalah yang terpenting.

  1. Manajemen Keuangan

Mendapatkan penghasilan sendiri dari bisnis Anda tentunya sangat menyenangkan. Namun, jangan terburu-buru ingin membeli ini itu dengan uang tersebut. Keuntungan yang Anda peroleh dari bisnis Anda di rumah harus Anda kelola dengan baik. Semakin besar keuntungan, maka Anda harus semakin cerdas mengelola keuangan.

Manajemen keuangan yang baik adalah dengan cara tidak mencampurkan antara keuangan rumah tangga dan keuangan untuk berbisnis, termasuk keuntungannya. Hal ini adalah kunci untuk melihat perkembangan bisnis Anda. Setelah bisnis Anda sukses dan mampu menghasilkan banyak keuntungan, cobalah untuk berinvestasi atau menambah tenaga kerja.

  1. Pilih Bisnis yang Sesuai dengan Minat dan Bakat

Anda punya bakat yang hebat dalam memasak? Maka cobalah bisnis kuliner di rumah. Hal ini berlaku pula jika Anda memiliki bakat-bakat lain. Namun, konsistenlah dulu dengan satu bidang yang paling Anda kuasai dan minati.

Jangan sekali-kali Anda melakukan bisnis yang tidak Anda minati hanya karena ingin meniru orang lain. Jangan pula mencoba membuka bisnis dengan berbagai bidang. Walaupun kelihatannya menjanjikan keuntungan yang banyak, namun hal ini justru akan merusak jadwal Anda dengan keluarga.

  1. Semangat Menekuni Bisnis

Bisnis dari rumah bagi ibu rumah tangga juga sama halnya dengan bisnis lain. Tidak ada yang instan dalam bisnis Anda. Keuntungan yang besar dan kesuksesan tidak akan datang hanya dalam satu malam. Maka Anda harus tetap semangat dalam menekuni bisnis Anda.

Kadang tantangan seperti anak yang semakin besar, atau Anda punya momongan lagi, dan semakin banyaknya permintaan orderan membuat Anda bosan dan jenuh. Namun, jika Anda tetap konsisten menjalankan bisnis yang Anda sukai, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mempertahankan bisnis rumahan Anda.

Itulah berbagai tips tentang 5 Cara sukses berbisnis bagi ibu rumah tangga di rumah. Semoga dapat membantu atau memberi inspirasi Anda yang tengah bimbang dalam merancang usaha rumahan. Semoga sukses.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *