by

Inilah 5 Keuntungan Bisnis Properti yang Harus Anda Tahu

-Bisnis-99 views

Usaha di bidang properti adalah usaha yang mencakup pemasaran, penjualan, penyewaan, dan investasi di suatu aset properti. Contoh yang masuk dalam aset properti adalah rumah, tanah, gedung, bangunan, rumah kontrakan, kost, dan berbagai bangunan lain yang dikomersialkan.

5 Keuntungan Bisnis Properti yang Harus Anda Tahu
5 Keuntungan Bisnis Properti yang Harus Anda Tahu

Sebagian orang menilai bisnis properti ini hanya dapat dilakukan oleh kalangan atas yang memiliki banyak modal. Namun, jangan salah sangka dulu, Anda pun dapat berinvestasi di bidang properti mulai dari sekarang walau dengan modal minim sekalipun.

Anda yang memiliki penghasilan lebih dapat menginvestasikannya di bidang properti. Anda dapat mulai berinvestasi misalnya membeli perumahan walaupun dengan sistem kredit. Daripada Anda berinvestasi di bidang gadget dan otomotif yang setiap tahun mengalami penurunan harga, investasi di bidang properti justru menjanjikan kenaikan di tiap tahunnya.

Bagi Anda yang masih ragu untuk terjun ke bisnis properti, Anda dapat menyimak ulasan berikut untuk megubah mindset Anda tentang bisnis ini.

Inilah Keuntungan Bisnis Properti Yang Harus Anda Tahu 

  1. Nilai yang Terus Naik

Jumlah manusia di bumi ini terus bertambah, tapi luas tanah tidak bertambah. Hal inilah yang menjadikan tanah semakin langka dan nilainya terus bertambah tiap tahun. Prinsip kelangkaan inilah yang harus Anda pertimbangkan untuk terjun dalam bisnis properti.

Harga properti di tempat-tempat strategis juga akan terus meningkat setiap tahunnya. Bagi Anda yang tidak memiliki modal, Anda juga bisa menjadi makelar properti yang menghubungkan antara pemilik dan penyewa properti.

  1. Dapat Dijadikan Jaminan Modal

Memiliki tanah dan bangunan menjadi keuntungan tersendiri ketika Anda akan membuka sebuah usaha dan membutuhkan modal pinjaman dari bank.

Anda tentu tahu bahwa untuk meminjam modal ke bank manapun harus dengan jaminan. Beruntunglah Anda yang memiliki aset properti, karena aset ini akan dengan mudah disetujui oleh bank sebagai jaminan.

  1. Penghasilan Rutin

Anda yang memiliki rumah untuk dikontrakkan atau dijadikan rumah kost tentunya akan mendapatkan penghasilan bulanan/tahunan yang tetap. Bahkan harga sewa kost dan kontrakan cenderung naik tiap tahun. Berarti penghasilan Anda juga akan naik terus tiap tahunnya.

Bagi Anda yang memiliki aset properti di daerah dekat kampus atau dekat perkantoran, Anda dapat mengontrakkan atau mengubahnya menjadi rumah kost dengan jaminan penghasilan bulanan yang menguntungkan.

  1. Aset Properti Cepat Berkembang

Anda yang memiliki rumah kontrakan atau rumah kost akan dengan mudah dapat memperluas bisnis properti Anda. Misalnya Anda saat ini memiliki usaha rumah kost dengan 10 kamar dengan biaya sewa 500 ribu rupiah perbulan. Maka setiap bulan Anda akan mendapatkan penghasilan 5 juta perbulan.

Jika Anda dapat mengelola keuangan dengan baik, maka setelah uang sewa tersebut terkumpul, Anda dapat memperluas usaha dengan menambah jumlah kamar kost atau membangun rumah kost baru.

  1. Bebas Menjalankannya

Bisnis properti tidak mengharuskan Anda mengelolanya setiap hari di kantor. Namun, Anda dapat mengelolanya dari rumah dengan santai. Aset properti juga dapat disebut sebagai automatic passive income. Yaitu sumber penghasilan yang akan muncul dengan sendirinya tanpa Anda harus bekerja.

Bayangkan, jika Anda memiliki aset properti yang disewakan, misalnya ruko. Anda tidak perlu bekerja atau membuka usaha di ruko tersebut. Namun, Anda dapat menyewakan ruko dan mendapat penghasilan dari uang sewa yang dibayarkan penyewa ruko pertahunnya.

Itulah 5 keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika terjun ke bisnis properti. Selain 5 keuntungan tersebut, tentunya juga masih ada keuntungan lain yang dapat Anda peroleh dari bisnis properti ini. Jadi masih menunggu apalagi untuk terjun ke bisnis properti yang sangat menguntungkan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *