by

Inilah Tipe-tipe Pembeli dan Tips Cerdas Menghadapinya

Istilah pelanggan adalah raja seakan-akan sudah menjadi “budaya personal” para pebisnis maupun pembeli dalam setiap kegiatan jual beli. Pelayanan yang maksimal dari penjual tentu akan memberikan kenyamanan bagi setiap pembeli. Namun, belum tentu juga pelayanan maksimal bisa menghasilkan penjualan yang maksimal pula. Terdapat beberapa karakter pembeli atau pelanggan beserta keunikan mereka yang harus diketahui oleh setiap pebisnis. Apa saja tipe dan contoh karakter pembeli itu? Lalu bagaimanakah cara pelayanan yang optimal untuk mereka? Berikut adalah 6 tipe pembeli dan tips untuk melayani mereka.

Inilah Tipe-tipe Pembeli dan Tips Cerdas Menghadapinya
Inilah Tipe-tipe Pembeli dan Tips Cerdas Menghadapinya

Tipe-tipe Pembeli dan Tips Cerdas Menghadapinya

  1. Tipe Hemat

Setiap orang pastinya memiliki budget sendiri sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Tipe ini adalah pembeli yang akan selalu menghitung setiap pengeluaran saat mereka berbelanja. Sebagai tipe pembeli yang hemat, mereka tergolong pembeli yang menginginkan produk harga rendah, namun kualitas tinggi. Hm… repot juga ya? Namun Anda tidak akan merasa direpotkan jika menyiapkan data dan perhitungan setiap produk secara lengkap. Anda juga harus menyampaikan setiap fungsi dan manfaat setiap produk kepada konsumen. Hal tersebut setidaknya akan membantu mereka untuk menentukan mengeluarkan budget sebelum membeli. Dan ini adalah cara yang efektif untuk menghadapi pembeli yang bertipe hemat.

  1. Tipe Pendiam

Tipe ini harus mendapatkan pancingan terlebih dahulu dari lawan bicaranya untuk berbicara. Anda harus bekerja ekstra untuk mengulik apa yang dibutuhkan oleh pembeli tipe ini. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan mental lebih untuk lebih banyak berbicara daripada mendengar. Selain itu, mulailah untuk membicarakan hal-hal yang ringan dan tidak perlu membicarakan hal-hal yang berat dengannya, terutama untuk urusan penjualan. Mungkin Anda bisa memulainya dengan membicarakan hobi dan apa yang disukainya. Lalu setelah pembicaraan dirasa sudah mengalir baru Anda bisa memulai untuk membicarakan apa yang sedang dicari dan dibutuhkan pembeli tersebut.

  1. Tipe Cerewet

Berikutnya adalah pembeli dengan tipe cerewet. Tanpa memancingnya, tipe pembeli seperti ini akan sangat aktif berbicara. Untuk mengatasinya, Anda harus mencoba untuk menjadi pendengar yang baik. Ikuti saja pembicaraan pembeli tipe ini terlebih dahulu, setelah Anda rasa cukup, belokkan alur pembicaraan sesuai keinginan Anda. Seperti “Jadi mau beli yang mana?”. Keuntungan tersendiri dari tipe pembeli ini, mereka bisa juga bisa menjadi ‘aset’ berharga untuk memperluas pemasaran bagi bisnis Anda jika pelayanan Anda memuaskan bagi mereka.

  1. Tipe Pembanding

Hati-hati, tipe ini adalah konsumen yang paham dan menguasai produk yang Anda tawarkan. Selain itu, mereka akan selalu membandingkan produkmu dengan produk kompetitor. Jangan sampai Anda terjebak ke dalam jebakan perbandingannya. Maka dari itu jika berbicara tentang produknya, Anda harus benar-benar menguasai produk Anda dan produk kompetitor semaksimal mungkin. Hindari pembahasan membandingkan produk tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan.

  1. Tipe Sombong

Dalam dunia bisnis, tipe pembeli ini adalah pembeli yang terlalu bangga dengan dirinya sendiri, dan banyak membicarakan atau memamerkan kemampuan dan apa yang mereka miliki. Namun jangan risau, tipe pembeli seperti ini adalah konsumen yang paling mudah untuk dipengaruhi. Hal pertama yang harus Anda lakukan saat menghadapi mereka adalah biarkan mereka bicara sesuka hatinya. Jika Anda sudah menguasai pembicaraan, Anda tak akan kesusahan untuk meyakinkan mereka untuk membeli.

  1. Tipe Arogan

Perbedaan tipe ini dengan sombong adalah, tipe pembeli ini sulit untuk menerima pendapat orang lain dan selalu menganggap pendapatnya yang paling benar. Untuk menghadapi mereka, Anda harus ekstra sabar dan tidak boleh tersinggung dengan semua yang mereka ucapkan. Pujilah sedikit saat berhadapan dengan mereka, tipe seperti ini biasanya sangat senang untuk dipuji.

Nah… itulah tipe dan tips konsumen yang harus Anda pelajari. Jika Anda ingin menjadi penjual produk secara offline, sudah siapkah untuk menghadapi salah satu dari mereka? Jika belum, ada baiknya anda mulai sedikit belajar tentang hal tersebut. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *