by

Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Peluang Kerja Masa Depan

Kuliah bagi sebagian orang terutama yang lahir di lingkungan pendidikan memang sangat menjadi prioritas dan kebutuhan, tidak heran ketika anak/remaja masih duduk di bangku SMA/SMK/MA sudah mempunyai rencana jauh-jauh hari ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Peluang Kerja Masa Depan
Jurusan Kuliah yang Bagus untuk Peluang Kerja Masa Depan

Namun seringkali mereka banyak yang masih bingung ingin kuliah dimana dan yang paling penting ingin mengambil jurusan apa?

Banyak remaja yang telah lulus sekolah tingkat atas seringkali merasa bingung dan hanya ikut-ikutan teman dalam memilih jurusan di Perguruan Tinggi. Banyak juga yang mengambil jurusan karena kehendak orang tua, akan tetapi selain minat dan bakat ada hal penting lain yang harus diperhatikan saat akan memilih jurusan di sebuah Perguruan Tinggi, yaitu “Prospek/Peluang Kerja” di masa depan.

Untuk itulah berikut kami rangkum jurusan-jurusan di Perguruan Tinggi yang mempunyai prospek atau peluang bagus jika memang anda mempunyai minat dan bakat di jurusan ini.

  1. Teknik Informatika (TI)

Tidak terelakkan lagi jika jurusan Teknik Informatika masih menjadi jurusan favorit kalangan remaja di tanah air. Selain berhubungan dengan perkembangan teknologi yang tentu saja menarik dan mengasyikkan, prospek dan peluang kerja bagi mahasiswa Teknik Informatika juga luas dan banyak. Mulai dari perusahaan, instansi, pabrik atau bahkan usaha mikro kecil menengah banyak yang membutuhkan lulusan Teknik Informatika.

Selain menjadi pekerja, jika anda mengambil jurusan Teknik Informatika, saat lulus anda juga memiliki peluang untuk membuka usaha sendiri (wirausahawan), bekerja secara bebas (freelance) atau bahkan membangun startup hingga menjadi besar. Tahukah anda orang-orang seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Larry Page, & Sergey Brin adalah orang-orang kaya yang berkecimpung dalam dunia teknologi dan informasi. Jika anda mengambil jurusan Teknik Informatika tentunya anda juga bisa menjadi seperti mereka suatu saat nanti.

  1. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) memang erat kaitannya dengan multimedia terutama video. Kenapa jurusan ini memiliki prospek yang cerah? Karena di era yang semakin maju seperti sekarang ini, orang cenderung lebih tertarik dengan video daripada tulisan, apalagi hampir semuanya sekarang serba digital. Semua informasi di dunia digital berkembang begitu cepat dan masif, sehingga jika anda mempunyai bakat dan karya yang bisa dituangkan dalam bentuk video tentunya akan banyak sekali individu/perusahaan yang berminat untuk mempekerjakan dan menyewa jasa anda.

Selain bisa bekerja di perusahaan, anda juga bisa bekerja secara freelance (bebas) di dunia maya. Banyak situs-situs yang menyediakan para expert (ahli) seperti ini untuk menjual keahliannya di internet. Namun jangan di kira gaji orang yang bekerja freelance (bebas) di dunia maya kalah dengan gaji orang kantoran, stigma seperti ini sudah tidak cocok di jaman millenium seperti sekarang. Banyak para freelancer professional yang gajinya sudah jauh melebihi UMR (Upah Minimum Retribusi) gaji orang-orang di kantor maupun instansi (terutama di Indonesia), namun tentunya anda memang harus menjadi ahli yang professional di bidang tertentu untuk dapat mencapai tingkatan tersebut jika ingin bekerja secara freelance.

  1. Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Mungkin anda masih asing dengan jurusan yang satu ini? Ya, jurusan Hubungan Internasional memang tidak terdapat di semua kampus di Indonesia. Kampus seperti Universitas Indonesia setahu kami memiliki jurusan ini. Jurusan Hubungan Internasional memiliki prospek yang sangat cerah terutama bagi anda yang suka berbicara, berpergian keliling dunia dan menguasai bahasa asing.

Dengan persaingan yang tidak sebanyak jika anda misalnya memilih jurusan Teknik Informatika, jurusan Hubungan Internasional benar-benar akan memberikan kesempatan lebih besar kepada anda yang suka bepergian keluar negeri dan mengunjungi negara lain. Tapi tentu saja untuk mendapatkan pekerjaan yang relevan seperti ini, paling tidak anda harus menguasai bahasa asing tertentu dan membuat koneksi dengan kedutaan besar Republik Indonesia di negara lain maupun dengan pihak kementerian terkait.

  1. Jurusan Otomotif

Di jaman yang serba cepat tentu saja semakin jauh kedepan manusia akan membutuhkan inovasi dari dunia otomotif. Sebut saja seperti mobil listrik ramah lingkungan, sepeda motor listrik dan alat transportasi lain yang menggunakan bahan bakar non terbarukan akan mulai di alihkan ke bahan bakar terbarukan. Tentu ini peluang yang bagus jika anda mempunyai passion di bidang otomotif dan memilih jurusan otomotif ini di Perguruan Tinggi.

Walaupun anda nantinya tidak menemukan inovasi dalam hal RnD (Research and Development) di dunia otomotif khususnya untuk bahan bakar terbarukan yang ramah lingkungan, tetapi tetap saja peluang untuk membuka bengkel, bekerja di perusahaan otomotif, atau membuka otomotif custom sendiri sangat terbuka lebar untuk anda. Ini dikarenakan masih banyaknya para pengguna kendaraan baik itu mobil atau motor yang menggunakan bahan bakar BBM bahkan mungkin hingga 50 tahun ke depan.

  1. Jurusan Sastra Inggris

Belajar bahasa inggris mungkin adalah hal yang sepele. Masuk kuliah bahasa inggris bagi anda mungkin juga sudah biasa, biaya masuk Perguruan Tingginyapun mungkin tidak semahal jika anda memilih jurusan seperti Kedokteran atau Teknik Informatika, akan tetapi jika anda nantinya benar-benar menguasai Bahasa Inggris dengan baik setelah lulus, maka peluang kerja atau berwirausaha akan sangat terbuka lebar untuk anda.

Mulai dari menjadi presenter luar dan dalam negeri, bekerja di perusahaan asing, penerjemah, guide tour, ataupun menjadi penulis freelance. Selain itu jika di instansi anda juga masih memiliki kesempatan untuk menjadi pengajar bahasa inggris di sekolah. Karena bahasa inggris adalah bahasa internasional, itulah sebabnya banyak sekali orang membutuhkan keahlian ini. Bahkan hanya dengan menjadi penulis bahasa inggris untuk artikel web saja, gaji anda mungkin akan sangat besar melampaui gaji orang-orang kantoran. Belum lagi jika anda memiliki pekerjaan utama disamping menjadi penulis artikel.

Itulah menurut kami jurusan-jurusan di Perguruan Tinggi yang memiliki prospek atau peluang kerja tinggi, baik menjadi pekerja maupun wirausaha dan freelance. Kami memang merangkum jurusan dengan biaya yang relatif tidak mahal, karena diluar sana mungkin banyak jurusan lain dengan prospek menjanjikan tetapi biaya masuknya belum memenuhi rata-rata standar gaji masyarakat di tanah air.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *