by

Kampung Batik Laweyan Solo

-Wisata-113 views

Siapa yang tak kenal dengan Kota Solo? Kota asal dari Presiden Republik Indonesia saat ini, Joko Widodo, memang dikenal memiliki sejuta pesona yang tak ada habisnya. Di bidang pariwisata, Kota Solo menghadirkan berbagai destinasi wisata mulai dari wisata alam, kuliner, edukasi, sejarah, hingga wisata budaya. Salah satu destinasi wisata yang tak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi adalah Kampung Batik Laweyan.

Wisata Sejarah, Budaya, dan Edukasi 

Kampung Batik Laweyan Solo
Kampung Batik Laweyan Solo

Kampung Batik Laweyan adalah perpaduan antara wisata budaya, sejarah, serta edukasi. Melalui bangunan-bangunan kunonya, kampung ini menjadi saksi bisu sejarah perkembangan peradaban masyarakat Solo. Di samping itu, di tempat ini pula tersimpan kisah sejarah berdirinya Syarekat Dagang Islam, asosiasi serikat dagang pertama yang didirikan tokoh nasional, H. Samanhudi.

Dari sisi budaya, sudah terlihat jelas bahwa Kampung Laweyan menyugukan maha karya warisan budaya khususnya budaya Jawa. Di tempat ini, Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain batik oleh tangan-tangan pengrajin yang sangat terampil. Hal ini menjadi nilai plus untuk menambah edukasi para pengunjung.

Batik Laweyan Solo
Batik Laweyan Solo

Iringan musik daerah seperti keroncong, rebana, maupun karawitan yang dimainkan oleh grup kesenian setempat akan menambah suasana khas Jawa yang eksotis dan menenangkan. Yang paling menyenangkan, Anda bisa memborong kain batik dengan harga yang lebih miring, sehingga Anda tak perlu bingung mencari oleh-oleh jika berkunjung kesana.

Arsitektur Klasik Khas Bangunan Kuno 

Tak hanya berwisata melihat batik, Anda juga akan disuguhkan bangunan-bangunan kuno yang megah dan cantik. Kampung Batik Laweyan memiiki luas seitar 24 hektar. Kampung ini dihuni oleh para pengusaha batik secara turun temurun dan telah berdiri sejak zaman kerajaan Pajang sekitar tahun 1546 M.

Bangunan Tua di Kampung Batik Laweyan
Bangunan Tua di Kampung Batik Laweyan

Bangunan-bangunan kuno yang berdiri disini tampak sangat beragam dengan arsitektur klasik yang khas, seperti gaya arsitektur tradisional Jawa, China, hingga gaya Eropa klasik. Jika Anda pecinta fotografi, Anda akan dimanjakan dengan latar foto yang menakjubkan ini.

Lokasi dan Ases Menuju Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan berlokasi di sisi selatan Kota Solo yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo. Lokasi tepatnya berada di Jalan Dr. Radjiman, Laweyan, Solo.

Letak Kampung ini tak jauh dari stasiun Purwosari. Pengunjung bisa mengakses lokasi ini dengan cukup mudah karena jalan menuju Laweyan adalah jalan protokol kedua setelah Jalan Slamet Riyadi yang menghubungkan Solo dengan Yogyakarta. Anda juga bisa menyusuri gang-gang di kampung ini dengan menaiki becak yang ada di sepanjang jalan Slamet Riyadi.

Akomodasi di Kampung Batik Laweyan 

Tak hanya berwisata belanja dan edukasi, Anda akan menjumpai sarana akomodasi lengkap yang mendukung liburan Anda disini, seperti hotel, homestay, restoran atau kafe, hingga gedung pertemuan yang bisa disewa.

Selain itu, terdapat juga Laweyan Batik Training Centre, Pusat Pelatihan Budaya Jawa, pasar tradisional, serta masjid dengan arsitektur yang menarik. Bagaimana? Tertarik berkunjung kesini? Jangan lupa mengajak keluarga dan sahabat, ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *