by

Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Online

Bisnis online kini memang sudah sangat menjamur dan telah menjadi trend di masyarakat Indonesia khususnya. Banyak sekali pengusaha yang tertarik terjun dalam dunia bisnis online sebagai tempat untuk memasarkan produk dan jasanya. Pertumbuhan bisnis online pun saat ini sangat pesat dan menjanjikan banyak keuntungan bagi pelakunya.

Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Online
Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Bisnis Online

Namun begitu seperti dua mata pisau, tetap saja ada sisi negatif dan positif dari jenis bisnis online ini. Untuk lebih jelasnya silakan simak kelebihan dan kekurangan bisnis online berikut.

Kelebihan Bisnis Online

  1. Jangkauan Pasar yang Luas

Salah satu faktor yang membuat bisnis online banyak membawa keuntungan bagi pelakunya adalah jangkauan pasar yang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Dalam dunia bisnis online, kita hampir tidak mengenal adanya batasan waktu atau wilayah saat memasarkan suatu produk. Karena kita memasarkannya melalui dunia maya, maka konsumen bisa melihat produk kita dimanapun dan kapanpun mereka berada.

  1. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

Bisnis online ini juga banyak di gemari karena bisa dijalankan tanpa harus menggunakan modal besar. Kondisi ini jelas berbeda jika Anda memutuskan membuka toko di dunia nyata, dimana Anda harus mengeluarkan modal untuk sewa tempat, bangunan, peralatan, listrik, dan sebagainya.

  1. Fleksibel

Bisnis online bisa di jalankan dimana saja asalkan Anda memiliki koneksi internet yang memadai, bahkan dalam kamar pribadi Anda pun bisa di jalankan. Dan selain itu waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis online juga sangat fleksibel tergantung bagaimana Anda menetapkannya.

Kekurangan Bisnis Online

  1. Persaingan Sangat Ketat

Karena pemasaran produk yang hampir tidak mengenal batasan waktu dan tempat, maka semua pebisnis online dengan jenis produk/jasa yang sama bisa dikatakan berkumpul dalam satu tempat untuk memperebutkan konsumen mereka. Karena itulah bisnis online dikatakan memiliki tingkat persaingan yang sangat ketat.

  1. Masih Banyak Penipuan

Penipuan dalam hal jual beli online memang sangat banyak bentuknya. Sebagai pedagang online misalnya, Anda akan dihadapkan oleh resiko penipuan yang dilakukan oleh pembeli yang bisa memalsukan bukti transfer, dan lainnya. Selain itu, penipuan juga bisa terjadi melalui berbagai iklan yang menawarkan investasi bisnis online dengan keuntungan yang sangat besar.

  1. Belum Ada Payung Hukum yang Kuat

Hingga saat ini masih belum ada payung hukum yang jelas mengatur regulasi bisnis online. Untuk perdagangan online sendiri masih menggunakan payung hukum UU ITE. Namun, hingga sekarang penipuan berkedok bisnis online masih tetap terjadi.

  1. Membutuhkan Kreativitas, Skill, dan Pengetahuan yang Mumpuni

Banyaknya pesaing mengharuskan pelaku bisnis online ini memiliki kreativitas, skill, dan pengetahuan yang mumpuni sehingga bisa bertahan dalam dunia bisnis online. Seperti yang kita ketahui bersama, bisnis online saat ini sangat membutuhkan pemikiran kreatif agar tidak tertinggal dan dikalahkan oleh lawan bisnisnya. Semakin kreatif Anda, maka kemungkinan untuk sukses dalam bisnis online semakin besar.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online yang harus Anda pahami. Mungkin akan bermanfaat sebagai pertimbangan jika nanti Anda memutuskan untuk membuka bisnis secara online atau konvensional.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *