by

Kerja Sebagai PNS, Gimana Menurutmu?

-Opini-265 views

PNS atau yang sering disebut Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu jabatan pekerjaan yang sangat populer terutama di Indonesia. Banyak orang bercita-cita menjadi PNS karena gaji, tunjangan, dan fasilitas yang diberikan. Namun jika lebih dalam menelusuri seperti apakah sebenarnya PNS itu?

Kerja Sebagai PNS
Kerja Sebagai PNS

Orang yang telah diangkat menjadi PNS yang biasa disebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) biasanya memang memiliki ketenangan soal pekerjaan, karena kehidupan mereka mungkin sudah dijamin oleh negara, dan setiap bulannya jika sesuai aturan mereka akan mendapatkan gaji dari pemerintah, yang gaji tersebut mungkin juga hasil daripada pajak rakyat.

Tidak adanya sistem PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan adanya jaminan pensiunan itulah yang mungkin membuat pekerjaan untuk menjadi PNS banyak yang berminat. Bahkan ketika ada pendaftaran menjadi PNS sangat banyak orang rela mengurus dokumen yang saya sendiri mungkin bisa bilang ‘ribet’.

Tidak apa-apalah yang menjadi masalah bukan perkara menjadi PNS atau Bukan PNS. Disini saya ingin merefleksikan sesuatu tentang PNS yang bertepatan dengan akan dibukanya lowongan CPNS tahun ini.

Menjadi PNS tentu sangat mulia jika kita dapat mengemban amanah dan melayani masyarakat dengan maksimal. Terlebih lagi gaji PNS mungkin juga didapatkan dari uang hasil penarikan pajak rakyat. Hal inilah yang seharusnya membuat para ASN PNS untuk mengabdi dengan baik kepada Negara, dan membuat Negara ini maju bukan sebaliknya.

Miris memang jikalau kita mendengar disana sini ada oknum PNS yang malas bekerja dan tidak memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, padahal mereka dilantik dan disumpah juga diberi amanah sesuai dengan pekerjaan mereka. Terlebih lagi uang yang dipakai untuk menggaji juga mungkin adalah uang dari rakyat, dan sudah seharusnya mereka memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Untuk itulah dalam artikel ini kita sebagai warga negara berharap agar para ASN yang bekerja dan mengabdi untuk Negara dapat dengan maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bangsa ini, agar bangsa ini jauh akan lebih berkembang dan maju. Pada akhirnya pula stigma negatif PNS dari masyarakat bawah dan pinggiran akan berkurang pula. Lalu kamu yang ingin menjadi PNS sebenarnya tujuan utamanya apa? Gaji, Jabatan atau Mengabdi?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *