by

Kunci Sukses Pemasaran Bisnis Online

Untuk kemajuan bisnis online yang Anda jalankan, melakukan promosi atau pemasaran yang efektif sangat penting dilakukan. Bagi Anda para pelaku usaha online pemula yang sedang bingung dalam memilih strategi pemasaran yang ampuh, Anda bisa menerapkan trik-trik pemasaran yang akan kami bagikan berikut ini.

Kunci Sukses Pemasaran Bisnis Online
Kunci Sukses Pemasaran Bisnis Online

Strategi pemasaran bisnis online shop

  1. Melakukan branding dengan maksimal

Branding berguna untuk membangun citra dari merek bisnis yang Anda bangun kepada publik. Melalui kegiatan branding, sangat diharapkan agar konsumen dapat mengingat bisnis Anda dalam waktu yang lama. Branding yang dilakukan meliputi; personal branding, product branding, serta yang tak kalah penting corporate branding. Kegiatan branding tersebut bertujuan untuk membangun citra produk, citra perusahaan, dan bahkan citra Anda sebagai pemilik bisnis tersebut.

  1. Menggunakan jasa influencer

Apakah Anda sering melihat banyaknya pemilik bisnis yang menggunakan jasa influencer? Ya, influencer artinya adalah orang yang berpegaruh. Seperti misalnya para selebgram yang ada di instagram, publik figur, atau orang-orang berpengaruh lainnya. Mereka akan mempengaruhi para pengikutnya untuk membeli produk yang mereka promosikan. Tentu saja ini menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menarik banyak pelanggan baru.

  1. Membuat blog dan situs bisnis

Memiliki situs blog bisnis sangatlah penting bagi pemilik bisnis. Melalui situs blog, Anda dapat memberikan informasi lengkap mengenai produk, jasa, dan bisnis Anda kepada pelanggan. Situs blog juga dapat menjadi sarana untuk kegiatan branding. Di mana dalam situs blog tersebut Anda dapat membuat konten yang berisi tentang sejarah bisnis, profil pribadi Anda, dan juga detail produk bisnis.

  1. Memanfaatkan sosial media

Memiliki reputasi bisnis yang bagus di sosial media akan sangat menguntungkan bagi Anda. Kegiatan promosi dan pemasaran melalui sosial media selalu menjadi yang paling ampuh. Ini dikarenakan setiap harinya selalu ada berjuta-juta pengguna internet yang mencari beragam produk, mulai dari pakaian, aneka gadget dan lain-lain.

  1. Email pemasaran

Strategi pemasaran ampuh lainnya adalah dengan mengirimkan email pemasaran kepada pelanggan. Melalui email, Anda dapat memberikan penawaran yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan. Namun perlu di ingat, dalam melakukan pemasaran melalui email, hanya lakukan pada moment-moment tertentu saja. Misal saat ada promo, atau saat ada penawaran produk baru. Jangan setiap hari, karena akan dianggap spam, dan hal tersebut bisa merusak reputasi Anda.

  1. Buat gambar produk yang bagus

Foto produk yang menarik sangat penting dalam usaha  meningkatkan tingkat ketertarikan konsumen. Dengan foto yang jelas dan bagus, memungkinkan konsumen memutuskan untuk membeli barang tersebut. Bahkan tak menutup kemungkinan, orang yang awalnya tidak membutuhkan barang tersebut, menjadi membeli karena  tertarik dengan gambar produk yang dipajang.

Nah jika Anda tak mempunyai kemampuan memadai, Anda bisa menggunakan jasa fotografer profesional untuk membantu menghasilkan foto produk yang bagus dan mempunyai  daya jual tinggi.

  1. Memanfaatkan marketplace

Untuk meningkatkan jangkauan pemasaran, tak ada salahnya bergabung dengan beberapa marketplace terkemuka, dan memasarkan bisnis Anda disana. Dengan menjadi mitra di beberapa marketplace akan semakin menumbuhkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan reputasi bisnis Anda. Agar tidak kewalahan dalam mengelola toko online yang berada di beberapa marketplace berbeda, sebaiknya Anda mencari pekerja lepas untuk memegang tanggung jawab dalam pengelolaan toko-toko online tersebut.

Nah, itu dia 7 strategi ampuh yang dapat Anda aplikasikan untuk pemasaran bisnis online shop yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *