by

Melupakan SEO, ini Akibatnya

SEO  (Search Engine Optimization) bagi seorang blogger, webmaster, dan internet marketer tentu sangat penting adanya. Masalah SEO seringkali dilupakan oleh mereka yang baru berkecimpung di dunia blogging.

SEO sangat penting untuk berkembangnya sebuah blog yang akan berbanding lurus dengan penghasilan yang akan didapat. Namun seringkali blogger pemula diluar sana meremehkan dan enggan untuk mempelajari ilmu SEO ini.

SEO (Search Engine Optimization)
SEO (Search Engine Optimization)

Berdasarkan pengalaman saya yang hampir 6 tahun berkecimpung di dunia blogging. Akan banyak akibat-akibat negatif yang akan berdampak pada blog Anda dan Anda sendiri ketika Anda melupakan SEO ini, mulai dari yang sepele hingga yang berat. Lalu apa saja efek-efek negatif ketika kita tidak menerapkan SEO pada blog kita? Berikut ulasannya.

Efek negatif jika Anda melupakan SEO ketika membangun Blog

  1. Blog lambat berkembang

Jika Anda tidak menerapkan SEO, hampir dipastikan blog Anda akan sangat susah untuk berkembang dan bersaing dengan kompetitor. Akibatnya dibutuhkan kerja ekstra keras hanya sekedar untuk bertahan di persaingan. Jika hanya mengandalkan kerja keras, akan susah untuk membuat blog Anda maju dan meraih peringkat pertama di pencarian Google. Kenapa peringkat pertama? Karena menurut riset, kebanyakan orang yang mencari artikel di mesin pencari seperti Google, tidak akan melihat halaman kedua? It’s simple but very important !

  1. Buang-buang waktu

Anda tidak percaya? You must believe this one. Jika Anda tidak menerapkan SEO efek negatif lain adalah, Anda akan lebih banyak membuang-buang waktu daripada menikmati kesuksesan dalam ngeblog. Ini bukan kata orang, tetapi saya sudah mengalaminya sendiri. Saat kita membangun sebuah brand seperti blog, maka faktor SEO sangatlah penting. Saya logikakan jika Anda memiliki blog dengan 1000 artikel, tetapi Anda tidak menggunakan SEO dalam blog Anda. Maka kompetitor akan dengan mudah mengambil alih posisi Anda di peringkat pertama hanya dengan 60 artikel. Tentu yang Anda usahakan selama membuat banyak artikel akan menjadi tidak berarti !

  1. Kerja keras bagai kuda

Ini nih yang paling sering saya alami saat menjadi seorang blogger yang tidak menerapkan SEO. Kerja keras bagaikan kuda hehe, kok bisa? Ya bisa saja, karena dengan tidak mengandalkan SEO maka kebanyakan kita hanya akan mengandalkan kuantitas, dengan kuantitas saja kita akan sangat kesulitan untuk bersaing dan membesarkan blog. Beda lagi jika kuantitas yang Anda miliki adalah modal atau uang, Anda tentu bisa menyewa dan mempekerjakan orang-orang ahli dalam pembuatan blog Anda hehe. Itulah sebabnya, jika bermain kuantitas maka Anda harus siap kerja keras bagai kuda hanya untuk bertahan denganblog Anda di pencarian Google.

Coba tanyakan lagi pada diri Anda sendiri, Anda masih mau kerja keras bagai kuda? Tentu tidak mau bukan? Ya, bagi kita para pekerja dunia maya seperti blogger yang ingin mencari penghasilan, target kita adalah bisa bekerja santai tetapi gaji mengalir deras. Untuk itulah ilmu SEO tidak boleh dilupakan. Apa bedanya kerja bangunan dan menjadi Blogger jika kerja keras kita tidak menghasilkan banyak pemasukan? Tidak ada yang salah sih, tapi tanyakan kembali dalam diri Anda tujuan ngeblog apakah memang ingin dijadikan profesi atau hanya ingin sekedar berbagi. It’s up to you. Paling tidak jika menggunakan SEO, Anda hanya perlu kerja keras diawal saja, selebihnya mengalir seperti air.

  1. Usia blog tidak akan lama

Maksud dari usia blog tidak akan lama adalah, semakin hari akan semakin banyak kompetitor, semakin kedepan kompetitor juga semakin cerdas, maka jika Anda tidak menerapkan ilmu SEO pada blog Anda, tinggal menunggu waktu posisi blog Anda yang mungkin berada di papan atas pada pencarian mesin pencari seperti Google akan di take down oleh kompetitor, sedih sekali pasti ini rasanya. Karena inilah jangan sia-siakan waktu Anda, berusahalah menggunakan SEO ketika membangun sebuah blog, maka blog Anda akan lama bertahan dalam persaingan.

  1. Buang-buang uang

Ini pengalam saya juga loh, bayangkan saya pernah membayar untuk sebuah jasa penulisan artikel jika di total nilainya sudah berjuta-juta, akan tetapi hasilnya sangat tidak memuaskan. Eeeh ini bukan salah penulisnya, akan tetapi salah saya sendiri ketika membangun sebuah blog, saya mengabaikan SEO dan berbagai macam jurus internet marketing lainnya. Oleh karena itu menurut pengalaman saya, jika pola Anda seperti yang saya jelaskan, maka Anda termasuk orang-orang seperti saya, yang suka membuang-buang uang, sayang banget bukan?

  1. Percuma

Kok bisa percuma sih? Iya percuma menurut saya hehe. Bagi kita yang menjadikan Blogger sebagai sebuah profesi akan percuma membuat blog jika akhirnya tidak menghasilkan apa-apa. Sering banget ini saya alami, saya membeli banyak domain, membuat banyak blog, akhirnya terbengkalai begitu saja dan tidak terurus, finally pada akhirnya mati suri. Hidup kagak, mati juga kagak. Tinggal nunggu domainnya expired baru mati beneran wkwk. Jangan anggap kasar ya, karena ini pengalaman saya, jadi Anda yang membaca tidak harus mengalaminya.

  1. Sedih

Hahaha yang terakhir ini bikin saya geregetan saat nulis !, Gimana tidak coba? Uda buang-buang uang, buang-buang waktu, akhirnya blog mati suri wkwk. Rasanya bagi yang berprofesi sebagai seorang Blogger akan mengerti dengan keadaan seperti ini. Haduuu jadi METAL “Melow Total”. Tidak usah bersedih dan jangan menyerah, kita cukup bangkit dan mencoba membuat blog dengan kualitas bukan hanya kuantitas. Kalau bisa kuantitas dan kualitas maka hasilnya pasti mantaaaap.

Itulah efek-efek negatif yang terjadi jika Anda tidak membangun blog dengan menerapkan SEO strategy. Sebenarnya efek positifnya juga ada, Anda tidak perlu capek-capek mikir dan belajar????? Loh jangan dong, karena kita sebagai manusia sudah dikaruniai akal dan pikiran tentu harus sebaik mungkin digunakan, baik untuk mikir dan juga belajar, jadi tetap semangat membangun blog berkualitas dan jangan menyerah ! Jika tidak paham SEO, coba belajar di forum-forum, banyak cari saja di Google.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *