by

Memperkecil Ukuran Video Dengan HandBrake

Pernahkah Anda membuat video namun ternyata hasil video itu sangat besar sehingga membuat Anda harus repot jika ingin mengcopy atau menguploadnya? Dengan menggunakan HandBrake Anda akan dapat mengcompress video dengan mudah sehingga video Anda yang tadi ukurannya sangat besar akan menjadi lebih kecil tanpa banyak mengurangi kualitas video tersebut.

Bagaimana caranya?

1. Download HandBrake Klik Disini.

2. Silakan siapkan video yang ingin di compress dan buka HandBrake lalu pilih video tersebut dengan cara pilih menu File, lalu open video Anda.

3. Pada Presets silakan Anda pilih preset resolusi video yang cocok untuk Anda, misalnya 720p, 1080p, dan resolusi lainnya.

4. Lalu bagian terpenting lagi adalah pada tab Video, disitu Anda dapat mengatur codec dan juga Framerate/FPS, semakin kecil FPS, ukuran video Anda akan semakin kecil pula, tetapi ingat jangan kurang dari 25, nanti hasilnya akan kurang bagus, karena standar biasanya 25FPS atau 30FPS.

5. Setelah semua Anda atur, Anda dapat mulai mengconvert video dengan cara klik Start Encode, namun Anda terlebih dulu harus memberi nama file convert Anda di bagian Browse bawah.

6. Tunggu  proses hingga selesai.

Anda dapat berimprovisasi sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Untuk melihat demonya silakan lihat video dibawah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *