by

Mengatasi Keterbatasan Modal Bisnis Online Shop

Mengatasi Keterbatasan Modal Bisnis Online Shop
Mengatasi Keterbatasan Modal Bisnis Online Shop

Untuk memulai sebuah bisnis, Anda akan sangat membutuhkan modal awal usaha. Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai berbisnis? Sebaiknya jangan dulu menyerah, karena ada banyak cara untuk mengatasi keterbatasan modal tersebut. Nah, penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi keterbatasan modal bisnis online berikut ini.

  1. Menerapkan sistem pre-order atau pembayaran dimuka

Sistem pre-order ini merupakan sistem yang mengharuskan pembeli melakukan transaksi sebelum produk dibuat dan diberikan pada pembeli/konsumen. Uang yang dihasilkan dari pembayaran di muka oleh pembeli akan menjadi modal bagi penjual untuk membeli barang tersebut dari supplier atau untuk biaya produksi.

  1. Menabung dari jauh-jauh hari

Jika Anda adalah seorang karyawan atau pegawai yang ingin memutuskan untuk membangun bisnis sendiri, sebaiknya Anda menabung terlebih dahulu sampai modal terkumpul dan cukup untuk memulai usaha baru. Cara ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun jika Anda mengatur keuangan dengan baik, maka sangat mungkin modal akan cepat terkumpul. Dan tentunya cara ini adalah cara yang paling aman (tidak beresiko) dibandingkan jika harus berhutang.

  1. Dengan mencari partner bisnis yang tepat

Cara untuk mengatasi keterbatasan modal bisnis lainnya adalah dengan menemukan partner bisnis atau rekan bisnis. Anda bisa mengajak teman yang Anda percaya atau bahkan saudara, untuk membangun bisnis bersama, atau bisa juga dengan mencari partner yang memiliki visi dan misi bisnis yang sejalan.

Pastikan sebelum menentukan partner bisnis, Anda benar-benar sudah melakukan pengamatan terkait sifat atau karakter calon partner tersebut. Pastikan partner yang dipilih, tidak hanya pintar, namun juga mempunyai sifat yang jujur, bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Jangan salah pilih, karena jika salah pilih partner, bukannya untung yang didapat, tapi bisa-bisa malah sebaliknya.

  1. Menjadi dropshipper

Jika modal usaha yang Anda miliki belum cukup untuk memulai suatu usaha yang besar, terlebih dahulu cobalah untuk menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu menyiapkan modal untuk biaya produksi atau untuk penyediaan barang. Yang paling Anda perlukan adalah supplier yang menyediakan produk berkualitas namun dengan harga produk yang terjangkau. Serta kemampuan/skill menjual yang bagus.

  1. Mengajukan proposal usaha

Dengan mengajukan proposal usaha, Anda akan mendapatkan bantuan modal untuk mendirikan bisnis. Biasanya proposal usaha merupakan bentuk permohonan modal kepada pemilik modal potensial. Proposal usaha yang Anda ajukan harus dapat meyakinkan calon pemberi modal, agar mereka mempunyai alasan yang kuat untuk memberikan bantuan usaha pada Anda.

Nah, itulah dia beberapa cara mengatasi keterbatasan modal bisnis online shop yang Anda tekuni. Mungkin diluar sana juga masih ada cara alternatif lain untuk mengatasi keterbatasan modal, namun pastikan Anda telah menyusun strategi matang terkait penggunaan dana tersebut, demi perkembangan usaha Anda dan meminimalkan resiko kegagalan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *