by

Mengecek Link Rusak di Blog

Link rusak atau yang sering disebut deadlink maupun broken link adalah sebuah link mati yang terdapat di blog kita. Link ini pada mulanya mungkin hidup, tetapi karena masa waktu yang lama bisa jadi link tersebut mati karena telah hilang atau di update oleh pemilik web. Oleh karena itu mengupdate link mati sangat perlu dilakukan oleh seorang Blogger agar kualitas blognya tetap bagus dimata pengunjung.

Pada tutorial artikel kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda bagaimana kita dapat menscan seluruh website kita dan mencari link-link yang telah mati, sehingga kita akan bisa mengupdatenya dengan link yang masih fresh dan hidup.

Yang pertama Anda buka dahulu situs deadlinkchecker.com, setelah itu masukkan URL utama web Anda, misalnya disini adalah http://www.noos.co.id, masukkan Captcha yang diminta dan klik tombol “Check“. Tunggu prosesnya hingga selesai, maka ketika ditemukan link mati pada blog Anda, akan ditandai warna merah, dan Anda harus mengupdate link tersebut dengan link baru yang relevan. Berikut tampilan hasil scanning dari situs website ini.

Cara Mengecek Link Mati di Blog
Cara Mengecek Link Mati di Blog

Terlihat pada gambar, jika saya memiliki link mati yang ditandai dengan warna merah seperti: https://www.noos.co.id/?p=36. Maka saya harus mencari halamannya dan menggantinya dengan link yang hidup, jika yang mati adalah internal link tentu saja akan lebih mudah, Anda tinggal menghidupkan saja link yang mati tersebut dengan pengaturan Anda sendiri. Misalnya link yang mati berupa gambar https://www.noos.co.id/seo.png, Anda tinggal mengupload sebuah gambar dengan ekstensi .png yang telah diberi nama seo dan upload di direktori utama web Anda, selesai.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *