by

Mengenal Hidroponik, Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Bisnis hidroponik menjadi salah satu usaha pertanian yang cukup menjanjikan. Model pertanian yang satu ini bisa dibilang suatu peluang usaha baru namun terbilang  sangat menjanjikan. Sebab, jika selama ini Anda membutuhkan lahan tanah yang luas untuk menanam, dengan teknik penanaman ini, bahkan di pekarangan rumahpun anda bisa menanam banyak jenis tanaman.

Mengenal Hidroponik, Peluang Bisnis yang Menguntungkan
Mengenal Hidroponik, Peluang Bisnis yang Menguntungkan

Keunggulan Metode Hidroponik

  1. Hemat Tempat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sistem penanaman hidroponik merupakan sistem penanaman yang tidak perlu menggunakan tanah. Anda cukup menyediakan sedikit lahan di samping rumah Anda untuk memulai budidaya ini. Ubahlah lahan tersebut menjadi semacam rumah kaca. Nanti, di dalamnya Anda bisa menanam beberapa sayuran secara vertikultur. Dengan demikian, lahan yang sempit pun bisa lebih dimaksimalkan.

  1. Mudah Dikembangkan

Budidaya tanaman secara hidroponik sebenarnya tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda hanya harus memperlajari konsep dasarnya saja terkait dengan jenis tanaman apa saja yang bisa ditanam secara hidroponik, kebutuhan nutrisi tanaman, dan sistem penanaman hidroponik. Setelah Anda memahami konsep dasar ini, Anda bisa mengembangkannya sendiri.

Perlu Anda ketahui, usaha hidroponik ini memiliki prospek yang luar biasa. Seiring dengan semakin berkembangnya waktu, lahan pertanian semakin sempit akibat semakin majunya pembangunan. Itulah mengapa usaha ini dinilai sangat menjanjikan.

  1. Media Tanam yang Mudah

Seperti yang telah dijelaskan, sistem tanam secara hidroponik ini tidak menggunakan media tanam berupa tanah. Sebagai gantinya, media tanam yang dipakai adalah air yang telah diberi nutrisi. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan barang-barang tidak berguna di rumah, seperti ember, paralon, gelas, atau tempat lainnya untuk memulai usaha. Ketika usaha Anda sudah mulai berkembang, Anda bisa membeli media tanam yang lebih professional.

  1. Tidak Perlu Pestisida

Budidaya hidroponik tentu berbeda dengan usaha pertanian yang lainnya. Dengan sistem penanaman yang satu ini, Anda tidak perlu mengaplikasikan pestisida atau pembasmi hama lainnya. Mengapa demikian? Hal ini karena sistem budidaya ini hanya memanfaatkan lahan yang kecil dan tertutup. Tidak akan ada hama yang masuk ke dalam rumah kaca. Untuk itu, Anda tidak perlu menggunakan pestisida untuk mengusir hama.

Beberapa hal tersebut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika melakukan usaha pertanian dengan sistem hidroponik. Akan tetapi, sama seperti usaha-usaha yang lainnya, usaha pertanian yang satu ini juga membutuhkan ketekunan. Anda harus terus belajar dan mencoba melakukan inovasi tertentu agar sayuran yang Anda tanam membuahkan hasil yang maksimal.

Tanaman yang Sering Dikembangkan secara Hidroponik

Dengan melihat beberapa keuntungan bisnis hidroponik, kira-kira tanaman apa yang sukses dikembangkan secara hidroponik? Pertanyaan seperti ini memang cukup penting. Berdasarkan pengamatan yang ada di lapangan, berikut adalah beberapa jenis tanaman yang sukses dikembangkan secara hidroponik.

  1. Bayam

Tanaman bayam bisa sangat subur jika dikembangkan secara hidroponik. Sistem hidroponik yang dipakai adalah Nutrient Film Technique (NFT) yang mana media tanamnya adalah air yang sudah diberi nutrisi.

  1. Cabai

Selain bayam, cabai ternyata juga bisa ditanam secara hidroponik dengan media air yang telah diberi nutrisi dan unsur hara. Tanaman cabai hidroponik ini memiliki beberapa keuntungan, di antaranya lebih subur, bebas pestisida, dan lebih bersih.

Walaupun begitu, selain 2 jenis tanaman diatas sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman lain yang bisa dibudidayakan secara hidroponik. Terutama untuk jenis sayuran. Misalnya saja selada, sawi, kubis, dan jenis lainnya. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *