by

Museum Panji di Tumpang

Museum Panji yang terletak di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang adalah museum edukasi yang menawarkan koleksi kebudayaan dan kearifan lokal negara Indonesia. Banyak koleksi seperti wayang, patung bahkan golek atau (boneka) yang terkenal di jaman dahulu ada di Museum Panji. Meskipun kebanyakan adalah replika, namun tetap saja sudah dapat merepresentasikan kebudayaan atau kehidupan nenek moyang kita di Indonesia khususnya pulau jawa jaman dulu.

Tidak hanya itu, di Museum Panji kita juga dapat berenang di kolam renang yang di sediakan disana. Ada beberapa tingkatan kolam renang di Museum Panji, mulai dari yang dalam untuk orang dewasa, hingga yang dangkal untuk anak-anak. Berikut ini adalah foto Museum Panji jika dilihat dari bawah (sebelah kolam renang di bawah sendiri).

Museum Panji Tumpang dari Bawah
Museum Panji Tumpang dari Bawah
Kolam Museum Panji dari Atas
Kolam Museum Panji dari Atas

Dengan harga tiket (ketika artikel ini di tulis) untuk orang dewasa adalah Rp. 25.000,- (Dua puluh lima ribu rupiah), sedangkan untuk balita/anak-anak dikenakan biaya tiket masuk Rp. 20.000,- (Dua puluh ribu rupiah). Menurut saya harga tiket masih terjangkau apalagi dapat memberi wawasan edukasi kepada anak-anak atau generasi muda. Museum Panji sangat di rekomendasikan terutama jika anda adalah orang yang menyukai sejarah Indonesia. Berikut ini foto tiket masuk ke Museum Panji yang berhasil saya dokumentasikan.

Tiket Masuk Museum Panji
Tiket Masuk Museum Panji

Saran saya ketika anda mengunjungi Museum Panji di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang ini adalah, yang pertama bawalah bekal makanan/minuman secukupnya, meskipun didalam museum sudah di sediakan kantin, namun dapat untuk berjaga-jaga jika di dalam museum menu yang ditawarkan kurang cocok dengan selera anda.

Kantin di Museum Panji
Kantin di Museum Panji

Yang kedua adalah, setelah mendapatkan tiket masuk jangan terburu-buru mandi di kolam terlebih dahulu, cobalah berkeliling sejenak untuk menikmati wisata edukasi di dalam Museum Panji. Mungkin anda ingin berfoto-foto dengan wayang, patung atau replika-replika lainnya? Ini tentu akan membuat anda punya kenangan selamat berada di Museum Panji. Selain itu jika anda menyukai wawasan, bacalah artikel (keterangan) yang di tempel di sebelah replika yang di pajang dalam  Museum. Hal ini untuk menambah wawasan anda dan mengedukasi anak-anak anda. Tetapi yang perlu di ingat adalah, ketika berada di dalam Museum jangan merusak koleksi Museum, jagalah juga kebersihan dan kelestariannya dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Foto Relief di Museum Panji
Foto Relief di Museum Panji
Foto Wayang di Museum Panji
Foto Wayang di Museum Panji

Yang ketiga setelah anda puas berfoto-foto dan melihat-lihat koleksi yang ada di Museum Panji, anda dapat menentukan ingin makan terlebih dahulu atau mandi di kolam terlebih dahulu (tergantung selera anda). Bagi anda yang membawa anak kecil (balita), tetap siaga menjaga anak anda terutama yang sedang mandi di kolam renang, hal ini demi keselamatan putera-puteri anda selama mandi di kolam renang.

Kolam Museum Panji
Kolam Museum Panji

Seperti itulah sedikit ulasan mengenai Museum Panji yang ada di Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. Oh ya hampir lupa, ketika artikel ini di tulis, di dalam Museum Panji anda juga dapat menyewa kuda untuk dinaiki (terutama untuk menghibur anak-anak anda), tarif yang di kenankan sebesar Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah). Selamat menikmati wisata edukasi di Museum Panji.

Detail Lokasi Museum Panji

Lokasi: Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

Telepon: (0341) 785879 / (0341) 789678

Video Museum Panji:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Pingback: Day 4 | Malang City Tour – Renz Shirvene T. Serrano