by

Out of The Box Kunci Berhasil Mencari Uang di Internet

-Bisnis-157 views

Mencari uang di internet dan berbisnis online memanglah bukan perkara mudah. Namun bagi sebagian orang yang sudah lama terjun di dunia bisnis online dan internet marketing, pasti sedikit banyak sudah tahu seluk beluk dan jalan bagaimana agar mendapatkan penghasilan yang rutin setiap bulan atau setiap harinya di dunia bisnis online ini.

Out of The Box Kunci Berhasil Mencari Uang di Internet
Out of The Box Kunci Berhasil Mencari Uang di Internet

Banyak usaha dan percobaan yang sering dilakukan oleh orang yang baru ingin menjalankan bisnis onlinenya sendiri, namun seringkali yang mereka dapati adalah kegagalan. Pada akhirnya karena hasil dan realita tidak sesuai dengan angan-angan mereka, keputusan untuk menyerah dan menghentikan bisnis onlinepun nampaknya sudah menjadi pilihan dan opsi yang tidak bisa dihindarkan lagi.

Sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis online jika kita mau berpikiran “luas” dan “out of the box”. Berpikiran luas artinya kita tidak hanya idealis atau fokus pada sebuah sistem di bisnis online yang sudah banyak dijalani orang lain, misalnya jika sudah banyak teman sukses bermain Google Adsense kita tidak ikut-ikutan bermain Google Adsense, atau misalnya ada teman yang sukses berjualan dengan toko online, kita tidak pula harus ikut-ikutan membuat dan berjualan dengan toko online.

Hal inilah yang sering kali menjadi kesalahan para pebisnis online yang baru mulai menjalankan bisnisnya. Kenapa saya bisa sebut sebagai kesalahan? Karena setiap orang dilahirkan dengan kemampuan yang berbeda, kelemahan yang berbeda, fasilitas yang berbeda, dan lingkungan yang berbeda.

Teman anda sukses berjualan menggunakan toko online belum tentu jika anda ikut-ikutan membuat toko online dan berjualan, produk anda akan laris seperti halnya toko online milik teman anda tersebut. Tahu kenapa alasannya? Karena mungkin teman anda dilahirkan dengan memiliki kelebihan dibidang pemasaran, berani berbicara masalah produk dengan lancar, mempunyai skill promosi yang kuat, dan mempunyai strategi pemasaran yang jitu, sedangkan kelebihan-kelebihan teman anda itulah yang ternyata merupakan kelemahan dalam diri anda, sehingga jika anda ikut-ikutan membuat toko online dan berjualan produk belum tentu produk anda akan laris di serbu pembeli.

Inilah yang saya bilang kita harus berpikir “out of the box” jangan sukanya ikut-ikutan orang lain.

Lalu bagaimana menerapakan pemikiran out of the box ini yang benar? Pertama yang saya sarankan adalah cari tahu dahulu kelebihan anda, kelebihan lingkungan anda, kelebihan fasilitas anda, dan cari tahu juga tentang segala kekurangannya, lalu petakan.

Petakan yang saya maksud disini adalah, coba manfaatkan kelebihan anda dengan semaksimal mungkin, jika anda mempunyai skill tinggi dibidang pemrograman, cobalah membuat start up, jika anda mempunyai skill tinggi dibidang desain cobalah menjadi desainer, freelancer dan sebagainya. Sedangkan kekurangan anda cobalah untuk dilatih agar bisa menjadi kelebihan walaupun sedikit demi sedikit, akan tetapi poin utamanya adalah maksimalkan dahulu kelebihan anda, karena setelah anda memanfaatkan potensi kelebihan anda dengan maksimal dan berhasil, maka kekurangan anda akan menjadi tidak terlihat lagi. Jangan malah sebaliknya, kelebihannya anda tutupi, kelemahannya coba anda manfaatkan hanya karena ingin ikut-ikutan mencoba berbisnis online sama dengan teman anda yang telah sukses di bisnis online tersebut.

Kelebihan lingkungan dan fasilitaspun bisa anda cermati dan digali potensinya, misalnya anda hidup di desa, jaringan internet sangat sulit kalau adapun sangat lelet/lambat. Lalu anda melihat teman anda di kota sukses menjadi YouTuber dengan mengupload banyak video, anda sah-sah saja ikut-ikutan menjadi YouTuber namun kalau pada akhirnya jaringan internet menjadi sesuatu yang tidak bisa anda atasi, kegagalan rasanya akan datang dengan sangat cepat. Hidup di desa pasti punya kelebihan sendiri daripada di kota, manfaatkan itu sebagai modal untuk berbisnis online, misalnya di desa anda memiliki kerajinan khas, anda bisa coba pasarkan melalui internet dengan koneksi yang pas-pasan sekalipun, karena mungkin hanya dalam bentuk gambar bukan video. Cobalah gali lebih dalam potensi-potensi di sekitar anda.

Berpikir “out of the box” memang tidak mudah, karena saya rasa setiap orang memilikinya namun perlu di asah. Satu orang dengan orang lain tidak sama inilah yang membuat berpikir out of the box memang sangat sulit dilakukan, namun sekali anda menemukan ide dan menjalankannya dengan benar, besar kemungkinan bisnis online anda akan berhasil dan tentunya akan berbeda dari yang lain. Selamat mencoba !

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *