by

Panduan Memulai Bisnis Jualan Baju Online

Bisnis online di era digital seperti sekarang memang sudah sangat marak dan menjamur. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya memulai bisnis online. Tidak seperti bisnis di dunia nyata (real), bisnis online tidak memerlukan tempat, tidak memerlukan modal yang besar, serta sangat menghemat tenaga dan waktu, bahkan bisa dijalankan hanya dengan modal kuota internet.

Menurut Niagahoster dalam artikelnya https://www.niagahoster.co.id/blog/peluang-bisnis-online/, bisnis online sangat potensial, terutama di Indonesia yang memiliki puluhan hingga ratusan juta pengguna internet. Tentu bagi pebisnis jumlah pengguna internet sebanyak itu akan dijadikan peluang usaha untuk menjual produknya di internet.

Salah satu yang paling sering kita temui di web e-commerce adalah bisnis penjualan baju. Walau persaingan bisnis dalam bidang ini sangat ketat, namun karena pangsa pasarnya yang luas, tentunya  bisnis di bidang ini masih sangat bagus untuk di coba. Nah, jika Anda tertarik, berikut kami bagikan beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk membangun bisnis jualan baju online. Berikut ulasannya.

Panduan Memulai Bisnis Jualan Baju Online
Panduan Memulai Bisnis Jualan Baju Online

Panduan Memulai Bisnis Jualan Baju Online

  1. Bulatkan tekad dan niat

Dalam melakukan apapun, tentunya kebulatan tekat atau niat menjadi hal yang penting. Termasuk saat memutuskan menekuni suatu bisnis jualan baju online. Dengan tekat dan niat yang kuat, maka memungkinkan kita melakukan usaha tersebut secara maksimal, dan tidak mudah menyerah jika menemui kegagalan.

Terlebih saat menekuni usaha jualan baju online. Dimana sekarang tingkat persaingan dalam bisnis ini sangat tinggi. Tentunya akan banyak aral dan rintangan bahkan kerugian di awal-awal menjalankan usaha. Tanpa niat yang kuat, tentu saja kita mudah menyerah dan memutuskan berhenti saat usaha mengalami cobaan.

  1. Carilah produsen baju terpercaya

Setelah membulatkan tekat dan niat, maka langkah selanjutnya adalah mencari tempat kulakan, atau supplier pakaian yang terpercaya dan pastinya harganya murah namun barangnya tetap berkualitas. Untuk mencari supplier bisa di lakukan secara offline maupun online.

Untuk offline, bisa Anda mulai dengan survei di berbagai toko grosir pakaian di pasar-pasar atau kawasan lain di sekitar rumah Anda. Atau cari tahu kota terdekat dari tempat tinggal Anda, yang banyak pedagang pakaian grosir. Jangan hanya asal mencari yang murah, tapi cek juga kualitas barangnya.

Nah, cara berikutnya adalah dengan mencarinya secara online. Saat ini banyak sekali supplier pakaian yang mempromosikan usahanya secara online. Biasanya mereka memasarkan melalui marketplace, entah itu Tokopedia ataupun Bukalapak. Setelah menemukan calon supplier yang diinginkan, sebaiknya jangan beli dalam jumlah besar dulu. Tapi beli beberapa dulu sebagai sample. Jika barangnya cocok, dan harganya masuk, baru melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Jangan lupa, untuk memilih melakukan ekspedisi jenis kargo, untuk menekan ongkos kirim. Untuk masalah ini, langsung saja bicarakan dengan para supplier tersebut, biasanya mereka akan memberi alternatif jasa kargo yang murah dan terpercaya.

  1. Membuat gambar produk yang menarik

Nah setelah mendapatkan produk pakaian yang akan di jual, saat nya Anda membuat gambar produk untuk dipajang di website toko online Anda. Untuk gambar produk, sebaiknya Anda memfoto pakaian tersebut satu persatu, dan pastikan gambar yang didapat jelas dan menarik. Sehingga bisa menarik minat konsumen untuk membeli pakaian yang Anda jual.

  1. Buat toko online untuk sarana pemasaran

Setelah gambar atau foto pakaian yang akan dijual telah siap, berikut dengan kata-kata promosinya, maka selanjutnya buatlah toko online. Dan dalam membuat toko online tentu tak boleh sembarangan. Terlebih dulu pikirkan nama domain yang menarik, simple dan mudah di ingat.

Setelah nama domain di tentukan, saatnya Anda merancang toko online Anda. Dan bila perlu tak ada salahnya membayar jasa pembuat toko online profesional, agar tampilan toko Anda bisa menarik, sekaligus sudah mendapat optimasi SEO. Dan tak hanya dengan toko online, ada baiknya Anda membuat beberapa media sosial di beberapa platform berbeda. Misalnya facebook, instagram, atau sosial media lainnya, yang khusus untuk penjualan produk. 

Nah, setelah toko selesai dibuat, kini Anda sudah bisa mulai berjualan. Selamat mencoba, dan jangan menyerah. Terus belajar dan terus berkembang, hingga Anda mencapai kesuksesan yang diinginkan dengan bisnis jualan baju online Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *