by

Panorama Air Terjun Lematang Indah Sumatera Selatan

Air terjun Lematang Indah merupakan salah satu bukti keindahan alam di Provinsi Sumatera Selatan. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Kota Palembang maupun kota lain di Sumatera Selatan saat musim liburan, tak ada salahnya jika Anda mengunjungi air terjun yang satu ini.

Panorama Air Terjun Lematang Indah Sumatera Selatan
Panorama Air Terjun Lematang Indah Sumatera Selatan

Air Terjun Lematang Indah merupakan obyek wisata yang cukup populer yang berlokasi di Kota Pagar Alam. Maka, tak mengherankan jika banyak wisatawan dari luar daerah menyempatkan waktunya untuk singgah ke tempat ini.

Air terjun Lematang Indah ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang membelah tebing dengan dipenuhi tumbuhan hijau. Suasananya yang asri dan diiringi suara gemericik air membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Daya Tarik Air Terjun Lematang Indah 

Selain menawarkan pemandangan air terjun yang indah disertai tebing tinggi yang menjulang, ada suatu hal lain yang membuat air terjun ini lebih istimewa. Keistimewaan tersebut adalah letak air terjun yang berada di tepi jalan.

Pengunjung yang hanya ingin menyaksikan aliran air yang tumpah dari ketinggian 40 meter, dapat melakukannya tanpa harus turun ke sungai di bawah air terjun tersebut. Dari jalanan yang berkelok-kelok, pengguna jalan dapat menikmati indahnya pesona alam yang menawan tersebut.

Sedangkan wisatawan yang ingin berenang maupun bermain air dapat menuruni tangga yang sudah disediakan dan menuju ke sungai yang tepat berada di bawah air terjun Lematang Indah ini.

Selain air terjun Lematang Indah, ada beberapa air terjun lain yang terdapat di Kota Pagar Alam. Di sekitar air terjun Lematang Indah, wisatawan dapat menjumpai air terjun lain seperti Curugh Embun, Air Terjun Tujuh Kenangan, Curugh Pancur, Curugh Merak, dan juga Curugh Mangkok.

Lokasi Air Terjun Lematang Indah 

Obyek wisata air terjun Lematang Indah berlokasi di antara Kota Lahat dan Pagar Alam. Air terjun ini masuk ke wilayah Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan.

Lokasi tepatnya berada kurang lebih 10 kilometer dari pusat Kota Pagar Alam. Sedangkan jarak dari Kota Palembang terbilang cukup jauh, yakni sekitar 298 kilometer. Waktu tempuh perjalanan dari Kota Palembang menuju obyek wisata Air Terjun Lematang Indah di Pagar Alam kurang lebih 6 jam perjalanan.

Akses Menuju Air Terjun Lematang Indah dan Harga Tiket 

Akses menuju Air Terjun Lematang Indah terbilang sangat mudah karena lokasinya yang berada di pinggir jalan. Sedangkan kondisi jalanan yang berkelok-kelok di pinggirannya sudah dalam kondisi yang baik. Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau jasa rental kendaraan. Sedangkan harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp. 4.000/orang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *