by

Pantai Parang Kursi Banyuwangi

Berbicara mengenai Banyuwangi, Anda pasti terbayang pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Bali bukan? Ternyata, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jember ini memiliki beberapa pantai yang namanya masih belum begitu terkenal, dimana salah satunya adalah Pantai Parang Kursi.

Pantai ini masih berdekatan dengan Pantai Pulau Merah dan di sini terdapat formasi batu karang yang tampak seperti kursi besar dengan ketinggian kira-kira 15 m hingga 20 m. Formasi batu karang inilah yang kemudian dikaitkan dengan hal mistis sebagai salah satu singgasana Nyai Roro Kidul.

Pantai Parang Kursi Banyuwangi Jawa Timur
Pantai Parang Kursi Banyuwangi Jawa Timur

Lokasi Pantai Parang Kursi

Obyek wisata Pantai Parang Kursi lokasinya berada di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini berada diantara dua pantai lainnya, yakni Pantai Pulau Merah seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dan Pantai Lampon.

Pantai Parang Kursi Banyuwangi
Pantai Parang Kursi Banyuwangi

Rute Menuju ke Pantai Parang Kursi

Mengenai rute menuju ke Pantai Parang Kursi, Anda bisa langsung menuju ke daerah Jajag terlebih dahulu. Setelah sampai di pertigaan Jajag ini, silakan Anda ikuti arah yang menuju ke Pantai Pulau Merah hingga Anda sampai di perempatan Pasar Pesanggaran. Nah, dari perempatan ini, Anda bisa mengikuti arah yang menuju ke Pantai Lampon, nanti di perjalanan Anda akan menemukan petunjuk arah untuk menuju langsung ke Pantai Parang Kursi.

Keistimewaan Pantai Parang Kursi

Selain keberadaan batu karang ‘singgasana’ Nyai Roro Kidul, pantai ini juga terhitung masih perawan sehingga begitu Anda sampai di pantai berpasir putih ini, Anda tidak akan bertemu dengan banyak orang. Mungkin Anda hanya akan berjumpa dengan penduduk sekitar yang berlalu lalang di sana. Hati-hati saat melintasi hamparan pasir putih ini, karena di beberapa tempat cukup dalam bila diinjak.

Indahnya Pantai Parang Kursi Banyuwangi
Indahnya Pantai Parang Kursi Banyuwangi

Nah, batu karang yang tadi sudah disebutkan ini berada di sebelah barat pantai. Warnanya agak kemerahan yang berdampak pada warna pasir pantai di bagian tersebut juga berwarna agak kemerahan. Batu karang ini adalah tempat favorit untuk berfoto para wisatawan yang sudah berkunjung ke sana, namun jika Anda juga berminat untuk melakukannya, berhati-hatilah karena jika terjatuh, batu karang yang ada di sana sudah cukup untuk membuat Anda cedera.

Fasilitas Apa Saja yang Ada di Pantai Parang Kursi?

Belum ada fasilitas yang memadai di pantai ini mengingat kondisinya yang memang jarang didatangi wisatawan. Namun hal inilah yang membuat Pantai Parang Kursi justru masih terlihat sangat alami.

Tips Berwisata ke Pantai Parang Kursi

  1. Sebaiknya datanglah bersama dengan teman, karena setelah sampai di parkiran, Anda masih harus menempuh perjalanan di tengah hutan yang cukup panjang dengan lama sekitar 1 jam.
  2. Berangkatlah di pagi hari.
  3. Hutan di pantai ini adalah Hutan Gunung Tumpang yang merupakan hutan lindung, sehingga ada kemungkinan untuk satwa langka dan berbahaya hidup di sana. Jadi, sangat disarankan agar Anda tidak bermalam dan pulang maksimal jam 4 sore.
  4. Bawalah perbekalan secukupnya.
  5. Hafalkan tanda yang Anda temui di setiap persimpangan hutan.

Nah, itu dia sekilas mengenai Pantai Parang Kursi yang bisa kami bagikan, semoga bisa menjadi referensi destinasi yang bermanfaat untuk Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *