by

Pantai Teluk Biru Banyuwangi

-Wisata-181 views

Pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi tengah gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata Banyuwangi kepada wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Selain terkenal dengan obyek wisata Kawah Ijen, Banyuwangi masih memiliki banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Teluk Biru.

Pantai Teluk Biru Banyuwangi
Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Nama Pantai Teluk Biru memang belum sepopuler Teluk Hijau maupun Pulau Merah. Meski begitu, keindahan pantai dengan air berwarna kebiruan yang amat jernih ini tak bisa dipandang sebelah mata. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan.

Ekosistem Bawah Laut Pantai Teluk Biru Banyuwangi
Ekosistem Bawah Laut Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Eksotisme Pantai Teluk Biru 

Pantai Teluk Biru memiliki keindahan panorama yang mempesona. Airnya yang berwarna biru dan jernih membuat pengunjung mampu menengok keindaan bawah airnya yang dipenuhi dengan keindahan biota laut seperti terumbu karang nan cantik serta ikan yang berwarna-warni. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan snorkeling.

Matahari Terbit di Pantai Teluk Biru Banyuwangi
Matahari Terbit di Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Jika Anda ingin menikmati suasana dan sensasi lain di pantai ini, datanglah saat dini hari. Sehingga, saat menjelang fajar Anda akan menyaksikan indahnya semburat kemerahan saat mentari terbit dari ufuk timur. Untuk menikmati indahnya sunrise di Pantai Teluk Biru, sebaiknya Anda berangkat sekitar pukul 02.00 dini hari mengingat perjalanan menuju lokasi pantai tersebut cukup memakan waktu lama.

Wisatawan di Pantai Teluk Biru Banyuwangi
Wisatawan di Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Aktivitas di Pantai Teluk Biru Banyuwangi 

Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Teluk Biru Banyuwangi. Anda yang memiliki hobi snorkeling wajib membawa peralatan snorkeling Anda saat mengunjungi tempat ini. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa indahnya.

Selain snorkeling, Anda juga bisa melakukan aktivitas berenang seperti biasa. Aktivitas lainnya adalah dengan berkano. Airnya yang jernih dan berwarna kebiruan tetap memungkinkan Anda untuk melihat view di bawah permukaan air laut. Anda juga bisa membawa peralatan pancing dan merasakan sensasi memancing di laut. Menyenangkan sekali, bukan?

Lokasi Pantai Teluk Biru Banyuwangi 

Pantai Teluk Biru Banyuwangi masih berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Lokasi tepatnya berada di balik semenanjung Sembulungan yang secara administratif masuk ke wilayah Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

Warga lokal lebih mengenal Pantai Teluk Biru dengan nama “Senggrong”. Untuk itu, saat Anda hendak menuju ke lokasi, ada baiknya Anda mengatakan “Senggrong” kepada nelayan setempat.

Akses Menuju Pantai Teluk Biru Banyuwangi 

Dari pusat kota Banyuwangi, Anda harus menuju ke Kecamatan Muncar. Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, Anda arus menyiapkan budget khusus untuk menyewa kapal karena satu-satunya rute yang dapat ditempuh adalah melalui jalur laut.

Anda bisa menyewa kapal nelayan lokal dengan biaya sekitar 400 ribu hingga 600 ribu rupiah. Namun, perlu diingat bahwa harga tersebut bukan harga pasti dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *