by

Pasar Triwindu Solo, Gudangnya Barang Antik

-Wisata-197 views

Pesona Kota Solo seakan tak pernah ada habisnya. Berbagai wisata dapat dinikmati pengunjungnya, seperti Air Terjun Grojogan Sewu, Kampung Batik Laweyan, hingga Keraton Kasunanan Surakarta.

Barang Antik di Pasar Triwindu Solo
Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

Satu lagi destinasi yang sangat sayang dilewatkan saat berkunjung ke Kota Solo adalah Pasar Antik Triwindu. Di pasar ini Anda akan menjumpai berbagai barang kuno nan antik, mulai dari peralatan makan antik, cermin, lampu gantung, lukisan, wayang, patung, keris, dan masih banyak lagi. Barang-barang antik tersebut sangat cocok dijadikan pajangan atau menambah koleksi pribadi Anda di rumah.

Meski tempat ini sebenarnya adalah pasar loak yang tampak masih sangat tradisional, namun daya tarik Pasar Antik Triwindu ini mampu menarik minat berbagai wisatawan, dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Hal ini tak lepas dari benda-benda bernilai seni tinggi yang dijual disana sehingga mampu memikat para kolektor barang antik untuk berburu koleksi mereka. 

Topeng dan Benda-Benda Dijual di Pasar Triwindu Solo
Topeng dan Benda-Benda Dijual di Pasar Triwindu Solo

Koleksi Barang Antik di Pasar Triwindu 

Di pasar ini Anda akan menjumpai deretan kios yang menjual berbagai macam barang antik. Diantaranya adalah gramofon klasik dari Eropa, keramik antik, telepon kuno, berbagai kerajinan logam, topeng tradisional, batik, hingga lukisan kuno yang sangat artistik.

Pasar Triwindu terdiri dari dua lantai. Kios-kios di lantai pertama umumnya menjual barang-barang berukuran kecil yang biasa difungsikan untuk pajangan maupun ragam benda seperti uang kuno, aksesoris, alat elektronik kuno, koin kuno, serta barang-barang bernuansa etnik lainnya.

Sedangkan di lantai dua, Anda akan menjumpai barang-barang antik berukuran besar seperti lemari, meja, kursi, tempat tidur, hingga sepeda ontel kuno yang sulit didapatkan di tempat lain. Meski begitu, tak semua benda disana meruakan benda kuno. Ada pula benda-benda baru yang sengaja dibuat dengan nuansa kuno oleh pengrajinnya.

Menikmati Berburu Barang Antik

Seorang kolektor barang antik biasanya sudah jeli dengan benda-benda kuno yang memiliki nilai historis penting. Di Pasar Triwindu, Anda juga bisa mendapatkan benda bersejarah langka yang juga memiliki nilai historis tinggi. Tentunya, Anda harus menyiapkan budget yang cukup banyak untuk mendapatkannya.

Harga yang ditawarkan di pasar ini cukup beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal tersebut bergantung dengan keunikan, nilai sejarah serta tahun pembuatan benda tersebut. Jangan lupa untuk mengeluarkan jurus jitu tawar-menawar yang Anda miliki, agar bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

Petunjuk Jalan di Pasar Triwindu Solo
Petunjuk Jalan di Pasar Triwindu Solo

Lokasi dan Akses Menuju Pasar Triwindu Solo

Pasar Triwindu terletak di Jalan Diponegoro, kawasan Ngarsopura, Solo. Lokasi pasar ini berada di tengah kota dan dekat dengan Pura Mangkunegara sehingga terbilang mudah untuk mengaksesnya.

Pasar ini dapat Anda kunjungi setiap hari dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Di sekitar lokasi pasar banyak terdapat penginapan serta kuliner yang tentunya memudahkan Anda saat ingin menghabiskan waktu disekitar Pasar Triwindu Solo.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *