by

Peluang Bisnis Menjanjikan Bagi Lulusan SMK

Dahulu, melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tidak terlalu popular dibandingkan dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun seiring berjalannya waktu, terbukti bahwa lulusan SMK ternyata memiliki keterampilan yang lebih. Hal itu karena pendidikan di SMK memang sudah mengalami penjurusan ke bidang tertentu yang menjadi bekal keahlian siswa. Karenanya, peluang bisnis bagi lulusan SMK pun lebih terbuka lebar. Nah, berikut adalah beberapa peluang usaha yang terbuka lebar bagi lulusan SMK.

Peluang Bisnis Menjanjikan Bagi Lulusan SMK
Peluang Bisnis Menjanjikan Bagi Lulusan SMK

Peluang Bisnis Menjanjikan Bagi Lulusan SMK

  1. Membuka Usaha di Bidang Kuliner

Bagi lulusan SMK jurusan Tata Boga dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian maupun Perikanan, tentu sudah memiliki modal yang cukup untuk menyajikan berbagai hidangan/olahan makanan dengan cita rasa yang enak. Tidak hanya itu, bentuk penyajian makanan yang menarik tentu sudah diajarkan di masa-masa sekolah, hal ini adalah modal pengalaman yang sangat berharga. Usaha kuliner ini sangat menjanjikan, karena makanan merupakan kebutuhan paling mendasar bagi setiap orang agar bisa tetap hidup.

Saat ini sedang menjamur tempat berkumpul anak-anak muda yang berupa café atau restoran kecil dengan suasana kekeluargaan, dan ini adalah peluang untuk Anda lulusan SMK jurusan Tata Boga dan TPHP. Selain itu, Anda dapat pula membidik para pekerja kantoran atau anak kos yang membutuhkan makanan katering setiap harinya, tentu saja karena mereka memiliki keterbatasan waktu untuk memasak sendiri sehingga akan lebih sering memesan makanan jadi.

  1. Membuka Usaha di Bidang Otomotif

Jurusan otomotif merupakan salah satu jurusan yang paling laris di SMK. Apalagi setelah kesuksesan pembuatan mobil ESEMKA oleh anak-anak SMK, jurusan otomotif dipandang sebagai jurusan yang paling menjanjikan kesuksesan setelah kelulusannya.

Anggapan ini memang tidak salah, lulusan SMK jurusan otomotif tentunya memiliki keahlian yang berkaitan dengan mesin-mesin kendaraan. Melihat jumlah kendaraan yang ada di jalanan seluruh Indonesia, tentu ada banyak permintaan yang terkait pemeliharaan atau perbaikan mesin kendaraan. Dengan membuka bengkel motor misalnya, peluang kesuksesannya akan sangat menjanjikan. Meskipun usaha ini membutuhkan modal yang agak besar, namun ketika Anda serius cepat atau lambat modal Anda akan segera kembali.

  1. Membuka Usaha di Bidang Desain Grafis

Saat ini, ada banyak permintaan di masyarakat yang terkait dengan desain grafis. Misalnya untuk pembuatan logo, brosur, iklan produk tertentu, pembuatan kaos, dan keperluan desain lainnya. Ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan untuk Anda yang mengenyam pendidikan SMK utamanya jurusan desain grafis, multimedia atau animasi.

Usaha percetakan dan sablon yang juga melayani permintaan pembuatan desain dapat Anda pertimbangkan untuk dicoba. Selain peluangnya menjanjikan, Anda juga dapat menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat Anda ketika masih di bangku SMK.

  1. Membuka Usaha di Bidang Desain Fashion

Coba Anda perhatikan, dalam setiap tahunnya ada banyak momen yang membuat orang-orang ingin membuat pakaian istimewa untuk dikenakan pada momen tersebut. Sebut saja wisuda kelulusan, pertunangan, pernikahan, sampai ulang tahun ke-17. Dan tentunya Anda yang merupakan lulusan SMK jurusan tata busana dapat mengambil peluang ini untuk mulai menjalankan sebuah usaha di bidang desain fashion.

Dibandingkan dengan orang lain yang tidak bersekolah jurusan fashion atau tata busana, Anda telah menempuh pendidikan selama 3 (tiga) tahun dalam mempelajari tata rias, pembuatan pola, teknik menjahit yang benar, sampai membuat desain pakaian yang kreatif. Tentunya, Anda dapat menawarkan keahlian Anda seperti merias hingga membuat pakaian, gaun, kebaya atau kerajinan tangan lain yang pernah Anda pelajari di sekolah SMK.

  1. Membuka Usaha di Bidang Wisata

Selain jurusan otomotif, salah satu jurusan di SMK yang paling diminati adalah jurusan pariwisata dan perhotelan. Bahkan, konon jurusan ini merupakan salah satu jurusan tertua dan masih bertahan sampai sekarang. Hal ini tentu karena lulusannya banyak dicari oleh pasar untuk dipekerjakan.

Membuka usaha biro wisata yang menawarkan paket liburan merupakan pilihan bisnis yang menjanjikan untuk Anda lulusan SMK jurusan pariwisata. Selain itu, karena semasa pendidikan Anda telah mendapatkan berbagai jenis pelatihan terkait hospitality, Anda dapat juga membuka usaha jasa travel guide. Tentunya sambil berbisnis ini Anda bisa mendapatkan bonus berjalan-jalan ke berbagai destinasi wisata. Hmm sangat menyenangkan bukan?

Di jaman seperti sekarang ini sekolah SMK tidaklah kalah dengan SMA, bahkan lulusan SMK dianggap lebih mempunyai skill dan pengalaman, sehingga punya keterampilan khusus untuk bisa langsung bekerja sesuai keahlian yang di pelajarinya. Dan peluang usaha yang disebutkan di artikel ini hanyalah sebagian kecil peluang bagi Anda lulusan SMK untuk berbisnis sendiri. Tentunya karena masih banyaknya jurusan lain di SMK, sehingga banyak peluang usaha lain yang bisa Anda coba sesuai minat dan keahlian Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *