by

Penjelasan Mengenai Ads.txt Google Adsense

Masalah Ads.txt ini awalnya muncul ketika saya membeli sebuah blog. Waktu itu iklan Google Adsense saya tidak mau tampil di halaman blog yang baru saja saya beli tersebut. Saya sempat bingung karena masalah ini, padahal sebelum saya beli, saya melihat sendiri iklan Google Adsense pemilik blog sebelumnya tampil dengan normal dan wajar di blog yang saya beli. Akhirnya saya memutuskan untuk mencaritahu permasalahannya.

Yang pertama saya mencoba mengoreksi apakah kode iklan Google Adsense yang saya pasang sudah benar, dan setelah saya cek dan ricek ternyata sudah benar. Yang kedua mungkin Google Adsense membutuhkan waktu untuk menampilkan iklan dengan ID Google Adsense yang baru. Berjam-jam saya tunggu ternyata belum juga muncul, kebimbangan mulai menghinggapi karena jujur saja blog yang saya beli harganya tidak murah, jadi sempat was-was kalau ada yang salah dengan blognya.

Akhirnya saya mencoba membuka akun Google Adsense saya, dan ternyata benar masalah mulai terlihat. Saat saya masuk ke dashboard Google Adsense milik saya, disitu terdapat peringatan dengan bar berwarna merah yang isinya kurang lebih seperti berikut: “Earning at risk: One or more your ads.txt files doesn’t contain your Adsense publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue.” Kurang lebih jika diartikan dalam bahasa Indonesia kira-kira seperti ini “Penghasilan dalam masalah: Satu atau lebih ads.txt Anda tidak memiliki ID Publisher Adsense Anda. Selesaikan ini sekarang untuk mencegah dampak yang parah terhadap penghasilan Anda“. Berikut adalah tampilan warning dari Google Adsense milik saya:

Warning ads.txt dari Google Adsense
Warning ads.txt dari Google Adsense

Setelah mengetahui masalah ini, saya mencoba untuk mencari informasi mengenai file ads.txt ini. Baca lebih detal mengenai ads.txt (Authorized Digital Sellers) disini.

Kesimpulan yang saya dapatkan dan berhubungan dengan blog yang baru saya beli adalah, iklan Google Adsense saya tidak muncul mungkin Google Adsense ingin memverifikasi dan memastikan siapakah pemilik sebenarnya blog yang baru saya beli tersebut. Hal ini terjadi akibat pada blog yang saya beli terdapat unit iklan milik publisher sebelumnya, untuk itulah mungkin Google Adsense membutuhkan file ads.txt untuk memverifikasi lebih lanjut kepemilikan blog yang baru saya beli.

Kemudian setelah mengetahui adanya permintaan ini, saya langsung saja klik “Action” pada peringatan di akun Google Adsense. Lalu saya segera membuat file di ads.txt, kebetulan blog yang saya beli berplatform blogger. Jika Anda memiliki masalah yang sama silakan login ke akun blogger Anda. Masuk pada menu Setelan Preferensi PenelusuranMonetisasi. Pada bagian monetisasi silakan Anda aktifkan file kustom ads.txt dan isi detailnya sesuai dengan yang ada di peringatan akun Google Adsense Anda. Lihatlah screenshot berikut:

Warning ads.txt Setelah di Klik Action
Warning ads.txt Setelah di Klik Action
Isi File ads.txt Google Adsense di Blogger
Isi File ads.txt Google Adsense di Blogger

Setelah selesai mengaktifkan fitur ads.txt cobalah untuk menunggu 1×24 jam apakah iklan Google Adsense Anda sudah mau muncul atau masih belum. Jika Anda menggunakan blog yang di hosting sendiri seperti WordPress tentu akan lebih mudah, Anda tinggal membuat file ads.txt di lokasi root domain milik Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda yang punya masalah serupa seperti ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *