by

Penulisan Nama Variabel di CSharp

Sebuah program yang kita buat umumnya merupakan kumpulan data yang akan kita olah untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pengguna program tersebut. Misalkan kita membuat sebuah program untuk mengelola data siswa di suatu sekolah maka kita harus mencacat nomor induk, nama dan umur dari siswa. Untuk mencatat data ini kita memerlukan apa yang disebut dengan variabel.

Variabel dapat didefinisikan sebagai tempat untuk menyimpan data yang memiliki suatu tipe data, variabel ini akan diwakili oleh suatu lokasi di memori komputer kita. Dengan menggunakan nama variabel kita akan dapat mengaskes data yang tersimpan di lokasi memori tersebut.

C# adalah suatu bahasa pemrograman yang strongly-typed ini berarti bahwa semua object yang digunakan dalam program C# harus memiliki suatu tipe data yang spesifik dan variabel ini hanya dapat menyimpan data yang memiliki tipe yang sesuai. Misalnya jika kita mendeklarasikan variabel bertipe int maka variabel ini hanya dapat menyimpan data bilangan bulat dan tidak dapat menyimpan bilangan desimal. Selain itu C# juga dikatakan sebagai sebuah bahasa yang type -safe, kompiler C# akan menjamin bahwa data yang dimasukan ke suatu variabel adalah tipe yang sesuai.

Berikut adalah aturan yang harus dipatuhi untuk memberikan suatu nama variabel dalam bahasa pemgrograman C#.

  • Nama variabel terdiri dari huruf, angka dan under score (_).
  • Nama harus diawali dengan huruf. Under score juga dapat digunakan untuk mengawali nama suatu variabel tetapi ini tidak disarankan.
  • C# adalah bahasa yang case sensitif, variabel dengan nama umur tidak sama dengan Umur.
  • Keyword tidak bisa digunakan sebagai nama variabel, kecuali kalau keyword ini diawali dengan karakter @.

Berikut adalah contoh nama variabel yang benar dan salah.

Nama Benar/Salah
nomorInduk Benar
nama_siswa Benar
TotalPenjualan Benar
2Date Salah; karena diawali dengan angka
public Salah; karena public adalah keyword
total#pembelian Salah; karena menggunakan karakter #
_total_memory Benar; tetapi tidak dianjurkan
@int Benar; keyword diawali dengan @

Banyak konvensi yang digunakan untuk memformat penamaan variabel ini. Ada yang disebut dengan notasi Pascal, dimana setiap kata yang digunakan sebagai nama variabel akan selalu dimulai dengan huruf besar. Notasi Camel memiliki kesamaan dengan dengan notasi Pascal hanya saja huruf pertama dalam notasi ini selalu dimulai dengan huruf kecil. Sedangkan notasi Hungarian mirip dengan notasi Camel tetapi setiap variabel akan dimulai dengan kode yang menyatakan tipe data dari variabel tersebut.

Penggunaan konvensi dalam penamaan variabel ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, belakangan ini yang banyak digunakan adalah notasi Camel. Yang terpenting dari penamaan variabel ini adalah gunakanlah nama yang dapat memudahkan program untuk dibaca.

Notasi Contoh
Pascal NamaSiswa, TotalPenjualan
Camel namaSiswa, totalPenjualan
Hungarian strNamaSiswa, intTotalPenjualan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *