by

Penyebab Bisnis Online Lambat Berkembang

-Bisnis-137 views

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis online dan sudah bergelut di bidang ini dalam waktu yang lama, namun hingga saat ini belum menunjukkan perkembangan signifikan, mungkin saja beberapa penyebab berikut ini adalah salah satu alasannya.

Penyebab Bisnis Online Lambat Berkembang
Penyebab Bisnis Online Lambat Berkembang

Penyebab Bisnis Online Lambat Berkembang

  1. Kurangnya Pemahaman Terhadap Marketing/Pemasaran Online

Pasar online tentu saja berbeda dengan pasar yang secara fisik bisa dilihat dan didatangi. Pada pasar real, barang yang ditawarkan bisa langsung dilihat oleh calon konsumen sehingga mudah menemukan pelanggan karena pelanggan tahu sendiri akan kualitasnya.

Sebaliknya, pada pasar online, konsumen akan mencari penjual melalui keyword atau kata kunci yang disebutkannya dalam mesin pencari. Karenanya, buatlah kata kunci yang paling menggambarkan produk Anda. Selain itu, pakailah kata yang lazim digunakan saja. Inilah sedikit gambaran tentang trik pemasaran online yang terlihat sepele namun membawa dampak cukup besar jika diabaikan.

  1. Tampilan Situs Kurang Menarik

Sebuah website, situs ataupun blog adalah sarana publikasi bagi produk Anda. Jika tenaga pemasaran bertindak sebagai ujung tombak perusahaan, begitu pula dengan keberadaan sebuah website dalam bisnis online. Karena website menjadi yang pertama dilihat oleh para calon pembeli, maka buatlah kesan pertama semenarik mungkin dengan tampilan web yang segar dan inovatif.

Penting juga buat Anda untuk selalu meng-update isi web secara berkala. Selain menarik minat konsumen, tampilan website juga menunjukkan profesionalitas bisnis Anda. Jika Anda ingin dianggap sebagai orang yang sudah berpengalaman sebagai pebisnis online, maka buatlah website sebaik mungkin.

  1. Kurangnya Pemasaran Melalui Media Sosial

Pengguna sosial media di Indonesia sudah mencapai jutaan orang. Segmen pasar yang Anda bidik pasti banyak berada diantaranya. Jika kurang memakai media sosial saat berbisnis online, bisa dipastikan Anda akan tertinggal dengan kompetitor lain. Jadi, jangan ragu untuk mulai memanfaatkan media sosial sebagai sarana memperkenalkan produk Anda.

Memaksimalkan penggunaan hashtag adalah hal sederhana yang bisa Anda lakukan pertama kali. Setelah itu, rajin-rajinlah melampirkan foto produk, katalog atau testimoni pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda.

  1. Minimnya Mitra atau Relasi

Mitra bisnis yang minim akan membuat usaha Anda lambat berkembang. Karena itu, bangunlah relasi seluas-luasnya. Jangan batasi keberadaan relasi bisnis. Anda bisa meminta bantuan teman, rekan atau keluarga. Rekrutlah dropshipper dan reseller sebanyak mungkin. Mereka inilah yang akan membentuk jaringan bisnis Anda.

Satu lagi yang penting untuk diperhatikan adalah berbagilah dengan mereka. Jangan membebankan harga yang terlalu mahal untuk dropshipper dan reseller hanya karena Anda ingin untung besar. Faktanya adalah bahwa jaringan bisnis sebenarnya lebih membawa keuntungan pada Anda.

Itulah sedikit artikel mengenai penyebab bisnis online Anda lambat berkembang. Banyak faktor pendukung lain yang mungkin menjadi penyebab, namun intinya kualitas produk dan teknik serta strategi marketing akan sangat dibutuhkan dalam bisnis online.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *