by

Perhatikan Ini Sebelum Anda Upgrade WordPress ke 5.0

WordPress telah meluncurkan versi terbaru mereka yakni versi 5.0. Perubahan paling mencolok pada WordPress 5.0 ini adalah editor Gutenberg yang menggantikan classic editor lama.

Banyak yang mengatakan Gutenberg sangat tidak simple dan berbanding terbalik dengan slogan WordPress selama ini yang menyatakan bahwa platform CMS mereka merupakan CMS yang simple tetapi Powerfull.

Saya sendiripun telah mengupdate WordPress saya ke versi 5.0, dan alangkah terkejutnya ketika editornya berubah dari yang sebelumnya simple menjadi sangat sulit untuk dipahami, namun tak mengapa karena perubahan memang sejatinya nanti perlu dilakukan.

Perhatikan Ini Sebelum Anda Upgrade WordPress ke 5.0
Perhatikan Ini Sebelum Anda Upgrade WordPress ke 5.0

Nah sebelum Anda mengupdate WordPress ke versi 5.0, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal berikut.

1.) Backup WordPress Terlebih Dahulu

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, banyak yang situsnya mengalami crash/tampilannya menjadi blank putih karena mungkin tidak support dengan script terbaru WordPress yang menggunakan Javascript React seperti yang digunakan pada Facebook dan Instagram.

Untuk itu penting bagi Anda yang memiliki situs dengan CMS WordPress dan ingin mengupdatenya, alangkah bijaknsanya jika Anda membackup file dan database blog Anda terlebih dulu.

2.) Gutenberg Sedikit Lebih Sulit dipahami, Jadi Anda Perlu Belajar

Mau tidak mau, ketika Anda mengupdate WordPress ke versi 5.0, maka Editor Anda akan menjadi Gutenberg. Oleh karena itu menjadi sangat penting untuk menyisihkan waktu belajar menggunakan Gutenberg.

3.) Pertimbangkan Dengan Matang

Classic Editor pada WordPress setahu saya tetap akan di support oleh WordPress setidaknya hingga tahun 2022, akan tetapi setelah itu mungkin tidak lagi. Jadi menurut saya sebaiknya kita mulai belajar menggunakan Editor Gutenberg baru, agar nanti ketika Classic Editor benar-benar ditinggalkan, kita sudah terbiasa dengan Gutenberg.

4.) Theme Bawaan Menjadi Twenty Nineteen

Jika Anda menggunakan theme default WordPress sebelum 5.0 seperti Twenty Fifteen dan Twenty Sixteen, perlu di ingat bahwa theme bawaan 5.0 menjadi twenty Nineteen, walaupun sebenarnya tidak masalah, namun Anda perlu pertimbangkan kembali nantinya dalam pemilihan tema ini.

Intinya sebagai Blogger banyak pertimbangan yang menguntungkan atau tidak buat kita. Jika blog kita setelah kita update menjadi error, juga merupakan hal yang bijaksana untuk tetap menggunakan WordPress versi lama, selama tidak ditemukan celah yang berbahaya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *