by

Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

-Bisnis-140 views

Sekarang Facebook menjadi salah satu media sosial yang paling banyak dimanfaatkan untuk memasarkan produk secara online. Dengan banyaknya jumlah pengguna Facebook saat ini, tentu saja jangkauan promosi memanfaatkan Facebook Ads akan sangat luas.

Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads
Persiapan Sebelum Membuat Facebook Ads

Facebook menyediakan layanan yang populer dengan istilah Facebook Ads atau Facebook Advertising. Dengan menggunakan Facebook Ads Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dengan target pasar yang sangat luas dan banyak, sehingga bisnis Anda akan semakin dikenal banyak orang. Jika Anda tertarik ingin menggunakan media pengiklanan Facebook Ads, berikut saya bagikan informasi tentang hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat Facebook Ads.

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Facebook Ads

  1. Buat Fanpage

Sebelum memulai beriklan di Facebook Ads, pastikan Anda telah membuat Fanpage. Untuk cara membuatnya sangat mudah hampir mirip ketika Anda membuat grup atau bahkan lebih rumit saat membuat akun Facebook daripada membuat Fanpage. Cukup klik “Create Page” atau “Buat Halaman” lalu ikuti panduannya. Jika masih kesulitan Anda bisa browsing di internet dan mengikuti panduannya dengan lebih lengkap.

  1. Buat Website atau Toko Online yang menarik

Sebelum berencana menggunakan Facebook Ads, sebaiknya buatlah website atau toko online terlebih dulu. Yang nantinya Anda dapat menggunakan Facebook Ads untuk mempromosikan website atau toko online tersebut kepada target pasar di Facebook. Dan jangan lupa, buat website yang menarik dan berisi informasi yang jelas, lengkap dan detail terkait produk yang Anda pasarkan/jual.

  1. Pasang Facebook Pixel di Website

Bagi Anda yang sudah memiliki website sendiri untuk memasarkan produk, pasanglah Facebook Pixel di website Anda sebelum menggunakan Facebook Ads. Facebook Pixel merupakan sebuah kode yang ditanam di dalam website Anda. Kode tersebut berfungsi untuk menyimpan semua data pengunjung atau target konsumen yang masuk ke website melalui Facebook Ads. Selanjutnya, suatu saat nanti Facebook Ads akan kembali mengiklankan produk Anda ke orang-orang tersebut, dengan begitu tingkat keberhasilannya semakin tinggi.

  1. Mengetahui Kriteria Target Pasar Secara Jelas

Karena pengguna Facebook sangat banyak, sebaiknya Anda memilah terlebih dahulu target pasar dengan cara menentukan kriteria target pasar secara jelas. Pastikan Anda mengiklankan produk Anda kepada orang-orang yang memiliki kemungkinan untuk tertarik dengan produk Anda. Hal ini akan membantu Anda agar biaya pengiklanan tidak membengkak. Anda dapat memilih target pasar berdasarkan umur, hobi, hingga profesi.

  1. Memiliki Konsep Strategi Content Marketing

Setelah menentukan target pasar yang tepat, lanjutkan dengan membuat konten pemasaran untuk di iklankan melalui Facebook Ads. Pastikan Anda sudah memiliki gambaran konten pemasaran yang menarik dan berkualitas, yang bisa membuat calon konsumen tertarik.

  1. Membuat Kartu Kredit

Siapkan kartu kredit sebelum menggunakan Facebook Ads. Kartu kredit ini digunakan sebagai media pembayaran iklan di Facebook Ads. Anda sebenarnya juga dapat menggunakan PayPal dan Debit Card Bank lokal yang sudah bekerjasama dengan Facebook, sebut saja seperti Bank Mandiri.

  1. Memahami Aturan Beriklan di Facebook Ads

Penting bagi Anda untuk memahami aturan yang ditentukan oleh Facebook Ads dalam beriklan. Karena jika tidak sesuai aturan yang sudah ditetapkan,  iklan tersebut bisa ditolak dan tidak dimunculkan oleh Facebook Ads.

Itulah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan sebelum memutuskan menggunakan Facebook Ads. Yang terpenting lagi adalah jangan lupa untuk menyiapkan dana atau budget yang Anda miliki menyesuaikan tingkat kebutuhan promosi bisnis Anda.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *