by

Pesona Eksotis Air Terjun Benang Kelambu di Lombok Tengah

Lombok memang dikenal sebagai tempat tujuan wisata yang sangat indah, mulai dari pantai, adat dan juga air terjun. Salah satu air terjun yang eksotis di Lombok adalah Air Terjun Benang Kelambu. Jika Anda pernah mendengar tentang Air Terjun Benang Stokel, Air Terjun Benang Kelambu ini berada tepat di atas Air Terjun Benang Stokel. Lokasi kedua air terjun yang cukup berdekatan menjadikan dua air terjun tersebut seolah menjadi satu dan tak terpisahkan, dimana jika satu air terjun dikunjungi, maka air terjun lainnya juga harus didatangi.

Air Terjun Benang Kelambu Lombok
Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Meskipun lokasinya berdekatan, tetapi Air Terjun Benang Stokel dan Air Terjun Benang Kelambu menyajikan keunikan yang berbeda. Jika Air Terjun Benang Stokel memiliki 2 terjunan air yang seperti kumpulan benang yang diikat di bagian atasnya, lalu bagaimana dengan Air Terjun Benang Kelambu? Nah, untuk lebih jelasnya kita akan kupas informasi lengkapnya berikut ini.

Tentang Air Terjun Benang Kelambu

Akses Menuju Wisata Air Terjun Benang Kelambu

Sama seperti Air Terjun Benang Stokel, Air Terjun Benang Kelambu juga terletak di Dusun Pemotoh, Batu Keliang Utara, Lombok Tengah. Untuk bisa sampai di air terjun yang satu ini, Anda harus menyusuri jalan yang sama dengan Air Terjun Benang Stokel.

Nah, kira-kira 50 meter sebelum Anda masuk ke lokasi Air Terjun Benang Stokel, terdapat percabangan jalan dimana untuk menuju ke Air Terjun Benang Kelambu Anda harus mengambil jalan yang ke arah kiri. Jalan ini adalah jalan setapak yang cukup terjal dan agak rusak, sehingga Anda harus ekstra hati-hati saat melintasi jalanan ini. Apalagi jika Anda datang di musim penghujan, jalanan ini bisa menjadi sangat licin.

Panjang jalan yang harus Anda lalui ini kira-kira sejauh 1 kilometer dengan kisaran waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 30 menit. Barulah setelah itu Anda bisa menikmati pesona pemandangan apik milik Air Terjun Benang Kelambu.

Keistimewaan Air Terjun Benang Kelambu

Jika ‘Benang Stokel’ memiliki arti ‘seikat benang’ dan benar-benar menunjukkan kondisi air terjunnya, demikian pula halnya nama ‘Benang Kelambu’ yang juga menunjukkan kondisi air terjun.

Air terjun ini diberi nama Air Terjun Benang Kelambu karena terjunan airnya sangat tipis nan lembut serta melebar sehingga tampak seperti kelambu, dimana aliran air terjun ini bersumber langsung dari Danau Segara Anak, yang kita ketahui ada di Gunung Rinjani.

Uniknya lagi, air yang terjun ini tidak langsung jatuh ke dasar melainkan mengalir melalui celah-celah diantara tanaman-tanaman yang tumbuh lebat dan merambat di tebing bagian atas. Setelah itu, aliran air ini akan jatuh pada tingkatan kedua dimana di tingkatan kedua ini terdapat sebuah kolam. Nah, setelah air terkumpul di kolam tingkat kedua ini, air kemudian akan melewati susunan lempengan batu di bawahnya hingga kemudian air akan jatuh menuju ke kolam yang ada di dasar.

Meski ketinggian Air Terjun Benang Kelambu ini mencapai 35 meter, tetapi karena aliran airnya tipis dan tidak terlalu deras menjadikan lokasi wisata ini tidak terlalu berisik seperti lokasi wisata air terjun pada umumnya dan air terjun yang jatuh pun tidak akan membuat badan Anda sakit jika Anda berada di bawahnya langsung.

Banyak pengunjung yang menikmati pemandangan ini sambil mandi, karena selain airnya yang segar dan bersih, juga terdapat kepercayaan masyarakat sekitar yang menyatakan bahwa, orang yang mandi di Air Terjun Benang Kelambu ini maka orang tersebut akan awet muda. Anda juga tertarik untuk berendam di kolam air terjun ini?

Nah, itulah informasi mengenai eksotisnya Air Terjun Benang Kelambu di Lombok. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda yang ingin menikmati liburan ke Lombok tengah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *