by

Pilih Kerja Kantoran atau Sesuai Passion

-Opini-109 views

Mungkin banyak sekali orang yang mengalami kebimbangan sekaligus kebingungan dalam memilih sebuah pekerjaan? Di satu sisi orang tersebut sudah mempunyai pekerjaan yang bisa dibilang bagi sebagian orang sudah ‘enak’ alias mapan, namun di sisi lain ia merasa pekerjaan tersebut bukanlah passionnya.

Pilih Kerja Kantoran atau Sesuai Passion
Pilih Kerja Kantoran atau Sesuai Passion

Pekerjaan jika bukan sebuah passion kadang kali memang sering dilakukan dengan kurang sepenuh hati. Akan tetapi semua memang butuh proses, termasuk yang paling penting adalah ‘memutuskan’ akan memilih pekerjaan yang mana. Kondisi ini sering kali di alami oleh seseorang remaja yang akan beranjak dewasa.

Pertimbangan-pertimbangan yang matang dapat menolong kita nantinya, terutama masa depan kita sendiri, jika kita memilih pekerjaan dengan tepat dan benar, tentu hal ini akan mencegah terjadinya kesembronoan dalam menentukan sebuah pilihan atau keputusan yang sulit (yang dalam hal ini adalah memilih pekerjaan), karena semua keputusan yang kita ambil tentu ada konsekuensi dan risikonya.

Berikut pertimbangan-pertimbangan penting yang harus dipikirkan saat anda ingin keluar dari pekerjaan tetap dan ingin memilih bekerja sesuai passion.

  1. Pastikan pekerjaan passion anda sudah bisa menghasilkan

Paling tidak ketika anda memutuskan untuk berhenti di pekerjaan tetap/kerjaan kantoran anda, pastikan terlebih dahulu bahwa setidaknya pekerjaan yang menjadi passion anda sudah berjalan dan menghasilkan walaupun tidak banyak, katakanlah sudah dapat mencukupi kebutuhan anda hidup seperti untuk makan dan minum, agar kebutuhan anda ini nantinya tidak menjadi beban bagi orang lain, misalnya ayah ataupun ibu anda.

  1. Jangan terburu-buru berhenti pada kerjaan kantoran/kerjaan tetap anda

Anda boleh berhenti pada pekerjaan tetap anda dan memilih bekerja sesuai dengan passion anda, akan tetapi jangan terburu-buru dahulu untuk keluar dari kerjaan kantoran/tetap anda. Paling tidak kumpulkanlah sedikit modal atau tabungan yang nanti dapat digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan bidang pekerjaan yang sesuai dengan passion anda tersebut.

  1. Jauh lebih baik lagi kalau pekerjaan yang sesuai dengan passion anda sudah anda tes/survey terlebih dahulu

Cermatilah dan bersikaplah secara bijak tentang pekerjaan anda, terutama jika anda sudah berumur diatas 24 tahun. Jika ingin memutuskan bekerja dengan passion, pastikanlah anda sudah pernah mencoba menjalaninya, sehingga anda memang benar-benar yakin pekerjaan anda tersebut dapat berjalan dan tidak berbanding 180 derajat dari realita dan bayangan anda.

  1. Minta pendapat dan saran dari orang lain terutama yang sudah berpengalaman

Sering-seringlah minta pendapat orang lain terutama yang sudah berpengalaman dan usianya jauh diatas kita. Dengan begitu akan ada hal-hal yang sebelumnya mungkin anda tidak pernah tahu akan menjadi tahu, dan menjadikan kita lebih bijaksana lagi dalam berpikir dan mengambil sebuah keputusan yang tentunya akan menentukan masa depan kita sendiri.

  1. Jika sudah yakin jalani, fokus, pasang target dan berhasil !

Setelah anda selesai memutuskan memilih bidang pekerjaan sesuai passion anda atau memilih tetap bekerja dikantor maupun memilih pekerjaan tetap anda, jalanilah dengan fokus dan penuh konsistensi. Lalu pasanglah target jangka panjang misalnya setiap tahun punya target seperti apa, tulislah dan lihat hasilnya. Jika gagal koreksi apa kesalahan anda, perbaiki dan kalau bisa jangan sampai terulang kembali berkali-kali kesalahan yang sama. Karena jika seperti itu maka anda akan terus kehilangan waktu berharga anda, dan secara tidak sadar usia anda akan semakin menua, tentu ini akan menjadi masalah pelik baru bagi kehidupan anda nantinya.

Apapun pilihan anda, jadilah yang terbaik dan lakukan yang terbaik, setidaknya anda sudah pernah mencoba dengan maksimal, soal hasil tidak usah terlalu dipikirkan, namun yang jelas, ‘hasil’ tidak akan pernah mengkhianati usaha keras anda.

Itulah pertimbangan-pertimbangan yang perlu anda pikirkan jika ingin keluar dari pekerjaan tetap anda dan memilih bekerja sesuai passion untuk masa depan anda sendiri. Apapun pillihan anda, kunci keberhasilan sekali lagi adalah dengan melakukan yang terbaik, fokus, konsisten serta berdo’a, hasilnya serahkan pada Tuhan, apa yang anda dapatkan dari usaha keras anda, memang itulah ‘mungkin’ yang terbaik bagi kehidupan anda, jadi jangan pernah menyesalinya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *