by

Rekomendasi 5 Ide Usaha Rumahan yang Cepat Balik Modal

Banyak sekali usaha rumahan yang saat ini tengah berkembang di Indonesia. Usaha rumahan ini mulai dari yang berskala usaha kecil hingga menengah (UKM). Usaha rumahan atau UKM biasanya mengandalkan kemampuan, keahlian, dan kreativitas untuk mampu bersaing dengan produk-produk lainnya di pasaran.

Dan tentunya tidak semua usaha rumahan menjanjikan waktu balik modal dengan cepat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti besarnya modal yang dikeluarkan dan kecepatan pemasaran. Nah, bagi anda yang tengah berencana memulai usaha rumahan yang cepat balik modal, berikut ini kami rekomendasikan 5 ide usaha yang dapat anda pertimbangkan salah satunya.

Rekomendasi 5 Ide Usaha Rumahan yang Cepat Balik Modal
Rekomendasi 5 Ide Usaha Rumahan yang Cepat Balik Modal

5 Ide Usaha Rumahan yang Cepat Balik Modal

  1. Bisnis Kuliner Franchise

Anda dapat memulai bisnis kuliner berjenis franchise. Keuntungan bisnis franchise adalah adanya sistem penjualan berjaring. Anda dapat merekrut mitra jualan produk anda, jadi anda dapat memperluas jaringan tanpa harus memikirkan keterbatasan tenaga kerja.

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika memulai bisnis kuliner franchise ini adalah daya kreativitas anda. Semakin menarik dan unik produk anda, maka produk anda akan semakin dikenal dan mampu bersaing dengan bisnis lain yang sejenis. Untuk pemasaran, anda saat ini dapat menggunakan media internet. Pilihlah platform periklanan yang gratis untuk memulai bisnis anda.

Bagi anda yang kebingungan harus menjual produk apa. Anda dapat bergabung dengan usaha franchise yang sudah ada saat ini. Selain itu, anda dapat membuka usaha ini di rumah. Dengan cara inilah anda dapat menghemat modal hingga dana operasional.

  1. Bisnis Reseller Produk

Bagi anda yang senang berbelanja online, pasti anda sering melihat tulisan “terima dropship dan reseller”. Nah, jangan sia-siakan kesempatan ini. Anda dapat mendaftar ke toko tersebut untuk menjadi reseller produknya. Reseller adalah istilah bagi orang yang membeli suatu produk untuk dijual kembali dengan harga yang berbeda.

Selain anda akan diberikan harga di bawah harga yang tertera di toko online tersebut, anda tak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk jenis usaha ini. Mulailah dengan jumlah barang yang sedikit sesuai dengan modal anda, setelah laku barulah anda menyetok kembali produk tersebut. Pastikan bahwa anda mendaftar sebagai reseller di toko online yang terpercaya, sehingga uang yang anda belanjakan sebagai modal tidak akan hilang begitu saja. 

  1. Usaha Jamur Tiram

Siapa yang tidak mengenal jamur tiram. Jamur yang berwarna putih bersih dengan daun telinga yang lebar ini sering menjadi menu favorit banyak orang. Jamur ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam jenis kuliner dan menjadi alternatif bagi para vegetarian sebagai pengganti daging.

Usaha jamur tiram tentunya juga menjanjikan keuntungan. Usaha ini cocok dilakukan bagi anda yang tinggal di pedesaan. Anda hanya butuh modal ruangan yang tertutup dan lembab, serta bibit jamur tiram. Usaha ini menjanjikan cepat balik modal asalkan anda tekun menjalaninya.

  1. Usaha Susu Kedelai

Susu kedelai adalah minuman menyehatkan yang saat ini tengah menjadi primadona selain susu sapi. Bahkan susu kedelai juga memiliki kandungan gizi yang tidak kalah banyak daripada susu sapi.

Siapa sangka bahwa proses pembuatan susu kedelai ini ternyata cukup mudah. Modal awal yang anda keluarkan jika melakukan bisnis ini cukup sedikit. Bahan baku untuk membuat susu kedelai hanyalah kedelai, air, gula, dan perasa. Dengan jumlah modal yang sedikit, tentu usaha ini menjanjikan balik modal yang cepat.

  1. Usaha Kerajinan dari Barang Bekas

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang banyak karena hanya membutuhkan bahan baku berupa barang bekas. Selain modal uang, anda juga dituntut untuk memiliki bakat dan keahlian untuk menyulap barang bekas menjadi produk unik yang layak jual.

Anda dapat memanfaatkan barang bekas seperti plastik, botol kaca, botol plastik, kertas, dan lain sebagainya untuk dikreasikan menjadi berbagai macam kerajinan. Selain mendatangkan keuntungan dan janji cepat balik modal, ternyata anda juga sudah membantu melestarikan lingkungan.

Nah, itulah 5 ide peluang usaha rumahan yang cepat balik modal. Mulailah usaha yang sesuai dengan minat, bakat, dan jumlah modal yang anda miliki saat ini. Semoga berhasil. (Yul).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *