by

Satu atau Banyak Topik di Blog

Lebih baik membuat blog dengan satu atau banyak topik? Pertanyaan ini pasti sering sekali terngiang di kepala seorang blogger. Sebelum memutuskan membuat sebuah blog, pasti kebanyakan dari mereka berpikir akan di isi konten seperti apa nanti blog tersebut, tidak hanya itu, yang lebih penting lagi adalah apakah kontennya nanti membahas seputar sebuah topik saja atau banyak topik.

Satu atau Banyak Topik di Blog
Satu atau Banyak Topik di Blog

Untuk menjawab pertanyaan sederhana ini, saya mempunyai pengalaman yang akan saya share atau bagikan kepada anda, sehingga mungkin setelah membaca ini nanti anda akan ada gambaran ingin seperti apa konten atau isi blog yang anda buat. Berikut beberapa pengalaman yang akan saya bagikan kepada anda tentang memutuskan topik sebuah blog.

  1. Yang terpenting adalah, untuk tujuan apa anda membuat blog?

Jika kita individu bukan sebuah perusahaan besar, katakanlah seperti media cetak ternama yang ada di negara kita seperti det*k, komp*s dan sebagainya. Maka pertanyaan untuk tujuan apa kita membuat blog akan sangat penting dalam kasus pemilihan sebuah topik/niche sebuah blog. Menurut pengalaman saya, jika anda sebagai individu/seorang profesional yang ahli dibidang tertentu dan mempunyai tujuan membuat blog ingin menghasilkan uang, maka blog yang anda buat akan lebih baik jika hanya membahas sebuah topik/niche yang anda kuasai, namun jika anda membuat blog hanya ingin sekedar menulis ataupun berbagi misalnya, maka banyak topik/niche di blog anda tidak akan ada ruginya. Dulu saya mempunyai sebuah blog yang isinya hanya membahas sebuah topik/niche, topik yang saya bahaspun mengenai sesuatu yang memang saya kuasai, dan ternyata setelah lebih dari 2 tahun, blog itu sangat ramai dikunjungi, saya tidak henti-hentinya menerima whatsapp melalui jaringan pribadi saya dari pengunjung yang bertanya mengenai sesuatu yang saya bahas diblog tersebut. Namun apa daya, blog tersebut sudah saya jual ke orang lain, meski pemilik yang baru tidak merubah nomor HP saya dihalaman kontak situsnya, sehingga saya sering dihubungi pengunjung yang setia dengan blog tersebut.

  1. Satu niche lebih baik, namun membutuhkan waktu

Jika anda memutuskan membuat sebuah blog karena memang ingin mendapatkan uang dari keahlian anda, maka satu niche/topik yang anda kuasai jauh akan lebih baik buat blog anda. Kembangkan dan update terus konten seputar topik yang anda bahas tersebut, tunggu usia blog anda kurang lebih 2 tahun, jika beruntung maka hasil jerih payah anda akan mulai terlihat. Ingat baru mulai terlihat dan belum terlihat sangat jelas. Memang membuat sebuah blog dan menjadi seorang blogger yang berhasil tidak bisa instan, bersabar dan berusaha adalah kuncinya, dan waktu yang akan memperlihatkan hasilnya.

  1. Dengan satu topik/niche, pengunjung akan tertarget

Dengan membuat sebuah blog yang hanya mempunyai satu topik/niche maka pengunjung anda sudah sangat jelas dan tertarget, yaitu orang-orang yang mempunyai minat sama dengan anda, dan sedang membutuhkan informasi mengenai berbagai masalah di topik/niche tersebut.

  1. Anda menjadi profesional dibidang tertentu

Tanpa disadari karena anda juga terus belajar dan konsisten di sebuah niche/topik pada blog, lambat laun anda akan menjadi profesional dibidang yang anda geluti tersebut. Karena seringnya anda belajar dan belajar untuk mengisi konten diblog anda, maka ilmu andapun akan terus bertambah. Jika sudah demikian maka anda akan menjadi individu-individu yang berkualitas profesional dan mempunyai nilai di pasaran/masyarakat.

Mungkin seperti itulah pengalaman yang bisa saya sampaikan tentang memilih/memutuskan topik pada blog yang akan kita buat. Setiap orang bisa berbeda, jadi tidak harus mengikuti hal tersebut. Namun mungkin pengalaman yang saya bagikan akan bermanfaat buat anda khususnya yang sedang ingin dan akan membuat sebuah blog.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. kalau menurut agan baiknya gimana membuat banyak blog dengan satu dengan satu topik atau membuat satu blog gado2, walaupun sama2 tujuanya akhirnya mendapatkan income dari GA ??