by

Snorkeling Seru di Taman Laut Taka Bonerate Makassar

Taka Bonerate merupakan Taman Laut Nasional dengan pesona yang sangat memukau. Taman laut Taka Bonerate adalah surga dunia bagi para penyelam, terutama penyuka snorkeling. Para pengunjung bisa berenang bersama gerombolan ikan-ikan, kura-kura, penyu serta terumbu karang yang begitu eksotis dan  mempesona.

Snorkeling Seru di Taman Laut Taka Bonerate Makasar
Snorkeling Seru di Taman Laut Taka Bonerate Makasar

Keindahan Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate terletak di Kota Benteng, Kabupaten Selayar. Pulau Selayar yang luasnya 530.75 hektar dan 220.000 hektar dari luas tersebut adalah hamparan laguna dan atol. Pulau ini menjadi pintu gerbang utama menuju taman laut nasional. Dan Taka Bonerate adalah wilayah atol ketiga terbesar dan juga merupakan pintu gerbang Kwajalein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Maldives.

Taka Bonerate semakin menakjubkan karena banyak spesies burung pantai dan laut yang bermain di bukit-bukit pasir yang ada di tempat wisata ini. Air lautnya yang jernih menawarkan pemandangan atol curam dan berbagai terumbu karang yang cantik. Dasar laut yang datar sangat cocok bagi penyelam pemula maupun profesional untuk bersnorkeling ria di bawah laut Taka Bonerate ini. Kehidupan bawah laut di Taka Bonerate ini mempunyai 242 spesies karang, 112 spesies alga makro serta 526 spesies ikan karang yang bewarna-warni.

Selain itu, bagi para penyelam juga bisa lebih dekat berenang dengan kura-kura, ikan pari, lumba-lumba, ikan tuna, ikan kalajengking, bobara, karang hitam, nudibranch,  ikan wrasse napoleon dan kadang-kadang penyelam juga bisa melihat hiu atau paus sperma, gorgonian raksasa, dan masih banyak lagi yang akan membuat anda sangat takjub akan kekayaan dan keindahan alam bawah laut Taka Bonerate.

Nah, bagi anda yang ingin menyelam di Taman Laut Nasional Taka Bonerate ini, waktu yang paling tepat yaitu di antara bulan April-Mei. Karena pada bulan itu, arus dan suhu air serta faktor pendukung lainnya dalam kondisi yang baik, sehingga saat menyelam jarak pandang anda menjadi sempurna.

Untuk bisa menyelam di Taman Laut Taka Bonerate ini, anda harus mendapat izin terlebih dahulu dari Balai Taman Nasional. Caranya, anda harus membawa kartu identitas yang masih berlaku dan membayar biaya sebesar Rp. 25.000,- untuk wisatawan domestik dan khusus untuk wisatawan mancanegara akan dikenakan tiket Rp. 60.000.

Akses Lokasi Wisata ke Taman Laut Taka Bonerate

Untuk bisa sampai ke Taman Laut Taka Bonerate, berikut ini adalah alur perjalanannya:

  1. Jalur udara

Naik pesawat Wings Air yang tiketnya bisa didapatkan secara online yaitu dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju H. Aeropala (Selayar).

  1. Jalur darat

Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) – terminal Bus Mallengkeri (Makassar) menuju Benteng (Selayar) berangkat pukul 08.00 WITA  ke pelabuhan Bira (Bulukumba) kurang lebih selama 5 jam, menyeberang menggunakan Kapal Ferry selama 2 jam ke Pelabuhan Pamatata. Untuk biaya taxi menuju terminal Bus Mallengkeri yaitu Rp. 125.000,- Biaya bus dari terminal Malengkeri sampai pelabuhan Bira sebesar Rp. 130.000/orang. Jadi, kira-kira biaya perjalanan dari Bandara Sultan Hasanuddin ke Kabupaten Selayar yaitu sekitar Rp. 255.000/orang.

Setelah sampai di Kota Benteng, ada dua jalur perjalanan untuk menuju kawasan Taman Nasional Taka Bonerate yaitu jalur Interpretasi Benteng – Tinabo dan jalur Interpretasi Benteng – Jinato.

Seperti itulah gambaran perjalaan wisata menuju Taman Nasional Taka Bonerate. Semoga liburan anda menyenangkan dengan menyelam dan bersnorkeling di Taman Laut Taka Bonerate. (Ano).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *