by

Sukses Butuh Proses

-Opini-249 views

Tidak ada yang instan di dunia ini, begitu pula dengan yang namanya kesuksesan. Banyak orang telah salah beranggapan bahwa kesuksesan bisa diraih dalam waktu singkat tanpa membutuhkan kerja keras dan pengorbanan. Yang namanya “mie instan” saja, disitu masih ada proses pengolahan jika kita ingin memakannya dengan cara yang benar. Logikanya, apapun yang tidak dilabeli dengan “instan”, pasti jauh lebih banyak membutuhkan proses.

Sukses Butuh Proses
Sukses Butuh Proses | Jack Ma Founder Alibaba

Terutama kita sebagai manusia, tentu membutuhkan sebuah proses dan perjuangan untuk mencapai yang namanya kesuksesan. Kita mungkin telah salah menilai terhadap orang-orang sukses diluar sana. Kita beranggapan bahwa mereka yang telah sukses adalah karena keberuntungan semata. Padahal yang namanya hasil adalah implikasi dari apa yang kita sebut sebagai sebuah proses. Tanpa proses, tidak mungkin ada yang namanya hasil.

Saya akan memberikan contoh kepada anda mengenai profil seorang pebisnis sukses dari China yang bernama Jack Ma. Anda belum pernah mendengar nama ini? Jika belum maka akan saya beritahukan kepada anda. Jack Ma adalah salah satu pemilik sekaligus pendiri situs e-commerce terbesar di China yaitu Alibaba. Bahkan ketika artikel ini dibuat, Jack Ma masuk dalam jajaran 10 orang terkaya di China. Sehingga mungkin akan banyak orang beranggapan bahwa dia sudah kaya sejak dari lahir atau kaya karena harta dari orang tuanya. Sah-sah saja, memang karena persepsi orang yang lebih sering menilai orang dari luarnya (dalam hal ini adalah puncaknya).

Jika anda pernah membaca sejarah/biografi Jack Ma, anda akan tahu bahwa kehidupan Jack Ma di masa muda sangat penuh perjuangan dan kegagalan. Dilahirkan bukan dari keluarga orang kaya membuatnya menjadi pekerja keras yang gigih. Dia pernah melamar pekerjaan untuk menjadi karyawan KFC (Kentucky Fried Chicken) yang membuka cabang di Hangzhou China. Dari 24 pelamar pekerjaan tersebut, hanya Jack Ma yang tidak diterima bekerja. Jadi anda bisa bayangkan betapa menyakitkannya hal tersebut.

Jack Ma juga harus menjalani berkali-kali begitu banyak tes hanya untuk masuk sebuah Universitas. Nampaknya, kegagalan sudah menjadi warna dari perjalanan hidupnya. Namun yang patut kita tiru adalah dia tidak menyerah menghadapi kegagalan,  tetap gigih dan semangat belajar untuk bisa menggapai kesuksesan. Sehingga hasilnya seperti yang sekarang ini kita lihat, dia menjadi salah satu orang terkaya di China.

Kembali lagi ke pembahasan kita diawal, bahwa untuk menjadi sukses memang tidak dapat dilakukan dengan cara yang instan, sekarang bekerja besok langsung kaya, TIDAK !. Ada banyak proses yang harus dilalui, tidak menyerah, fokus, serta konsisten adalah kunci meraih kesuksesan. Sebagai manusia yang sudah dilabeli sebagai makhluk “sempurna”, tentu kegagalan dan keberhasilan adalah pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Jika hidup anda hanya sukses terus, atau gagal terus, berarti anda belum merasakan kesempurnaan. Namun itu akan sangat jarang sekali terjadi (hampir mustahil). Yang terpenting adalah, orang sukses akan dapat selalu menikmati proses yang terjadi dalam hidupnya, entah itu kegagalan ataupun keberhasilan.

Kesimpulannya, apapun cita-cita anda, apapun profesi yang anda inginkan, jangan pernah menyerah untuk meraihnya. Bekerja keraslah secara konsisten, setidaknya meskipun akhirnya gagal anda akan tetap berdiri tegak dan tidak menyesal karena sudah pernah mencoba dan berusaha semaksimal mungkin. Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil, apapun yang akan terjadi 2-3 tahun mendatang di kehidupan anda, adalah hasil dari proses apa yang anda lakukan sekarang ini. (Son).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Tentunya kesuksesanan memerlukan proses dan waktu… diperlukan tahap-tahap untuk menggapai kesuksesan tersebut agar pondasi dari kesuksesan bisa benar-benar kuat