by

Tips Agar Bisnis Online Bisa Bersaing

Memiliki bisnis online merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Namun jika Anda masih baru menekuni usaha dibidang bisnis online, mungkin masalah terbesar yang Anda hadapi ialah kesulitan dalam hal pemasaran. Dan tentunya hal tersebut sangat wajar. Terlebih saat ini persaingan bisnis online semakin ketat dan luas. Karena makin banyaknya orang yang tertarik menekuni bisnis online.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada berbagai macam cara untuk dapat bersaing dengan para kompetitor tersebut. Untuk lebih jelasnya silakan simak ulasan berikut.

Tips Penting Agar Bisnis Online Bisa Bersaing
Tips Penting Agar Bisnis Online Bisa Bersaing

Tips Penting Agar Bisnis Online Bisa Bersaing dengan Kompetitor

1. Perkuat Iklan Anda di Dunia Maya

Iklan merupakan sarana promosi yang sangat efektif. Dan inilah awal mula toko online Anda dikenal publik. Untuk itu, buatlah iklan yang bagus dan menarik minat pembaca untuk membeli produk maupun jasa yang Anda jual. Untuk iklan sendiri ada beberapa pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Mulai dari Facebook Ads, Google Adwords, atau jenis iklan lainnya.

Cara lain yang dapat ditempuh yaitu, Anda dapat melibatkan pembeli untuk membantu membuat iklan yang menarik. Adakan semacam kontes berhadiah yang nantinya bisa menguntungkan bagi kedua belah pihak.

2. Penawaran yang Baik Adalah Kunci dalam Menarik Pelanggan

Anda harus berpikir kreatif saat melakukan penawaran produk. Selalu update toko online yang dikelola. Jelaskan informasi terkait produk yang Anda jual dengan sejelas-jelasnya. Tunjukkan bahwa Anda memiliki produk yang berkualitas serta kelebihan-kelebihan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan email marketing atau yang dikenal pula sebagai after-the-sale promotions. Selain mengirim ucapan terima kasih pada customer, jangan lupa bagikan pengumuman saat ada rilis produk baru atau penawaran-penawaran menarik lainnya melalui email tersebut.

3. Pastikan Anda Memberikan Layanan Terbaik buat Para Pembeli

Melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya, merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh seorang penjual. Selain itu, jangan persulit pelanggan Anda. Sebisa mungkin, buat pelanggan Anda nyaman dan mudah dalam melakukan beragam transaksi.

Jika bisnis online Anda berbasis web, berikan layanan live chat agar memudahkan pembeli mendapatkan informasi. Jika perlu berikan pula kemudahan apabila ingin melakukan pengembalian barang, tentunya dengan syarat dan ketentuan sesuai dengan aturan yang telah Anda tetapkan. Jangan lupa pastikan hanya menggunakan jasa pengiriman yang terpercaya, dengan begitu barang pelanggan Anda akan lebih terjamin keselamatannya.

4. Voucher dan Diskon

Banyak pebisnis online yang menyarankan untuk memberikan voucher daripada diskon. Kenapa begitu? Memberikan diskon atau potongan harga mungkin lebih menarik di mata pembeli, namun dengan voucher ikatan antara Anda dan pembeli akan tetap terjalin. Berikan poin pada pembelian barang tertentu dan poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan voucer belanja. Selain itu, diskon sekali-sekali juga tidak ada salahnya untuk menarik pembeli.

Itulah diatas beberapa tips agar toko online Anda bisa bersaing dengan para kompetitor. Masih banyak tips dan trik lain agar bisnis online Anda mampu bersaing, tentu setiap pebisnis mempunyai cara tersendiri dalam melakukannya, Andapun boleh mencoba dengan cara Anda sendiri selain dengan cara yang telah kami sebutkan diatas.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *